AAJI Daily News - 16 Desember 2020


Tanggal terbit (16 / 12 / 2020)

Rabu, 16 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Menko Airlangga Sebut Penyaluran Kredit Hasil Penempatan Dana Capai Rp280,96 Triliun
  2. Lewati Titik Terendah Perekonomian, Pemerintah Pulihkan Keuangan Nasional
  3. 68% Masyarakat Khawatir Tidak Mampu Tanggung Biaya Penyakit Kritis
  4. Pengelolaan Stres, Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan Mental
  5. Asuransi Astra Terima ISO 27001:2013
  6. OJK Kembali Batasi Kegiatan Usaha Kresna Life
  7. Dukungan Restrukturisasi
  8. Kresna Life Kena Sanksi Lagi
  9. Peran OJK di PKPU Perusahaan Asuransi
  10. BCA-AIA Luncurkan Asuransi Maxi Protection Plus
  11. Nasabah JS Saving Plan Gugat Bank Penyalur
  12. Empat Penentu Masa Depan Asuransi
  13. Generali Cetak Perolehan Premi Rp1,7 Triliun di Kuartal III 2020
  14. Dear Nasabah Jiwasraya, Ini Konsekuensi jika Menolak Restrukturisasi
  15. Waduh! Kresna Life Kena Sanksi OJK Lagi, Kasus Apa?
  16. IFG Life Bersiap Tawarkan Produk Asuransi Jiwa dan Kesehatan
  17. OJK Sanksi Kresna Life, Kegiatan Usaha Dibatasi
  18. Prudential Indonesia Luncurkan PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund
  19. Jaga Kesehatan Mental dengan Pengelolaan Stres
  20. Prudential Luncurkan Dana Investasi Campuran Syariah Rupiah
  21. Jadi Solusi Terbaik, DPR Dukung Restrukturisasi Polis Jiwasraya
  22. OJK Batasi Kegiatan Usaha PT Asuransi Jiwa Kresna, Ada Apa?
  23. Dukung Restrukturisasi Polis, Puluhan Karangan Bunga Penuhi Teras Kantor Pusat Asuransi Jiwasraya

TENTANG AAJI

Menko Airlangga Sebut Penyaluran Kredit Hasil Penempatan Dana Capai Rp280,96 Triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut bahwa realisasi penyaluran kredit hasil penempatan dana pemerintah mencapai Rp280,96 triliun hingga 9 Desember 2020. Dalam webinar AAJI, ia mengatakan penempatan dana pada perbankan telah mendorong inovasi kredit mulai dari digitalisasi proses penyaluran kredit UMKM hingga kredit mikro untuk komunitas rumah ibadah. Pemerintah menempatkan dana negara total Rp66,75 triliun kepada empat Himbara sebesar Rp47,5 triliun, 21 BPD sebesar Rp16,25 triliun dan tiga bank Syariah Rp3 triliun.

Merdeka.com / 15-12-2020

Lewati Titik Terendah Perekonomian, Pemerintah Pulihkan Keuangan Nasional

Perekonomian Indonesia telah melewati titik terendahnya (rock bottom) di triwulan III-2020, yakni hanya terkontraksi sebesar -3,49% (yoy). Angka itu masih lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa negara lainnya yang masih terkontraksi lebih dari 4%. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga mengatakan, transformasi bisnis diperlukan untuk menangkap berbagai peluang yang muncul akibat perubahan perilaku konsumen.

Nusadaily.com / 15-12-2020

INDUSTRI & ASURANSI

68% Masyarakat Khawatur Tidak Mampu Tanggung Biaya Penyakit Kritis

Sebanyak 68% masyarakat Indonesia khawatir tidak mampu menanggung biaya perawatan untuk penyakit kritis. Demikian hasil riset yang dilakukan AIA, yakni AIA Segmentation Study 2019. Chief of Partnership Distribution AIA, Phung Magdalena mengatakan, merujuk pada riset sementara, menurut survei BPS 2016, persiapan biaya Kesehatan belum menjadi prioritas utama pengeluaran per bulan di masyarakat Indonesia. Saat ini porsi biaya Kesehatan hanya mencapai 2,40% dari penghasilan.

