AAJI Daily News - 13 November 2020


Tanggal terbit (13 / 11 / 2020)

Jumat, 13 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Mitigasi Dampak Covid-19, Cigna Indonesia Andalkan Saluran Digital
  2. OJK Yakin Pemulihan Ekonomi Indonesia Terus Membaik
  3. Asuransi Cigna Maksimalkan Saluran Digital
  4. Jiwasraya Mutakhirkan Data Pemegang Polis
  5. Asuransi Manulife dan Bank DBS Meluncurkan DIRE
  6. Diverifikasi Jalur Distribusi Penting
  7. Pulse by Prudential Jangkau 4,3 Juta Pengguna
  8. BPK Serahkan 21.425 Rekomendasi Tata Kelola Keuangan, Salah Satunya Soal Jiwasraya
  9. Kontribusi Kanal Digital Asuransi Jiwa Naik Signifikan di Tengah Pandemi
  10. Sri Mulyani Buka Suara Soal Vonis Seumur Hidup Bentjok Dkk
  11. Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Proses Penyelamatan Jiwasraya
  12. Kata Sri Mulyani Soal Penyelesaian Kasus Jiwasraya
  13. Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Bisa Tekan Kerugian Pemegang Polis & Pemerintah
  14. Prudential Indonesia: Pulse Aplikasi Kesehatan yang Didukung Kecerdasan Buatan
  15. Ada Apa Dengan Wana Artha Life?

TENTANG AAJI

Mitigasi Dampak Covid-19, Cigna Indonesia Andalkan Saluran Digital

Perusahaan Asuransi Cigna Indonesia melakukan diversifikasi saluran distribusi ke ranah digital untuk memitigasi risiko di masa pandemi Covid-19. Data AAJI mengungkap, pendapatan industri asuransi jiwa pada semester I-2020 turun 38,7 persen secara tahunan (yoy) sebesar Rp 72,57 triliun dari sebelumnya Rp 118,3 triliun. Presiden Direktur & CEO PT Asuransi Cigna Philip Reynolds mengatakan pada saat pandemi, masyarakat cenderung menahan diri untuk melakukan tatap muka. Makanya, kehadiran saluran digital memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi kinerja perseroan.

Kompas.com / 12-11-2020

OJK Yakin Pemulihan Ekonomi Indonesia Terus Membaik

OJK meyakini pemulihan ekonomi Indonesia akan lebih baik diimbangi dengan upaya pengendalian pandemi covid-19. Optimisme terkait upaya pemulihan ekonomi juga terlihat dengan Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan revisi pertumbuhan ekonomi global. Kepala Departemen Surveillance OJK Henry Rialdi mengatakan sinyal pemulihan ekonomi global mulai terlihat meski belum terjadi secara merata. Hal itu terlihat dari IMF yang merevisi ke atas proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2020 yang dilatarbelakangi oleh kinerja ekonomi Amerika Serikat dan Tiongkok.

Medcom.id / 12-11-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Asuransi Cigna Maksimalkan Saluran Digital

PT Asuransi Cigna melakukan diversifikasi saluran distribusi di tengah pandemi Covid-19 untuk memitigasi risiko dan memaksimalkan saluran digital yang sudah dibangun sebelumnya. Menurut Presiden Direktur & CEO PT Asuransi Cigna Philip Reynolds, diversifikasi saluran distribusi ini merupakan bagian dari misi perusahaan untuk melayani konsumen dengan lebih baik lagi. Di antaranya memberikan perlindungan, meningkatkan kesejahteraan dan memberikan ketenangan pikiran.

HE Neraca / 13-11-2020 Hal. 5

Jiwasraya Mutakhirkan Data Pemegang Polis

Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sedang melakukan pemutakhiran terhadap seluruh data pemegang polis demi memuluskan program penyelamatan polis. Direktur Pemasaran Ritel Jiwasraya Fabiola Sondakh di Jakarta, mengatakan upaya pemutakhiran data diperlukan untuk memvalidasi sekaligus melengkapi data-data terbaru para pemegang polis. Untuk melakukan penginian data, para pemegang polis dapat mengakses www.jiwasraya.co.id/pengkinian atau menghubungi call center (021) 50987151. Selain itu, pemegang polis juga bisa langsung datang ke kantor layanan Jiwasraya terdekat jika merasa lebih nyaman untuk melakukan penginian data.

HE Neraca / 14-11-2020 Hal. 10

Asuransi Manulife dan Bank DBS Meluncurkan DIRE

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia menggandeng PT Bank DBS Indonesia meluncurkan dana investasi Manulife Dana Investasi Real Estat Asia Pasifik Dollar (MDIREAPD). Dana Investasi itu menjadi pilihan produk unit link yang ditempatkan di sektor property Asia Pasifik. Saat ini pilihan dana investasi unit link MDIREAPD tersedia pada produk asuransi MiTreasure Optimax Protection (MiTOP) yang merupakan solusi yang memberikan manfaat perlindungan jiwa menyeluruh, serta perencanaan peninggalan berharga bagi orang terkasih.

Kontan / 13-11-2020 Hal. 10

Diverifikasi Jalur Distribusi Penting

Presiden Direktur & CEO PT Asuransi Cigna Philip Reynolds mengatakan kegiatan keagenan sempat terganggu karena orang menghindar untuk melakukan tatap muka. Untuk itu, dibutuhkan saluran lain berupa digital dan telemarketing. Saluran digital juga berguna bagi nasabah untuk tetap bisa berinteraksi dengan perusahaan dalam hal pengajuan klaim dan lainnya. Ia mengatakan, Cigna Indonesia mengedepankan integrasi beragam saluran distribusi untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan calon nasabahnya.

Media Indonesia / 13-11-2020 Hal. 11

Pulse by Prudential Jangkau 4,3 Juta Pengguna

Setelah resmi diluncurkan pada Maret 2020, PT Prudential Life Assurance mencatat aplikasi Pulse by Prudential (Pulse) sudah diunduh sebanyak 4,3 juta pengguna hingga November 2020. Pulse merupakan aplikasi mobile di bidang Kesehatan yang didukung teknologi kecerdasan buatan. Teknologi ini memampukan perusahaan menjalankan misi untuk membuat layanan Kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses oleh semua orang. Sehingga, aplikasi ini terbuka juga untuk non nasabah Prudential.

Suara Pembaruan / 13-11-2020 Hal. 8

BPK Serahkan 21.425 Rekomendasi Tata Kelola Keuangan, Salah Satunya Soal Jiwasraya

BPK resmi menyerahkan 21.425 rekomendasi hasil pemeriksaan pada semester I/2020 kepada pemerintah. Rekomendasi ini bertujuan untuk mendukung adanya perbaikan tata kelola keuangan negara. Ketua BPK Agung Firman Sampurna menegaskan rekomendasi hasil pemeriksaan ini merupakan bagian dari Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2020. Menurutnya, rekomendasi ini dapat membuat pengendalian intern dapat semakin efektif, serta pelaksanaan program atau kegiatan secara lebih ekonomis, efektif, dan efisien.

Bisnis.com / 12-11-2020

Kontribusi Kanal Digital Asuransi Jiwa Naik Signifikan di Tengah Pandemi

Presiden Direktur & CEO PT Asuransi Cigna Indonesia Philip Reynolds mengakui hal itu. Menurutnya, diversifikasi itu akan memitigasi risiko atas wabah virus Corona. Di samping itu, strategi itu membuat saluran distribusi atau pemasaran saling menopang. Oleh karena itu, pihaknya terus mengembangkan saluran digital yang telah dibangun sejak tahun lalu. Diversifikasi saluran distribusi ini merupakan bagian dari misi Cigna untuk melayani konsumen dengan lebih baik lagi. Di antaranya memberikan perlindungan, meningkatkan kesejahteraan, dan memberikan ketenangan pikiran

Bisnis.com / 12-11-2020

Sri Mulyani Buka Suara Soal Vonis Seumur Hidup Bentjok Dkk

Menteri Keuangan Sri Mulyani buka suara soal perkembangan penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ia menyatakan sudah ada enam terdakwa yang divonis maksimal penjara seumur hidup. Sri Mulyani menyatakan mereka dikenakan denda Rp16 triliun. Angka ini sesuai dengan kerugian negara atas kasus Jiwasraya yang dihitung oleh BPK. Untuk selanjutnya, ia akan terus bekerja sama dengan Kementerian BUMN untuk menyelesaikan persoalan Jiwasraya secara keseluruhan. Koordinasi ini berkaitan soal hukum dan pemegang polis Jiwasraya.

Cnnindonesia.com / 12-11-2020

Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Proses Penyelamatan Jiwasraya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka suara mengenai upaya pemerintah dalam penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sri Mulyani mengatakan, pihaknya bersama-sama Kementerian BUMN menyelesaikan masalah Jiwasraya baik dari sisi hukum maupun pemegang polis. Sri Mulyani menuturkan, dari aspek hukum saat ini sudah ada 6 terdakwa yang divonis maksimal penjara seumur hidup dengan denda sekitar Rp 16 triliun. Selanjutnya, dari sisi korporasi saat ini Kementerian BUMN terus melakukan inventaris pemegang polis dan restrukturisasi.

Detik.com / 12-11-2020

Kata Sri Mulyani Soal Penyelesaian Kasus Jiwasraya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN untuk kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Apalagi saat ini PN Jakarta Pusat telah menjatuhkan vonis seumur hidup bagi para terdakwa kasus korupsi Jiwasraya. Ia menambahkan Kementerian BUMN juga diminta untuk menangani masalah korporasi dengan menginventarisasi kewajiban kepada pemegang polis. Selanjutnya, proses restrukturisasi untuk mereka yang telah melakukan investasi di Jiwasraya dengan jumlah return sangat tinggi baru bisa dilakukan.

Medcom.id / 12-11-2020

Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Bisa Tekan Kerugian Pemegang Polis & Pemerintah

Ekonom sekaligus Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah, menilai positif upaya manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang telah memiliki cetak biru rencana penyelesaian Jiwasraya, termasuk upaya restrukturisasi yang sedang dikerjakan. Menurutnya, tindakan restrukturisasi tersebut dapat menekan kerugian pemegang polis dan pemerintah akibat caruk marut kepengurusan manajemen sebelumnya. Dengan restrukturisasi dia meyakini setidaknya nilai kerugian yang muncul tidak akan bertambah besar.

Merdeka.com / 12-11-2020

Prudential Indonesia: Pulse Aplikasi Kesehatan yang Didukung Kecerdasan Buatan

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), berkomitmen membantu nasabah mampu mengelola kesehatan dengan lebih mudah dan menyeluruh. Salah satunya melalui inovasi sejumlah fitur baru aplikasi Pulse by Prudential (Pulse). Pulse yang pertama kali diperkenalkan pada Februari 2020 di Indonesia, merupakan aplikasi kesehatan all-in-one yang didukung oleh kecerdasan buatan dan informasi real-time. Sehingga mendukung pengguna mengelola kesehatan secara proaktif kapan pun dan di mana pun.

Merdeka.com / 12-11-2020

Ada Apa Dengan Wana Artha Life?

Telah yang kesekian kalinya Wana Artha Life menghindar dan tidak mau bertanggung-jawab untuk membayar hak-hak pemegang polis. Sudah 10 bulan ini Wana Artha tidak membayar hak pemegang polis dan manfaat tunai yang sudah jatuh tempo sejak Pebruari 2020. Pemegang polis Wana Artha sudah sangat lelah, sengsara dan banyak menanggung banyak kerugian materiil maupun imateril akibat tindakan semena-mena dan kezaliman Wana Artha kepada pemegang polis. Mereka mengharapkan agar WanaArtha Life segera memenuhi kewajibannya.

Pewarta-indonesia.com / 12-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.170

IHSG (per 12 November 2020)

   5.458,60

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Kontan, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Medcom.id, Merdeka.com, Pewarta-indonesia.com.

DOWNLOAD PDF