AAJI Daily News - 4 Maret 2020


Tanggal terbit (04 / 03 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 4 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. AAJI Tegaskan Polis Asuransi Tak Kecualikan Kasus Korona
  2. Covid-19 Belum Pandemik, Asuransi Jiwa Proteksi Pemegang Polis
  3. AAJI sebut polis asuransi tidak kecualikan kasus corona
  4. Terjangkit Virus Corona, Apakah Bisa Klaim Asuransi?
  5. Asuransi Tak Kecualikan Klaim Terkait Virus Corona
  6. AAJI Dukung Keputusan Pemerintah Terkait Coronavius (Covid-19)
  7. AAJI Pastikan Asuransi Tanggung Biaya Kesehatan Virus Corona, asal...
  8. Terkait Korona, AAJI Imbau Nasabah Cek Polis Asuransi
  9. AAJI: Asuransi Bisa Mengcover Pasien Virus Corona Asal Belum Ditetapkan Pandemik
  10. AAJI Siap Tanggung Biaya Pengobatan Pasien Suspect dan Positif Terjangkit Virus Corona
  11. AAJI: Polis Asuransi Tak Kecualikan Corona COVID-19
  12. Asuransi Tanggung Biaya Pengobatan Corona Gak Ya? AAJI Jawab Begini
  13. PR Pemerintah di Jiwasraya
  14. FWD Life Siapkan Manfaat Khusus dari Covid 19
  15. Kejaksaan Tunggu Hasil Audit BPK
  16. Prudential Perkuat Syariah Via Inovasi Produk
  17. Korupsi Jiwasraya: Kejagung dan BPK Sinkronkan Hasil Audit Kerugian Negara
  18. Saat Jiwasraya Jadi 'Virus' & Deretan Skema Penyelamatannya
  19. Kejagung Sebut Syarat Buka Blokir Rekening: Siap Jadi Saksi!
  20. Sudah Maret, Kapan Dana Nasabah Jiwasraya Mulai Dibayar?
  21. Nasabah Tuntut Pemerintah Suntik Modal untuk Selamatkan Jiwasraya
  22. Pemerintah Sebut Telah Kantongi Dana untuk Bayar Tunggakan Nasabah Jiwasraya
  23. Prudential luncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta, apa itu?
  24. Sudah bulan Maret, nasabah Jiwasraya masih diliputi pertanyaan soal nasibnya
  25. Sudah Maret 2020, Bagaimana Penanganan Nasabah Jiwasraya?
  26. Kasus Jiwasraya, Kejagung Kembali Periksa 41 Saksi
  27. [Foto] Asuransi Jiwa Syariah PruCinta
  28. [Foto] Asuransi Jiwa Syariah

TENTANG AAJI

AAJI Tegaskan Polis Asuransi Tak Kecualikan Kasus Korona

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyampaikan informasi tentang perlindungan asuransi jiwa terkait keputusan Pemerintah tentang Virus Corona (Covid-19). AAJI menyampaikan bahwa secara umum, polis asuransi tidak mengecualikan terkait virus Corona dengan catatan sepanjang tidak dikategorikan ke dalam kondisi pandemik oleh Pemerintah Indonesia

Koran Jakarta / 04-03-2020 Hal. 5

Covid-19 Belum Pandemik, Asuransi Jiwa Proteksi Pemegang Polis

AAJI menyampaikan bahwa secara umum, polis asuransi tidak mengecualikan terkait virus Corona dengan catatan sepanjang tidak dikategorikan ke dalam kondisi pandemik oleh Pemerintah Indonesia. Ketua AAJI Budi Tampubolon menanggapi positif keputusan tersebut dengan positif, di mana segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan dibebankan ke anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah dan atau sumber dana lain yang sah sesuai ketentun perundang-undangan.

Investor Daily / 04-03-2020 Hal. 23

AAJI sebut polis asuransi tidak kecualikan kasus corona

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan polis asuransi tidak mengecualikan virus corona (Covid-19) sepanjang virus itu tidak dikategorikan ke dalam kondisi pandemik oleh Pemerintah Indonesia. Keputusan juga menyebutkan bahwa pemerintah menanggung biaya atas pengobatan masyarakat yang suspek dan menderita Covid-19 berlaku pada pasien yang dirujuk kepada rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah di kota masing-masing.

Antaranews.com / 03-03-2020

Terjangkit Virus Corona, Apakah Bisa Klaim Asuransi?

AAJI menegaskan Keputusan Menteri Kesehatan bahwa Pemerintah menanggung biaya atas pengobatan masyarakat yang suspek dan menderita Covid-19 berlaku pada pasien yang dirujuk kepada rumah sakit yang ditunjuk oleh Pemerintah di kota masing-masing.

Cnbcindonesia.com / 03-03-2020

Asuransi Tak Kecualikan Klaim Terkait Virus Corona

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menegaskan bahwa polis asuransi yang dimiliki masyarakat tidak mengecualikan penyakit covid-19. Dengan catatan, virus corona tidak dikategorikan sebagai kondisi pandemik oleh Pemerintah Indonesia.

Cnnindonesia.com / 03-03-2020

AAJI Dukung Keputusan Pemerintah Terkait Coronavius (Covid-19)

Terhadap Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020, AAJI menanggapi positif, dimana segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan termasuk biaya perawatan bagi kasus suspek yang dilaporkan sebelum Keputusan Menteri tersebut mulai berlaku.

Industry.co.id / 03-03-2020

AAJI Pastikan Asuransi Tanggung Biaya Kesehatan Virus Corona, asal...

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI) memastikan bahwa asuransi umum menanggung biaya pengobatan peserta polis yang terjangkit virus corona. Kendati demikian, AAJI mengimbau kepada seluruh peserta polis untuk mengecek kembali jenis kepesertaan asuransinya.

Kompas.com / 03-03-2020

Terkait Korona, AAJI Imbau Nasabah Cek Polis Asuransi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI) memastikan bahwa asuransi umum menanggung biaya pengobatan peserta polis yang terjangkit virus corona. Kendati demikian, AAJI mengimbau kepada seluruh peserta polis untuk mengecek kembali jenis kepesertaan asuransinya.

Medcom.id / 03-03-2020

AAJI: Asuransi Bisa Mengcover Pasien Virus Corona Asal Belum Ditetapkan Pandemik

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyampaikan informasi tentang perlindungan asuransi jiwa terkait keputusan Pemerintah tentang Virus Corona (Covid-19). AAJI menyampaikan bahwa secara umum, polis asuransi tidak mengecualikan terkait virus Corona dengan catatan sepanjang tidak dikategorikan ke dalam kondisi pandemik oleh Pemerintah Indonesia.

Merdeka.com / 03-03-2020

AAJI Siap Tanggung Biaya Pengobatan Pasien Suspect dan Positif Terjangkit Virus Corona

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyampaikan informasi tentang perlindungan asuransi jiwa terkait keputusan Pemerintah tentang Coronavius (Covid-19). Terhadap Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020, AAJI menanggapi positif. Keputusan Menteri Kesehatan bahwa Pemerintah menanggung biaya atas pengobatan masyarakat yang suspect dan menderita Covid-19 berlaku pada pasien yang dirujuk kepada rumah sakit yang ditunjuk oleh Pemerintah di kota masing-masing.

Suaramerdeka.com / 03-03-2020

AAJI: Polis Asuransi Tak Kecualikan Corona COVID-19

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Budi Tampubolon, menyatakan polis asuransi tidak mengecualikan virus corona (Covid-19) sepanjang virus itu tidak dikategorikan ke dalam kondisi pandemik oleh Pemerintah Indonesia. Lantaran itu lah, AAJI mengimbau para nasabah untuk memeriksa polis mereka dan bertanya kepada perusahaan asuransi penerbit polis asuransi.

Tirto.id / 03-03-2020

Asuransi Tanggung Biaya Pengobatan Corona Gak Ya? AAJI Jawab Begini

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menginformasikan bahwa polis asuransi bisa menanggung biaya pengobatan bagi pasien terjangkit virus corona atau Covid-19. Dengan catatan, virus tidak dikategorikan dalam kondisi pandemik oleh pemerintah.

Wartaekonomi.co.id / 03-03-2020

INDUSTRI & ASURANSI

PR Pemerintah di Jiwasraya

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengaku pihaknya telah menyiapkan dana untuk membayarkan tunggakan klaim nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Namun, skema pembayarannya masih menunggu keputusan dari Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya DPR RI.

Bisnis Indonesia / 04-03-2020 Hal. 14

FWD Life Siapkan Manfaat Khusus dari Covid 19

PT FWD Life Indonesia (FWD Life), hari ini meluncurkan Manfaat Khusus tanpa biaya premi tambahan untuk nasabah polis asuransi individu FWD Life yang positif terdiagnosis dan terinfeksi oleh Novel Coronavirus (COVID-19). FWS berkomitmen untuk membantu semua nasabah dan keluarga mereka untuk merasa aman dan terjamin selama masa wabah ini.

HE Neraca / 04-03-2020 Hal. 5

Kejaksaan Tunggu Hasil Audit BPK

Kejaksaan Agung menunggu hasil audit BPK untuk menentukan total kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi Asuransi Jiwasraya. Proses perhitungan kerugian negara itu ditargetkan selesai dalam waktu dekat. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Ali Mukartono menambahkan, setelah hasil audit muncul, penyidik akan melakukan pemberkasan, lalu berkas dilimpahkan ke penuntutan.

Kompas / 04-03-2020 Hal. 2

Prudential Perkuat Syariah Via Inovasi Produk

PT Prudential Life Assurance berkomitmen untuk meningkatkan proporsi asuransi syariahnya. Literasi menjadi  salah satu komitmen untuk meningkatkan penetrasi asuransi syariah di masyarakat. Prudential Indonesia meluncurkan produk asuransi jiwa syariah dengan skema tradisional bertajuk PruCinta. Produk ini punya manfaat santunan jika pemegang polis meninggal dunia.