Investor Daily / 16-12-2020 Hal. 22

Pengelolaan Stres, Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan Mental

Pengelolaan stress merupakan salah satu cara menjaga Kesehatan mental di tengah pandemic Covid-19. Menurut Praktisi kesehatan, dr Reisa Broto Asmoro, pada masa pandemi ini, sangat dibutuhkan untuk tetap berpikir logis dan positif dengan memahami dan mengikhlaskan kondisi saat ini. Melihat kondisi ini, CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan, pihaknya meluncurkan social movement #GeneraliTebarSemangat yang bertujuan menggerakkan masyarakat untuk mengurangi dampak pandemi pada kesehatan mental sembari mengumpulkan donasi.

Investor Daily / 16-12-2020 Hal. 22

Asuransi Astra Terima ISO 27001:2013

Asuransi Astra kemarin menerima sertifikasi standar internasional ISO 27001:2013 yang kemudian dengan sertifikasi ini risiko keamanan sistem informasi Asuransi Astra dapat dimitigasi hingga mutu atau kualitas keamanan informasi perusahaan dapat semakin meningkat, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat kepada Asuransi Astra khususnya para pelanggan juga semakin baik.

Investor Daily / 16-12-2020 Hal. 23

OJK Kembali Batasi Kegaitan Usaha Kresna Life

OJK kembali memberlakukan pembatasan kegiatan usaha perusahaan asuransi PT Asuransi Jiwa Kresna, karena perusahaan tidak memenuhi rekomendasi dan pemenuhan sanksi hasil pemeriksaan tahun 2020. Ada tiga hal yang tidak dilakukan Kresna Life: menurunkan konsentrasi penempatan investasi Kresna Life pada grup yang terafiliasi Kresna, belum menyelesaikan kewajiban kepada seluruh pemegang polis, dan belum memenuhi ketentuan rasio pencapaian solvabilitas minimum sebesar 100%.

Investor Daily / 16-12-2020 Hal. 23

Dukungan Restrukturisasi

Karangan bunga yang dikirimkan oleh sejumlah nasabah merupakan bentuk dukungan kepada manajemen baru Jiwasraya dalam penyelamatan polis melalui program resrtukturisasi.

Kontan / 16-12-2020 Hal. 10

Kresna Life Kena Sanksi Lagi

Masalah kembali menimpa PT Asuransi Jiwa Kresna. OJK mengumumkan mengenakan sanksi pembatasan kegiatan usaha kepada Kresna Life. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) II OJK Moch. Ihsanuddin menyebutkan, Kresna Life tidak memenuhi tiga rekomendasi pemeriksaan; belum menurunkan penempatan investasi Kresna Life pada grup yang terafiliasi Kresna, belum menyelesaikan kewajiban kepada seluruh pemegang polis, dan belum memenuhi ketentuan rasio pencapaian solvabilitas minimum sebesar 100%.

Kontan / 16-12-2020 Hal. 10

Peran OJK di PKPU Perusahaan Asuransi

Melihat sejumlah permohonan pada sistem informasi penelusuran perkara di Pengadilan Niaga pada PN Jakarta Pusat, permohonan pailit maupun PKPU kini sudah mendekati lima ratus permohonan. Pemegang polis jatuh tempo menilai skema PKPU merupakan sarana yang dapat memberikan kepastian mengenai pembayaran polis yang dimilikinya. Permohonan PKPU melalui Pengadilan Niaga dianggap lebih efektif. Kita semua berharap, OJK dapat memberikan “sarana” agar proses resrtukturisasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dapat dilakukan dibawah pengawasan OJK.

Kontan / 16-12-2020 Hal. 15

BCA-AIA Luncurkan Asuransi Maxi Protection Plus

PT Bank Central Asia Tbk bekerja sama dengan PT AIA Financial meluncurkan produk asuransi Kesehatan Maxi Protection Plus (Maxi Plus). Maxi Plus dirancang untuk memenuhi kebutuhan proteksi Kesehatan menyeluruh dengan perlindungan sejak tahap awal penyakit kritis hingga tahap kronis, manfaat dana bulanan jika terkena penyakit kritis melalui riders AIA Vital Care. Presiden Direktur AIA Sainthan Satyamoorthy mengatakan, bersama dengan BCA, AIA terus berupaya meluncurkan inovasi untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik.

Koran Sindo / 16-12-2020 Hal. 6

Nasabah JS Saving Plan Gugat Bank Penyalur

Nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kini turut meminta pertanggungjawaban bank penyalur penjualan produk JS Saving Plan. Salah seorang nasabah asal Korea Selatan, Lee Kang-hyun mengatakan saat ini ratusan nasabah asal Korsel tengah menjajaki gugatan kepada PT Bank BEK Hana Indonesia yang merupakan salah satu dari delapan bank yang menjadi mitra agen penjualan JS Saving Plan. Juru Bicara Forum Korban BUMN Jiwasraya, Roganda Manulang mengatakan, bank penyalur semestinya turut membantu nasabah melakukan negosiasi dan mencari jalan keluar resrtukturisasi terbaik.

Koran Tempo / 16-12-2020 Hal. 10

Empat Penentu Masa Depan Asuransi

Peneliti Senior dan Ekonom di BEI Poltak Hotradero memproyeksikan di tahun 2021 akan banyak orang menggunakan asuransi sebagai jaring pengaman sosial sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yang kian membaik. Mengutip laporan perusahaan manajemen Amerika Oliver Wyman, Poltak menyebut masa depan industri asuransi tergantung empat hal: perubahan ekonomi dan demografis, mengubah perilaku konsumen menimbulkan permintaan akan pengalaman pelanggan superior, adopsi digital dipercepat dan kemajuan teknologi, inovasi dan rantai nilai.

Warta Kota / 16-12-2020 Hal. 6

Generali Cetak Perolehan Premi Rp1,7 Triliun di Kuartal III 2020

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang sangat menantang, Generali mengklaim pihaknya terus menunjukkan pertumbuhan finansial yang konsisten. Tercatat pada kuartal ketiga tahun 2020, Generali mencatatkan premi lebih dari Rp1,7 triliun dengan premi lanjutan yang bertumbuh sebesar 4 persen (yoy).  CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan pihaknya juga berhasil membukukan laba setelah pajak sebesar Rp137 miliar yang tumbuh 19 persen dibandingkan laba yg tercatat pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Akurat.co / 15-12-2020

Dear Nasabah Jiwasraya, Ini Konsekuensi jika Menolak Restrukturisasi

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menyatakan tidak mempermasalahkan penolakan dari sejumlah nasabah pemegang polis JS Saving Plan terhadap opsi restrukturisasi yang ditawarkan. Hexana pun menjelaskan ada konsekuensi dari pilihan yang diambil oleh para nasabah. Bagi yang tidak setuju direstrukturisasi, maka polis akan tetap tinggal di Jiwasraya sebagai utang piutang. Namun, bagi yang setuju, maka akan ditransfer ke IFG Life, sebuah perusahaan baru yang dibentuk untuk menyelesaikan persoalan gagal bayar klaim nasabah Jiwasraya.

Bisnis.com / 15-12-2020

Waduh! Kresna Life Kena Sanksi OJK Lagi, Kasus Apa?

OJK kembali mengumumkan pembatasan kegiatan usaha PT Asuransi Jiwa Kresna (AJK) atau Kresna Life. Pengumuman ini disampaikan Deputi Komisioner Pengawas IKNB II, Moch. Ihsanuddin dalam surat nomor Peng-29/NB.2/2020. Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha diberikan kepada PT Asuransi Jiwa Kresna karena tidak memenuhi rekomendasi dan pemenuhan sanksi hasil pemeriksaan tahun 2020.

Cnbcindonesia.com / 15-12-2020

IFG Life Bersiap Tawarkan Produk Asuransi Jiwa dan Kesehatan

IFG selaku perusahaan BUMN induk yang bergerak di bidang asuransi dan penjaminan bersiap memperkenalkan PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kepada publik. Direktur Bisnis IFG Pantro Silitonga mengatakan IFG Life akan berfokus pada produk asuransi dan perlindungan sesuai kebutuhan konsumen, dilengkapi pelayanan prima sebagai salah satu faktor utama dalam operasional perusahaan.

Cnnindonesia.com / 15-12-2020

OJK Sanksi Kresna Life, Kegiatan Usaha Dibatasi

OJK memberikan sanksi kepada PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life berupa Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU). Alasannya, Kresna Life tidak memenuhi rekomendasi dan pemenuhan sanksi hasil pemeriksaan. perusahaan melanggar ketentuan ayat 1 POJK Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi Perusahaan Reasuransi yang mengatur bahwa perusahaan setiap saat wajib memenuhi tingkat solvabilitas paling rendah 100 persen dari MMBR.

Cnnindonesia.com / 15-12-2020

Prudential Indonesia Luncurkan PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hari ini meluncurkan dana investasi (fund) PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund. PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund tersedia pada PRULink Syariah Generasi Baru (PSGB), produk asuransi jiwa unit link unggulan Prudential Indonesia. Selain menjawab kebutuhan nasabah, PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund diluncurkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah yang memiliki potensi sangat besar.

Indopos.co.id / 15-12-2020

Jaga Kesehatan Mental dengan Pengelolaan Stres

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik saja, tapi juga mental. Melihat kondisi ini, CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan pihaknya meluncurkan social movement #GeneraliTebarSemangat. Gerakan tersebut merupakan inisiatif Generali yang bertujuan menggerakan masyarakat untuk dapat mengurangi dampak pandemi pada kesehatan mental dan di waktu yang sama mengumpulkan donasi bagi mereka yang terkena dampak pandemi.

Investor.id / 15-12-2020

Prudential Luncurkan Dana Investasi Campuran Syariah Rupiah

Prudential Indonesia meluncurkan dana investasi (fund) PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund. Inovasi terbaru dan pertama di industri ini merupakan dana investasi campuran berbasis syariah dengan mata uang rupiah yang memberikan akses kepada nasabah terhadap investasi yang lebih stabil dengan diversifikasi aset-aset syariah dalam negeri dan luar negeri untuk imbal hasil yang lebih optimal dalam berbagai kondisi ekonomi. PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund tersedia pada PRULink Syariah Generasi Baru (PSGB), produk asuransi jiwa unit link unggulan Prudential Indonesia.

Koran-jakarta.com / 15-12-2020

Jadi Solusi Terbaik, DPR Dukung Restrukturisasi Polis Jiwasraya

Jiwasraya telah mengumumkan program restrukturisasinya. Ini menjadi langkah awal untuk menyelesaikan persoalan Jiwasraya yang sudah berlarut-larut. Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Andre Rosiade menilai program restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang telah mendapat persetujuan DPR itu merupakan solusi terbaik untuk menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya. Andre berharap, dukungan DPR berupa persetujuan penyelamatan seluruh polis Jiwasraya dengan skema restrukturisasi dapat dijalankan oleh pemerintah dan pihak Jiwasraya dengan baik.

Liputan6.com / 15-12-2020

OJK Batasi Kegiatan Usaha PT Asuransi Jiwa Kresna, Ada Apa?

OJK memutuskan untuk membatasi kegiatan usaha PT Asuransi Jiwa Kresna per Senin 14 Desember 2020 karena tidak memenuhi rekomendasi dan pemenuhan sanksi hasil pemeriksaan tahun 2020. Dengan dikenakannya sanksi pembatasan kegiatan Usaha, PT Asuransi Jiwa Kresna dilarang melakukan kegiatan penutupan pertanggungan baru untuk seluruh lini usaha bagi perusahaan asuransi sejak tanggal 7 Desember 2020 sampai dengan diatasinya penyebab dikenakannya sanksi pembatasan kegiatan usaha.

Okezone.com / 15-12-2020

Dukung Restrukturisasi Polis, Puluhan Karangan Bunga Penuhi Teras Kantor Pusat Asuransi Jiwasraya

Puluhan karangan bunga terlihat berjajar memadati terasa gedung Kantor Pusat PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Jalan Juanda No. 34 Jakarta Pusat pada Selasa 15 Desember 20. Karangan bunga berasal dari sejumlah pihak pemegang polis dan masyarakat yang mendukung restrukturisasi Jiwasraya. Dalam keterangan resmi, pihak Manajemen Asuransi Jiwasraya menyampaikan salah satu elemen masyarakat menilai skema restrukturisasi polis sebagai langkah tepat dan realistis untuk menyelamatkan seluruh polis nasabah.

Pikiran-rakyat.com / 15-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.120

IHSG (per 15 Desember 2020)

   6.010,13

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Kontan, Koran Sindo, Koran Tempo, Warta Kota, Akurat.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Indopos.co.id, Koran-jakarta.com, Liputan6.com, Merdeka.com, Nusadaily.com, Okezone.com, Pikiran-rakyat.com.

 

DOWNLOAD PDF