AAJI Daily News - 21 Agustus 2020


Tanggal terbit (21 / 08 / 2020)

Jumat, 21 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Pandemi Covid-19 Berdampak pada Kinerja Asuransi Jiwa Kuartal Pertama 2020
  2. AAJI Bersama Perusahaan Asuransi Jiwa & Reasuransi Serahkan Donasi untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19
  3. Donasi Covid-19 Rp1 Miliar dari Asuransi Jiwa dan Reasuransi
  4. Berharap Pemasaran Secara Virtual Terus Berlanjut
  5. Optimistis Ada Peluang Besar Dari Pemasaran PAYDI Secara Virtual
  6. Pemasaran Secara Virtual Mendukung Pertumbuhan Asuransi Jiwa
  7. Terus Melakukan Pengembangan Bisnis Digital Agency
  8. Prudential Indonesia Ajak Nasabah Tetap Berinvestasi
  9. Prudential Indonesia Luncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah
  10. Allianz Indonesia Raih Pertumbuhan Positif di Tahun 2019
  11. Sequis Life Bukukan Kinerja Keuangan Positif di tahun 2019
  12. AIA Layani Nasabah dalam Masa Transisi New Normal
  13. Cigna Indonesia Peduli Tenaga Medis
  14. FWD Life Akuisisi Commonwealth Life, Jadi FWD Insurance Indonesia
  15. Sequis Siapkan Santunan untuk 1.000 Tenaga Kesehatan di Jakarta
  16. Sun Life Indonesia Meluncurkan Sun Connect
  17. Pandemi Dongkrak Kesadaran Berasuransi
  18. Fakta Baru Kasus Jiwasraya, Irvan: Ada Manipulasi Harga Saham
  19. Ini dia, dua produk baru FWD Life
  20. Punya Polis Rp 3,25 M, Begini Curhatan Nasabah Kresna Life
  21. Perjalanan Kasus Jiwasraya Mencapai Titik Terang, DPR Segera Gelar Rapat
  22. FWD Life Luncurkan Dua Produk Asuransi Jiwa
  23. Khawatir Soal Covid-19, 72% Nasabah Akan Tambah Asuransi

TENTANG AAJI

Pandemi Covid-19 Berdampak pada Kinerja Asuransi Jiwa Kuartal Pertama 2020

AAJI melaporkan total pendapatan premi industri asuransi jiwa di Indonesia per kuartal pertama 2020 tumbuh negative dibanding kuartal pertama 2019. Total pendapatan premi kuartal pertama 2020 tercatat sebesar Rp44,11 triliun, turun 4,9 persen dari kuartal pertama 2019 Rp46,40 triliun. Ketua Dewa Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengatakan bahwa kondisi kuartal pertama memang tidak mudah dengan adanya pandemic Covid-19. Hal tersebut turut berpengaruh terhadap kinerja industri asuransi yakni total pendapatan premi industri asuransi jiwa melambat.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 46

AAJI Bersama Perusahaan Asuransi Jiwa & Reasuransi Serahkan Donasi untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19

AAJI menyerahkan donasi sebesar Rp1 miliar untuk rumah sakit rujukan Covid-19 melalui Yayasan BeniBaik.com. Penyerahan dilaksanakan secara virtual oleh Kepala Departemen Marketing AAJI Jos Chandra Irawan kepada pendiri Yayasan BeninBaik.com Andy F Noya di Jakarta, 22 Juni 2020. Donasi AAJI kepada rumah sakit rujukan ini merupakan bagian dari gagasan terbaru AAJI “Bersama Kita Bisa”, yang merupakan bentuk persaudaraan kekompakan dan solidaritas insan industri Asuransi Jiwa di Indonesia dalam usaha untuk melawan Covid-19.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 60