Republika / 04-03-2020 Hal. 15

Korupsi Jiwasraya: Kejagung dan BPK Sinkronkan Hasil Audit Kerugian Negara

Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan sinkronisasi data hasil perhitungan kerugian negara terkait perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Febrie Adriansyah mengatakan sinkronisasi data tersebut akan dilakukan sore ini di Kantor BPK.

Bisnis.com / 03-03-2020

Saat Jiwasraya Jadi 'Virus' & Deretan Skema Penyelamatannya

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso pun mengakui bahwa Jiwasraya menjadi 'virus' baru di Indonesia. Namun, ia menegaskan kontribusi Jiwasraya hanya sebesar 1% dari aset investasi di sektor keuangan. Setidaknya ada tiga opsi yang muncul sebagai langkah penyelamatan Jiwasraya, yakni : Bail in, Bail out dan Likuidasi.

Cnbcindonesia.com / 03-03-2020

Kejagung Sebut Syarat Buka Blokir Rekening: Siap Jadi Saksi!

Direktur Penyidikan Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah masih membuka peluang bagi pemilik sub-rekening efe yang diblokir untuk komplain. Namun yang jadi catatan, kepentingannya bukan hanya untuk klarifikasi, melainkan sebagai saksi dan masuk ke dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

Cnbcindonesia.com / 03-03-2020

Sudah Maret, Kapan Dana Nasabah Jiwasraya Mulai Dibayar?

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan skema penyehatan Jiwasraya berikut pembayaran duit nasabah. Namun, dia mengatakan, untuk merealisasikan itu semua butuh persetujuan panitia kerja (Panja) DPR.

Detik.com / 03-03-2020

Nasabah Tuntut Pemerintah Suntik Modal untuk Selamatkan Jiwasraya

Beberapa opsi yang dibahas yaitu suntikan modal dari pemerintah berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 15 triliun dan likuidasi. Opsi tersebut pun didukung oleh salah satu nasabah Jiwasraya, Machril (66), yang mengatakan suntikan modal dari pemerintah bisa digunakan jiwasraya untuk membayar cicilan kepada pemegang polis.

Katadata.co.id / 03-03-2020

Pemerintah Sebut Telah Kantongi Dana untuk Bayar Tunggakan Nasabah Jiwasraya

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengaku pihaknya telah menyiapkan dana untuk membayarkan tunggakan klaim nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Namun, skema pembayarannya masih menunggu keputusan dari Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya DPR RI. Ditargetkan, pembayaran ke nasabah bisa dilakukan mulai akhir Maret 2020 ini.

Kompas.com / 03-03-2020

Prudential luncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta, apa itu?

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan asuransi jiwa syariah bernama PRUCinta. Head of Product Development Prudential Indonesia, Himawan Purnama mengatakan, asuransi PRUCinta bermanfaat memberikan santunan meninggal dunia selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi selama sepuluh tahun.

Kontan.co.id / 03-03-2020

Sudah bulan Maret, nasabah Jiwasraya masih diliputi pertanyaan soal nasibnya

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berjanji akan mempersiapkan pembayaran klaim nasabah asuransi Jiwasraya pada bulan Maret 2020. Jiwasraya masih melakukan negosiasi apakah mereka mau skema pembayaran dengan dicicil atau tidak. Salah seorang nasabah Muslim Basya mengatakan, tidak akan menerima pembayaran melalui cicilan.

Kontan.co.id / 03-03-2020

Sudah Maret 2020, Bagaimana Penanganan Nasabah Jiwasraya?

Ketua Panja Jiwasraya Aria Bima menjelaskan, hingga saat ini belum ada kejelasan langkah penyehatan apa yang akan dipilih pemerintah dan Panja. Seluruh opsi itu nantinya akan diputuskan dalam rapat gabungan bersama dengan komisi lainnya di akhir Maret 2020.

Kumparan.com / 03-03-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Kembali Periksa 41 Saksi

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda tindak pidana khusus Kejaksaan Agung RI lakukan pemeriksaan terhadap 41 orang saksi yang diduga terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya.

Tribunnews.com / 03-03-2020

[Foto] Asuransi Jiwa Syariah PruCinta

PruCinta, produk asuransi jiwa tradisional berbasis syariah pertama dari Prudential Indonesia menawarkan berbagai keuntungan antara lain perlindungan selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi selama 10 tahun.

Bisnis Indonesia / 04-03-2020 Hal. 10

[Foto] Asuransi Jiwa Syariah

Prudential Indonesia mengembangkan PRUCinta yang diklaim sebagai solusi yang simpel, mudah dipahami, terjangkau dan sangat relevan untuk melengkapi kebutuhan keluarga terkait asuransi tradisional berbasis syariah dengan berbagai manfaat.

Kontan / 04-03-2020 Hal. 20

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.283

IHSG (per 3 Maret 2020)

   5.518,63

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kompas, Kontan, Antaranews.com, Bisnis.com, Detik.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com. Industry.co.id, Katadata.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Kumparan.com, Medcom.id, Merdeka.com, Suaramerdeka.com, Tirto.id, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF