AAJI Daily News - 3 Juni 2020


Tanggal terbit (03 / 06 / 2020)

Rabu, 3 Juni 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Unit-Linked Siap Jajal Digital
  2. Cara Baru Berjualan Unit Link Asuransi Jiwa
  3. 5 Berita Populer Finansial, Iuran Naik saat Pandemi, 60 Persen Peserta Mandiri BPJS Kesehatan Diprediksi Hengkang dan Rasio Kecukupan Modal Mandiri Tunas Finance Capai 21,51 Persen
  4. Diizinkan OJK, Prudential Segera Pasarkan PAYDI Secara Virtual
  5. Prudential Indonesia Tetap Pimpin Industri Asuransi Jiwa Syariah
  6. Kejagung Periksa Sekuritas
  7. 5 Tersangka Kasus Jiwasraya Diadili
  8. PN Tipikor Gelar Sidang Perdana Jiwasraya
  9. Lima tersangka Jiwasraya akan jalani sidang di pengadilan tipikor
  10. Klaim Polis Asuransi Wanaartha Life Belum Dibayarkan
  11. Apa Kabar Tunggakan Dana Nasabah Jiwasraya?
  12. Tidur Nyenyak dapat Menjaga Kekebalan Tubuh
  13. Proteksi Diri & Keluarga Dengan Asuransi Kesehatan BCA Life
  14. Allianz Indonesia Kenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru Buat Nasabah Affluent. Simak Infonya, Yuk!
  15. Premi Indosurya Life anjlok 45,53% pada kuartal I-2020
  16. Sudah sita Rp 17 trilyun, kejaksaan masih buru aset kasus Jiwasraya di luar negeri
  17. Gerak Cepat. Kejaksaan Sita Aset Asuransi Jiwasraya Rp 17 Triliun
  18. Pemerintah Diminta Selesaikan Tunggakan Nasabah Jiwasraya
  19. Insentif Pajak Asuransi
  20. Inilah Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Butuh Asuransi Jiwa Syariah

TENTANG AAJI

Unit-Linked Siap Jajal Digital

Pekan lalu, OJK mengeluarkan kebijakan stimulus lanjutan dengan memberikan  penyesuaian pelaksanaan teknis pemasaran produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit linked. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menilai bahwa sebagian besar pelaku industri asuransi jiwa sudah siap dalam menerapkan penjualan unit-linked secara digital.

Bisnis Indonesia / 03-06-2020 Hal. 15

Cara Baru Berjualan Unit Link Asuransi Jiwa  

OJK menerbitkan surat edaran No.18/D.05/2020 mengenai tata cara baru penjualan unit link atau produk asuransi yang dibalut investasi (PAYDI) tertanggal 27 Mei 2020. Disebutkan, untuk memudahkan penetrasi asuransi, selanjutnya pemasaran unit link tidak lagi diwajibkan melakukan tatap muka. Akan tetapi perusahaan asuransi harus mengganti tatap muka langsung dengan tatap muka digital baik melalui video conference, video call atau kombinasi dari media elektronik.

Bisnis.com / 02-06-2020

5 Berita Populer Finansial, Iuran Naik saat Pandemi, 60 Persen Peserta Mandiri BPJS Kesehatan Diprediksi Hengkang dan Rasio Kecukupan Modal Mandiri Tunas Finance Capai 21,51 Persen

Sebanyak 60 persen peserta iuran bukan penerima upah (PBPU) mandiri BPJS Kesehatan diprediksi akan menonaktifkan kepesertaannya. Selain itu, OJK menerbitkan surat edaran No.18/D.05/2020 mengenai tata cara baru penjualan unit link atau produk asuransi yang dibalut investasi (PAYDI) tertanggal 27 Mei 2020 dan Direktur Sales dan Distribusi Mandiri Tunas Finance Harjanto Tjitohardjojo menjelaskan saat ini posisi rasio kecukupan modal anak usaha Bank Mandiri itu mencapai 21,51 persen.

Bisnis.com / 02-06-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Diizinkan OJK, Prudential Segera Pasarkan PAYDI Secara Virtual

PT Prudential Life Assurance segera memasarkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) secara virtual. Sejalan dengan hal tersebut, perseroan juga melakukan edukasi dan sosialisasi supaya pemasaran bisa optimal. Sharia Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo mengatakan telah mengembangkan sistem aplikasi digital untuk tenaga pasar yang terintegrasi dan end-to-end.

Investor Daily / 03-06-2020 Hal. 23

Prudential Indonesia Tetap Pimpin Industri Asuransi Jiwa Syariah

PT Prudential Life Assurance melapporkan kinerja unit Syariah yang sehat disepanjang 2019, sekaligus menegaskan kembali kepemimpinannya di industri asuransi jiwa Syariah melalui pendapatan kontribusi bruto sebesar Rp3,7 triliun, tertinggi di industri Unit Syariah Prudential Indonesia juga mampu mempertahankan total aset yang stabil sebesar Rp9,1 triliun.

Indopos / 03-06-2020 Hal. 14

Kejagung Periksa Sekuritas

Setelah menetapkan enam tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Asuransi Jiwasraya, Kejagung kembali menggelar pemeriksaan kepada lima orang pimpinan di perusahaan sekuritas. Tujuan pemeriksaan untuk mencari dan menemukan pihak yang dapat dimintai pertanggung jawaban atas kerugian negara akibat pengelolaan keuangan dan dana investasi di Jiwasraya.

Kontan / 03-06-2020 Hal. 10

5 Tersangka Kasus Jiwasraya Diadili

Lima tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, hari ini. Mereka dinilai bertanggung jawab atas kerugian negara sebesar Rp16,81 triliun dalam kasus korupsi di Jiwasraya.

Media Indonesia / 03-06-2020 Hal. 4

PN Tipikor Gelar Sidang Perdana Jiwasraya

Sidang perdana dugaan suap dan pencucian uang (TPPU) pada PT Asuransi Jiwasraya akan digelar di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Rabu (3/6). Pembacaan dakwaan digelar langsung dan terbuka untuk umum. Kepala PN Tipikor Jakarta Hakim Yanto mengatakan, persidangan perdana perkara tersebut harus digelar terbuka agar dapat dipantau khalayak.

Republika / 03-06-2020 Hal. 2

Lima tersangka Jiwasraya akan jalani sidang di pengadilan tipikor

Kelima tersangka yang akan menjalani sidang adalah Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat, Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 Hary Prasetyo, Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018 Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan. Mereka dinilai bertanggung jawab atas kerugian negara sebesar Rp16,81 triliun dalam kasus korupsi di Jiwasraya.

Antaranews.com / 02-06-2020

Klaim Polis Asuransi Wanaartha Life Belum Dibayarkan

Pada tanggal 09 April 2020 polis saya nomor 9719100245 di PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha jatuh tempo dan saya ajukan pencairan. Namun sampai dengan surat ini dikirimkan, klaim tersebut belum juga dicairkan. Saya telah melayangkan surat somasi yang kedua kepada Wanaartha dan apabilan surat saya tersebut tidak juga mendapatkan tanggapan saya akan melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri.

Detik.com / 02-06-2020

Apa Kabar Tunggakan Dana Nasabah Jiwasraya?

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta kepada pemerintah untuk segera menyelesaikan tunggakan nasabah pemegang polis saving plan PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) secara tuntas. Anggota Komisi XI Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthy menyampaikan pemerintah diminta jangan membiarkan nasib nasabah di tengah pandemi COVID-19.

Detik.com / 02-06-2020

Tidur Nyenyak dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Agar tidak stress, dr. Herman Irawan, Health Practitioner, PT Avrtist Assurance menyarankan; memberkali diri dengan pengetahuan yang tepat tentang Covid-19 dan menjaga kualitas berita yang diterima tiap hari, melatih otak untuk tetap tenang dan memandang dengan perspektif berbeda serta memiliki pikiran yang postif, tidur cukup dengan kualitas yang baik dan perhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Faseberita.id / 02-06-2020

Proteksi Diri & Keluarga Dengan Asuransi Kesehatan BCA Life

BCA Life sendiri fokus pada 3 layanan asuransi jiwa, yaitu asuransi perlindungan (protection), asuransi plus tabungan (saving) dan asuransi kesehatan (health) melalui jalur telemarketing, bancassurance, corporate solution dan credit life. Pada pertengahan 2019 lalu, BCA Life juga telah meluncurkan layanan webchat BCA Life yang dapat ditemukan nasabah pada aplikasi BCA Life mobile service dan juga pada situs resmi BCA Life.

Finansialku.com / 02-06-2020

Allianz Indonesia Kenalkan Asuransi Jiwa Unit Link Terbaru Buat Nasabah Affluent. Simak Infonya, Yuk!

Kali ini, asuransi jiwa unit link terbaru dari Allianz Indonesia menyasar segmen nasabah affluent atau menengah atas yang didistribusikan melalui mitra perbankan. Produk dengan fitur premium ini akan memberikan manfaat perlindungan optimal dan potensi nilai investasi yang menyesuaikan dengan tujuan finansial yang dimiliki nasabah.

Grid.id / 02-06-2020

Premi Indosurya Life anjlok 45,53% pada kuartal I-2020

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, pada triwulan pertama tersebut, Indosurya Life kantongi premi sebesar 190,30 miliar atau turun 45,53% dari realisasi tahun sebelumnya, yang capai Rp 349,41 miliar. Hal tersebut juga terjadi bersamaan dengan penurunan hasil investasi yang sebesar 4,86% menjadi Rp 17,41 miliar. Alhasil, total pendapatan perusahaan juga tergerus dari Rp 353,30 miliar pada tahun sebelumnya, menjadi Rp 193,82 miliar.

Kontan.co.id / 02-06-2020

Sudah sita Rp 17 trilyun, kejaksaan masih buru aset kasus Jiwasraya di luar negeri

Kasus dugaan korupsi dan pencucian uang di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diperkirakan menimbulkan kerugian hingga belasan trilyun rupiah. Kejaksaan Agung (Kejagung) masih memburu aset-aset yang diduga terkait kasus Asuransi Jiwasraya. Setelah banyak menyita aset di dalam negeri, kini Kejaksaan Agung memburu aset tersangka kasus Asuransi Jiwasraya di luar negeri.

Kontan.co.id / 02-06-2020

Gerak Cepat. Kejaksaan Sita Aset Asuransi Jiwasraya Rp 17 Triliun

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan bergerak cepat untuk terus menyisir berbagai aset terkait kasus dugaan korupsi dan pencucian uang di PT Asuransi Jiwasraya. Hingga saat ini, nilai aset yang telah disita oleh penyidik Kejagung ditaksir melebihi Rp 17 triliun. Kepala Pusat Penerangan Hukum, Kejagung Hari Setiyono menyebut, nilai aset tersebut baru berdasarkan perhitungan penyidik tanpa melibatkan tim appraisal independen serta lembaga yang berwenang menghitung nilai aset.

Kontan.co.id / 02-06-2020

Pemerintah Diminta Selesaikan Tunggakan Nasabah Jiwasraya

Komisi XI DPR mengingatkan kepada pemerintah untuk segera menyelesaikan nasib tunggakan nasabah pemegang polis saving plan PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) secara tuntas. Pemerintah diminta jangan membiarkan nasib nasabah di tengah pandemi Covid-19. Anggota Komisi XI Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthy menyampaikan, jangan sampai dengan adanya Covid-19 pemerintah membiarkan nasib nasabah saving plan. Sebab, masalah ini sudah ada sebelum masalah virus corona ada di Indonesia.

Republika.co.id / 02-06-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Insentif Pajak Asuransi

Industri asuransi umum akhirnya bisa bernapas lega. Pemerintah sudah memberikan insentif pajak bagi industri yang terdampak korona. Seperti asuransi umum berupa keringanan pembayaran PPh 21 dan PPh 25. Pemain asuransi umum berharap, pemberian insentif tersebut akan memperbaiki cashflow atau arus kas perusahaan yang tertekan akibat korona.

Kontan / 03-06-2020 Hal. 10

Inilah Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Butuh Asuransi Jiwa Syariah

Saat ini evolusi halal meliputi jasa keuangan dan asuransi termasuk di dalamnya asuransi jiwa syariah yang bisa dikembangkan dan menjadi industri yang cukup dinamis. Sebagaimana bunyi surat Az Zumaar ayat 9 menyatakan: "Adakah sama orang yang mengetahui dengan orang-orang tidak mengetahui". Maka, sudah menjadi tugas berat bagi para pelaku industri asuransi jiwa syariah untuk menjelaskan kepada mereka bahwa kini sudah adanya loh asuransi yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu Asuransi Prudent Syariah.

Minangkabaunews.com / 02-06-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.415

IHSG (per 2 Juni 2020)

  4.847,51

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, Investor Daily, Indopos, Kontan, Media Indonesia, Republika, Antaranews.com, Bisnis.com, Detik.com, Faseberita.id, Finansialku.com, Grid.id, Kontan.co.id, Republika.co.id, Minangkabaunews.com.

DOWNLOAD PDF