Donasi Covid-19 Rp1 Miliar dari Asuransi Jiwa dan Reasuransi

AAJI Bersama perusahaan asuransi Jiwa & reasuransi menyerahkan donasi sebesar Rp1 miliar untuk rumah sakit rujukan Covid-19 melalui Yayasan BenihBaik.com. Penyerahan dilaksanakan secara virtual oleh Kepala Departemen Marketing AAJI Jos Chandra Irawan kepada pendiri Yayasan BenihBaik.com Andy F Noya di Jakarta, 22 Juni 2020. Donasi AAJI merupakan bagian dari gagasan terbaru AAJI “Bersama Kita Bisa”, sebagai bentuk persaudaraan kekompakan dan solidaritas insan industri asuransi jiwa di Indonesia dalam usaha melawan Covid-19.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 60

INDUSTRI & ASURANSI

Berharap Pemasaran Secara Virtual Terus Berlanjut

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menyambut baik kebijakan OJK yang mengeluarkan kebijakan stimulus berupa penjualan PAYDI secara daring. Menurut CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman, hal ini akan menjaga kinerja dan stabilitas industri asuransi yang mungkin sempat terkendala akibat tantangan PSBB pada kuartal kedua 2020. Ia mengatakan, meski aturan OJK tersebut bersifat sementara, Generali Indonesia tetap menyambut baik kebijakan tersebut dan berharap, kedepannya kebijakan ini dapat berlaku di kondisi new normal.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 18

Optimistis Ada Peluang Besar Dari Pemasaran PAYDI Secara Virtual

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia menyambut baik kebijakan OJK mengenai penjualan PAYDI melalui digital atau secara virtual. Manulife Indonesia optimistis melihat peluang besar dari pemasaran produk secara virtual terutama di tengah kondisi pandemic Covid-19. Perseroan tetap berupaya tenaga pemasar dan nasabah untuk memprioritaskan kesehatan, oleh karena itu pemasaran secara virtual maupun digital akan sangat mendukung di tengah pandemic ini.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 19

Pemasaran Secara Virtual Mendukung Pertumbuhan Asuransi Jiwa

PT Prudential Life menyambut baik kebijakan OJK terkait penyesuaian teknis pemasaran PAYDI atau unitlink yang dapat dilakukan secara virtual. Chief Agency Officer Prudential Indonesia Rusli Chan mengatakan, karena peraturan ini dapat mendukung pertumbuhan industri asuransi jiwa di Indonesia menjadi lebih cepat. Ia menambahkan jika pihaknya sangat bangga dan bersyukur telah mendapat izin dari OJK untuk memasarkan asuransi unitlink secara tatap muka virtual kepada masyarakat, melalui system pemasaran baru PRUCekatan yang dikembangkan dan dikelola secara langsung.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 20

Terus Melakukan Pengembangan Bisnis Digital Agency

FWD Life menyambut baik adanya persetujuan dari OJK mengenai pemasaran produk PAYDI melalui sarana virtual. Chief Agency Officer FWD Life Adi Chandra mengatakan, untuk proses penjualan produk yang berbasis investasi, saat ini pihaknya memanfaatkan teknologi digital dan distribusi e-commerce yang sudah ada. Di era digital saat ini, FWD Life juga terus melakukan pengembangan bisnis digital agency sebagai bagian dari perjalanan perusahaan dalam mendukung agen untuk meningkatkan produktivitas.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 22

Prudential Indonesia Ajak Nasabah Tetap Berinvestasi

PT Prudential Life Assurance dan Eastpring Investments Indonesia telah melakukan sejumlah strategi untuk meminimalkan volatilitas investasi nasabah Prudential Indonesia. Chief Investment Officer Prudential Indonesia Novi Imelda mengatakan sebagai pemimpin pasar dengan pengalaman mendalam di sektor keuangan, Prudential Indonesia dan Eastpring Indonesia memiliki posisi yang kuat untuk senantiasa mendampingi nasabah dalam menghadapi kondisi pasar dalam negeri yang penuh ketidakpastian, terkena dampak pandemic Covid-19 dan tekanan global.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 58

Prudential Indonesia Luncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

PT Prudential Life Assurance meluncurkan dua produk asuransi kesehatan, PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, secara virtual melalui zoom webinar di Jakarta, 30 Juni 2020.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 58

Allianz Indonesia Raih Pertumbuhan Positif di Tahun 2019

PT Asuransi Allianz Life Indonesia mencatatakan gross weighted premium (GWP) sebesar Rp13,2 triliun di tahun 2019 atau tumbuh 23,8 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 60

Sequis Life Bukukan Kinerja Keuangan Positif di tahun 2019

PT Asuransi Jiwa Sequis Life membukukan kinerja positif selama 2019, yaitu total pendapatan premi sebesar Rp3,43 triliun dan laba bersih naik 24 persen menjadi Rp759,2 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp613,9 miliar. Sequis Life mampu mengembangkan total aset hingga Rp18,8 triliun, naik dua persen dari 2018 sebesar Rp18,4 triliun.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 61

AIA Layani Nasabah dalam Masa Transisi New Normal

Memasuki fase new normal customer service AIA kembali beroperasi melayani nasabah dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan perusahaan.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 63

Cigna Indonesia Peduli Tenaga Medis

Sejak muncul pandemic Covid-19 hingga saat ini, sudah banyak korban meninggal dunia termasuk sekitar 55 tenaga medis, baik perawat maupun dokter. Cigna Indonesia menginisiasi bantuan dengan memberikan asuransi jiwa senilai Rp50 juta kepada tenaga medis yang meninggal. Perlindungan yang disalurkan via Baznas ini, diberikan kepada lima puskesmas yang memiliki 605 tenaga medis.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 63

FWD Life Akuisisi Commonwealth Life, Jadi FWD Insurance Indonesia

PT FWD Life Indonesia pada 8 Juni 2020, mengumumkan penyelesaian akuisis PT Commonwealth Life dan mengubah nama Commonwealth Life menjadi PT FWD Insurance Indonesia. Nasabah dan saluran distribusi FWD Insurance tidak akan terpengaruh oleh perubahan kepemilikan dan pergantan nama, serta semua polis yang ada akan terus dihormati. Nasabah FWD Insurance juga dapat terus mengakses produk dan layanan perusahaan melalui saluran distribusi pilihan mereka.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 63

Sequis Siapkan Santunan untuk 1.000 Tenaga Kesehatan di Jakarta

PT Asuransi Jiwa Sequis Life menyiapkan dana santunan Rp3 miliar untuk 1.000 tenaga kesehatan yang diagnose positif Covid-19 melalui program Sequis Peduli. Program ini bekerja sama dengan tiga rumah sakit rujukan pemerintah di wilayah DKI Jakarta, yakni RSUP Persahabatan, RS Pelni, dan RSUD Cengkareng.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 64

Sun Life Indonesia Meluncurkan Sun Connect

PT Sun Life Financial Indonesia meluncurkan Sun Connect, sebuah solusi berasuransi yang baru yang memaksimalkan penggunaan teknologi informasi. Kini, dengan adanya Sun Connect, para tenaga pemasar dapat memanfaatkan media komunikasi seperti video call atau video conference untuk berkomunikasi dan memasarkan produk Sun Life kepada nasabah.

Media Asuransi / Ed July 2020 Hal. 64

Pandemi Dongkrak Kesadaran Berasuransi

Berdasarkan hasil survei terbaru Manulife Asia Care, nasabah asuransi di Indonesia menunjukkan tingkat optimism terendah di antara delapan pasar di Asia terkait perkembangan Covid-19 hingga enam bulan ke depan. Sekitar 74 persen nasabah di Indonesia menyebutkan pandemic Covid-19 akan semakin serius pada semester II-2020, 72 persen mengatakan mereka berencana membeli tambahan asuransi dalam 18 bulan ke depan. Hal ini jauh lebih tinggi dari rata-rata di Kawasan yakni sebesar 62 persen.

Koran Jakarta / 21-08-2020 Hal. 5

Fakta Baru Kasus Jiwasraya, Irvan: Ada Manipulasi Harga Saham

Saksi ahli Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan Bursa Efek Indonesia Irvan Susandy dalam sidang lanjutan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Rabu (19/8) di ruang Hatta Ali, Pengadilan Negeri Jakarta menyatakan, ada upaya yang dilakukan oleh beberapa pihak untuk memanipulasi harga saham portofolio Jiwasraya. Penesuluran BEI, modus yang dilakukan terkait manipulasi perdagangan saham tersebut supaya harga sahamnya naik sangat signifikan. Tapi, lanjut Irvan, secara fundamental perusahaan yang tersebut tidak memiliki kinerja baik, merugi bahkan tidak layak investasi.

Jawapos.com / 19-08-2020

Ini dia, dua produk baru FWD Life

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) meluncurkan produk Asuransi Bebas Rencana Optimal dan FWD Legacy Protection. Produk ini bertujuan untuk membantu meningkatkan penetrasi asuransi dan memenuhi kebutuhan terhadap perlindungan yang meningkat di Indonesia. Asuransi Bebas Rencana Optimal menawarkan pertanggungan asuransi karena meninggal dan ketidakmampuan total tetap. Produk ini juga memberikan pengembalian premi 120% dari total premi dasar kepada nasabah jika polis tersebut masih berlaku sampai akhir masa asuransi.

Kontan.co.id / 20-08-2020

Punya Polis Rp 3,25 M, Begini Curhatan Nasabah Kresna Life

Keluhan terkait kasus gagal bayar ini dialami oleh salah satu nasabah Kresna Life, Santy Santoso yang memiliki polis senilai Rp 3,25 miliar di Kresna Life. Santy mengatakan bahwa dia sudah tidak menerima manfaat polis asuransi tersebut. Dia menambahkan bahwa Kresna kini dalam tahap pengembalian premi namun belum seluruhnya diselesaikan. Santy menyebutkan pada awal bergabung, dia menilai kondisi perusahaan saat sehat, namun diawal tahun 2020 kecurigaan nasabah terkait kondisi perusahaan mulai terjadi.

Cnbcindonesia.com / 20-08-2020

Perjalanan Kasus Jiwasraya Mencapai Titik Terang, DPR Segera Gelar Rapat

Anggota Komisi XI DPR RI, Hendrawan Supratikno menyatakan, kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kini mulai menemui titik terang karena Menteri BUMN sudah mengusulkan penyertaan modal negara Rp20 triliun untuk APBN 2021. Rapatnya akan dilaksanakan September nanti.

Goriau.com / 20-08-2020

FWD Life Luncurkan Dua Produk Asuransi Jiwa

Seiring meningkatnya kesadaran untuk melindungi diri dari risiko di masa depan, FWD Life meluncurkan dua produk asuransi jiwa, Asuransi Bebas Rencana Optimal dan FWD Legacy Protection. Dua produk ini ditujukan untuk membantu meningkatkan penetrasi asuransi dan memenuhi kebutuhan terhadap perlindungan yang meningkat di Indonesia. Peluncuran dua produk tersebut menunjukkan pendekatan FWD Life yang berfokus pada pentingnya mempersiapkan masa depan bagi nasabah, sehingga nasabah dapat menjalankan kehidupan tanpa khawatir.

Tribunnews.com / 20-08-2020

Khawatir Soal Covid-19, 72% Nasabah Akan Tambah Asuransi

Dalam survei Manulife Asia Care yang dilaksanakan pada akhir Mei lalu, survei menunjukkan mereka beralih dari belanja secara offline ke online (65%). Sejalan dengan meningkatnya minat pada digital, terdapat pula pergerakan menuju pengelolaan keuangan pribadi yang lebih teratur. Hasil survei menyebutkan bahwa sebanyak 72% nasabah yang telah memiliki asuransi mengatakan bahwa mereka berencana membeli tambahan asuransi dalam 18 bulan ke depan.

Republika.co.id / 20-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.773

IHSG (per 19 Agustus  2020)

   5.272,81

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Media Asuransi, Jawa Pos, Koran Jakarta, Cnbcindonesia.com, Goriau.com,  Jawapos.com, Kontan.co.id, Republika.co.id, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF