AAJI Daily News - 22 Juli 2020


Tanggal terbit (22 / 07 / 2020)

Rabu, 22 Juli 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Kesadaran Bertambah, Daya Beli Rendah
  2. BNI Life, Kinerja Mengkilap Berkat Kedepankan GRC
  3. Perlunya Menghindari Pengeluaran Katastropik
  4. BPK Minta Pemerintah Ukur Potensi Kewajiban atas Kerugian Jiwasraya
  5. Laporan Keuangan Jiwasraya
  6. Laporan Keuangan Pemerintah Pusat raih opini WTP
  7. Begini Suap Liburan Mewah Petinggi Jiwasraya yang Diungkap Saksi
  8. BPK: Pemerintah wajib bertanggung jawab atas kerugian Jiwasraya
  9. Kasus Jiwasraya, Ronald Akui Diarahkan Joko Hartono
  10. Kejaksaan Agung Periksa 16 Saksi Terkait Kasus Jiwasraya Hari Ini
  11. Pembentukan Nusantara Life Pilihan Tepat Selamatkan Nasabah Jiwasraya
  12. Janji Dirut Bumiputera dan Kejelasan Klaim Nasabah
  13. Seperti Jiwasraya, AJB Bumiputera 1912 Juga Catatkan Kerugian RDPT
  14. Dapen Pertamina dan Jiwasraya Dirampok Saham Gorengan
  15. BPK Bongkar Catatan Soal Jiwasraya dan Asabri, Jokowi: Setiap Rupiah Uang Rakyat Harus Dipertanggungjawabkan
  16. SP Bumiputera: Pegawai Diintimidasi & Duit Nasabah Tak Jelas
  17. Bikin Ngilu! Begini Kinerja 24 Saham Portofolio Jiwasraya
  18. Skandal Jiwasraya: Liburan ke Hong Kong, Karaoke & Rafting
  19. BPK Sebut Pemerintah Tanggung Jawab Atas Kerugian Jiwasraya
  20. Dirut Asset Management Diperiksa soal Korupsi Jiwasraraya
  21. Manulife Donasikan APD dan Perangkat Komputer senilai Rp3,5 miliar untuk Petugas Medis dan Rumah Sakit
  22. Manulife Donasi Rp 3,5 M untuk Pekerja Medis
  23. Bos Jiwasraya Ungkap Skema Restrukturisasi: Polis Ditukar Produk Baru
  24. BPK Sebut Jiwasraya Tak Kunjung Rampungkan Laporan Keuangan 2019
  25. Nilai Aset Melorot, Ekuitas Jiwasraya Minus Rp 33,66 triliun
  26. Pemeriksaan Laporan Keuangan, BPK Sebut Jiwasraya Kooperatif
  27. Jiwasraya dan Dana Pensiun Jadi Catatan BPK
  28. BPK Sebut Jiwasraya Kooperatif dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan
  29. Pembentukan Nusantara Life, Pilihan Tepat Selamatkan Nasabah Jiwasraya
  30. Bantu Tenaga Medis Covid-19, Manulife Akan Bagikan APD ke Rumah Sakit
  31. Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa Peran 16 Saksi
  32. Seperti Jiwasraya, AJB Bumiputera 1912 Juga Catatkan Kerugian RDPT
  33. Tambahan Manfaat Asuransi Manulife
  34. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Bayar Klaim Covid-19 Sebesar Rp 20,44 Miliar

TENTANG AAJI

Kesadaran Bertambah, Daya Beli Rendah

Berdasarkan data AAJI, jumlah tertanggung asuransi jiwa pada kuartal I/2020 mencapai 63,97 juta orang, meningkat hingga 20,3 persen yoy dibandingkan dengan kuartal I/2019 sebanyak 53,17 juta orang. Meskipun jumlah tertanggung meningkat, pertumbuhan total polis hanya tercatat sebesar 0,1 persen yoy, yakni 17,08 juta polis pada kuartal I/2020 atau naik dari 17,06 juta polis pada kuartal I/2019.

Indopos / 22-07-2020 Hal. 6

BNI Life, Kinerja Mengkilap Berkat Kedepankan GRC

Kinerja BNI Life secara yoy dicatat mengalami peningkatan. Total pendapatan dicatat naik lebih dari Rp 150 miliar di tahun 2019 dibandingkan tahun 2018. Pada tahun 2019, total pendapatan BNI Life mencapai lebih dari Rp 6 triliun. Selain itu, pendapatan hasil investasi mencapai Rp 1,3 triliun, atau naik 185% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 dan 2019, BNI Life juga meraih peringkat ke-1 pada pencapaian premi bisnis baru Telemarketing dalam AAJI.

Topbusiness.id / 21-07-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Perlunya Menghindari Pengeluaran Katastropik

Pada tahun 2013, ada 4,2% penduduk atau 10,5 juta jiwa membelanjakan lebih dari 10 persen total pendapatan mereka untuk biaya kesehatan, naik menjadi 4,5 persen atau 11,8 juta jiwa pada 2017. Pakar Ekonomi dan Asuransi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Budi Hidayat mengatakan, jika tidak disiasati dengan baik, maka pengeluaran katastropik yang merapuhkan kondisi finansial keluarga berpotensi pada siapa saja. Oleh karena itu, asuransi kesehatan dengan harga terjangkau dan memiliki manfaat lengkap sangat dibutuhkan agar dapat melindungi kestabilan finansial.

Indopos / 22-07-2020 Hal. 6

BPK Minta Pemerintah Ukur Potensi Kewajiban atas Kerugian Jiwasraya

BPK meminta pemerintah mengukur atau mengestimasi potensi kerugian yang terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono menyampaikan, BPK mengacu pada UU No. 14/2014 tentang Perasuransian, bahwa ada kewajiban pemegang saham pengendali untuk bertanggungjawab terkait kejadian di manajemen atau yang diakibatkan kesalahan manajemen. Ia menerangkan, sampai saat ini BPK belum menyatakan bahwa kerugian pada Jiwasraya harus dipertanggungjawabkan oleh pemerintah.

Investor Daily / 22-07-2020 Hal. 4

Laporan Keuangan Jiwasraya

BPK masih menunggu laporan keuangan PT Asuransi Jiwasraya tahun 2019. Dalam laporan BPK, Menteri BUMN sebagai pemegang saham Jiwasraya menargetkan laporan keuangan rampung 19 Juni 2020. Namun, hingga saat ini BPK belum mendapatkan informasi apakah laporan keuangan audit tersebut sudah rampung atau belum. BPK meyakini Asuransi JIwasraya akan menyelesaikan laporan keuangan tahun 2019 yang merupakan rekomendasi BPK terhadap laporan hasil pemeriksaan (LPH) tahun 2019 terhadap Jiwasraya.

Kontan / 22-07-2020 Hal. 10

Laporan Keuangan Pemerintah Pusat raih opini WTP

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2019 secara umum meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Meski demikian BPK mencatat sejumlah permasalahan tata kelola anggaran, di antaranya terkait permasalahan di PT Asabri dan PT Asuransi Jiwasraya.

Antaranews.com / 20-07-2020

Begini Suap Liburan Mewah Petinggi Jiwasraya yang Diungkap Saksi

Sidang lanjutan kasus mega skandal korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. JPU mengkonfirmasi temuan adanya fasilitas hiburan mewah kepada para petinggi Jiwasraya: paket perjalanan ke Hong Kong dari Pool Advista Asset Management selama tiga hari dua malam, fasilitas rafting di Sungai Kulonprogo, Magelang pada 2017. Di tahun yang sama, fasilitas karaoke di Lombok, Nusa Tenggara Barat selama tiga hari dua malam. Ronald pun tidak menampik kebenaran fakta tersebut.

Keadilan.id / 20-07-2020

BPK: Pemerintah wajib bertanggung jawab atas kerugian Jiwasraya

BPK menyebut pemerintah selaku pemegang saham pengendali wajib ikut bertanggung atas kerugian PT Asuransi Jiwasraya dengan mengukur mengestimasi dan melaporkan kewajiban terkait kondisi perusahaan. Hal ini tertuang dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2019 oleh BPK. Dalam laporan itu, BPK menyatakan kewajiban pemerintah atas kerugian Jiwasraya berdasarkan undang - undang (UU) Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian.

Kontan.co.id / 20-07-2020

Kasus Jiwasraya, Ronald Akui Diarahkan Joko Hartono

Ronald Abednego Sebayang, Komisaris Utama Pool Advista Asset Management, mengakui bahwa di hari-hari pemeriksaannya ia mendapat beberapa instruksi dari Joko Hartono Tirto, Direktur PT Maxima Integra, yang kini menjadi terdakwa kasus Jiwasraya. Dalam BAP yang dibacakan Jaksa dan telah dikonfirmasi oleh Ronald sebagai saksi, ia mengakui telah diberi instruksi oleh Joko Hartono Tirto via telfon untuk bertemu dengan kasi penyidik di Hotel Fairmont untuk diberi arahan.

Tempo.co / 20-07-2020

Kejaksaan Agung Periksa 16 Saksi Terkait Kasus Jiwasraya Hari Ini

Kejaksaan Agung kembali melanjutkan pemeriksaan dalam perkara tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono mengatakan 15 saksi yang diperiksa berasal dari perusahaan manajer investasi yang sebelumnya telah ditetapkan tersangka.  Selain itu, mereka juga memeriksa sejumlah karyawan Jiwasraya.

Tribunnews.com / 20-07-2020

Pembentukan Nusantara Life Pilihan Tepat Selamatkan Nasabah Jiwasraya

Kementerian BUMN sedang mempersiapkan pembentukan Nusantara Life di bawah Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Ini merupakan bagian restrukturisasi polis Asuransi Jiwasraya. Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo menilai skema pembentukan Nusantara Life merupakan pilihan paling visible (nyata) untuk menyelamatkan nasabah Jiwasraya.

Beritasatu.com / 21-07-2020

Janji Dirut Bumiputera dan Kejelasan Klaim Nasabah

Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera memiliki direksi utama baru yakni Faizal Karim yang ditetapkan akhir Juni 2020 lalu. Mengenai gambaran dari rencana penyehatan, ia mengatakan menyelesaikan ini tidak ada cara lain, yakni mencari uang. Pihaknya pun ada tiga sumber: Pertama dari internal. Sumber dana kedua, kami punya aset properti banyak. Ketiga adalah kerja sama bank.

Bisnis.com / 21-07-2020

Seperti Jiwasraya, AJB Bumiputera 1912 Juga Catatkan Kerugian RDPT

Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 mencatatkan kegagalan investasi di instrumen reksa dana penyertaan terbatas atau RDPT hingga Rp1,2 triliun. Direktur Utama Bumiputera Faizal Karim menjelaskan bahwa perseroan menghadapi dua pekerjaan rumah besar saat ini, yakni penyelesaian tunggakan klaim senilai Rp5,3 triliun dan pemenuhan amanat Peraturan Pemerintah (PP) 87/2019 tentang Perusahaan Asuransi Berbentuk Usaha Bersama.

Bisnis.com / 21-07-2020

Dapen Pertamina dan Jiwasraya Dirampok Saham Gorengan

Bandar juga menjual saham gorengan kepada investor institusional yang tata kelolanya lemah, seperti dalam kasus Dana Pensiun Pertamina (saham SUGI) dan PT Asuransi Jiwasraya. Agar terlihat untung di laporan keuangan investor institusi, harga saham-saham gorengan dijual dengan diskon besar. Semua proses transaksi saham gorengan itu berjalan sesuai ketentuan hukum yang ada. Tidak mudah bagi regulator menindak secara hukum terhadap bandar dan investor repo saham.

Bisnis.com / 21-07-2020

BPK Bongkar Catatan Soal Jiwasraya dan Asabri, Jokowi: Setiap Rupiah Uang Rakyat Harus Dipertanggungjawabkan

BPK memberikan beberapa catatan kepada pemerintah pusat terhadap laporan keuangan tahun 2019. Catatan ini diberikan meskipun BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada pemerintah pusat. Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan ada 13 temuan permasalahan di dalam LKPP tersebut. Salah satu temuan yang dibacakan terkait dengan Jiwasraya dan Asabri. Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa setiap rupiah uang rakyat dalam APBN harus dapat dipertanggungjawabkan pengelolaannya.

Bizlaw.id / 21-07-2020

SP Bumiputera: Pegawai Diintimidasi & Duit Nasabah Tak Jelas

Ketua Umum Serikat Pekerja Niaga Bank dan Asuransi, Bumiputera Rizky Yudha Pratama mengatakan, ada sekitar 4 juta nasabah Bumiputera yang tersebar di seluruh Indonesia yang terancam gagal bayar. Salah satu nasabah yang mengeluhkan dana yang tak kunjung dicairkan adalah Zaidan. Tak hanya nasabah, para pegawai AJBB, agen, dan supervisor lapangan juga tak luput dari tekanan dan intimidasi.

Cnbcindonesia.com / 21-07-2020

Bikin Ngilu! Begini Kinerja 24 Saham Portofolio Jiwasraya

Dari 24 saham yang menjadi portofolio Jiwasraya, kurang lebih sebanyak separuhnya yaitu 11 emiten yang sahamnya sedang disuspensi BEI karena berbagai masalah, sedangkan saham yang sudah di delisting dari BEI sebanyak 2 saham. Selanjutnya 23 saham portofolio Jiwasraya sudah menyentuh level terendahnya di level Rp 50/unit alias saham gocap.

Cnbcindonesia.com / 21-07-2020

Skandal Jiwasraya: Liburan ke Hong Kong, Karaoke & Rafting

Sidang lanjutan kasus mega skandal korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. JPU mengkonfirmasi temuan adanya fasilitas hiburan mewah kepada para petinggi Jiwasraya: paket perjalanan ke Hong Kong dari Pool Advista Asset Management selama tiga hari dua malam, fasilitas rafting di Sungai Kulonprogo, Magelang pada 2017. Di tahun yang sama, fasilitas karaoke di Lombok, Nusa Tenggara Barat selama tiga hari dua malam. Ronald pun tidak menampik kebenaran fakta tersebut.

Cnbcindonesia.com / 21-07-2020

BPK Sebut Pemerintah Tanggung Jawab Atas Kerugian Jiwasraya

BPK menyatakan pemerintah bertanggung jawab atas kerugian keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Hal ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono mengatakan pernyataan ini sejalan dengan penilaian lembaganya atas tata kelola keuangan Jiwasraya yang kurang maksimal. Hal ini tercermin dari Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) 2019 yang baru saja diselesaikan BPK.

Cnnindonesia.com / 21-07-2020

Dirut Asset Management Diperiksa soal Korupsi Jiwasraraya

Tim penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejagung memeriksa 15 orang saksi, di antaranya Direktur Utama (Dirut) PT Jasa Capital Asset Management, Rodulfus Pribadi Agung Sujagad, dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono, di Jakarta, Senin (20/7), menyampaikan, penyidik memeriksa yang bersangkutan sebagai saksi untuk tersangka korporasi PT Jasa Capital Asset Management.

Gatra.com / 21-07-2020

Manulife Donasikan APD dan Perangkat Komputer senilai Rp3,5 miliar untuk Petugas Medis dan Rumah Sakit

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia menyatakan hingga akhir Juni 2020 telah menyalurkan donasi berupa APD dan perangkat komputer senilai Rp3,5 miliar untuk membantu para pekerja medis dan rumah sakit dalam menanggulangi COVID-19. Menurut Direktur and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita J Rumngangun, program donasi yang sedang dijalankan Manulife melaui program Satu Produk Satu APD yang mengajak nasabah ikut berpartisipasi membantu para pekerja medis mengatasi COVID-19 di negeri ini.

Jakrev.com / 21-07-2020

Manulife Donasi Rp 3,5 M untuk Pekerja Medis

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) mendonasikan alat pelindung diri (APD) dan unit komputer senilai Rp 3,5 miliar untuk tenaga medis. Bahkan, jumlah itu masih akan bertambah lagi sampai akhir Juli nanti. Direktur and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita J Rumngangun mengatakan, donasi sebesar itu terkumpul dari partisipasi nasabah Manulife Indonesia.

Jawapos.com / 21-07-2020

Bos Jiwasraya Ungkap Skema Restrukturisasi: Polis Ditukar Produk Baru

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berencana merestrukturisasi polis asuransi dengan melakukan pembicaraan dengan pemegang polis pada Agustus 2020.  Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan bahwa nantinya semua produk direstrukturisasi, baik polis tradisional maupun produk JS Saving Plan. Dia menjelaskan akan menurunkan bunga yang sebelumnya dijanjikan. Saat ini, pihak Jiwasraya sebagai perusahaan milik negara, bersama Kementerian BUMN tengah menggodok skema restrukturisasi.

Katadata.co.id / 21-07-2020

BPK Sebut Jiwasraya Tak Kunjung Rampungkan Laporan Keuangan 2019

Badan Pemeriksaan Keuangan menyebut PT Asuransi Jiwasraya tak kunjung menyelesaikan laporan keuangan tahun 2019 secara audited. BUMN asuransi itu telah melewati batas waktu penyelesaian laporan keuangan yakni pada Juni lalu. Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan pihaknya hingga kini belum mendapat informasi secara resmi apakah laporan keuangan Jiwasraya telah rampung.

Katadata.co.id / 21-07-2020

Nilai Aset Melorot, Ekuitas Jiwasraya Minus Rp 33,66 triliun

Nilai aset investasi PT Asuransi Jiwasraya (persero) turun signifikan. Akibatnya, nilai ekuitas Jiwasraya minus Rp 33,66 triliun sesuai laporan keuangan tahun 2019 (unaudited). Dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terungkap beberapa upaya penyehatan perusahaan. Salah satunya penunjukkan Kantor Akuntan Publik (KAP).

Kontan.co.id / 21-07-2020

Pemeriksaan Laporan Keuangan, BPK Sebut Jiwasraya Kooperatif

BPK telah menyampaikan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) audited tahun 2019, dan ada 13 temuan permasalahan tata kelola anggaran, termasuk PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinilai kooperatif. BPK yakin Jiwasraya cukup kooperatif mengenai masalah sanksi, karena sudah diatur dalam undang-undang nomor 15 tahun 2004 pasal 26, bahwa bagi yang tidak menindaklanjuti rekomendasi BPK, dikenai sanksi 1,5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.

Liputan6.com / 21-07-2020

Jiwasraya dan Dana Pensiun Jadi Catatan BPK

(BPK) menyampaikan ada 31 temuan masalah dalam laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) tahun 2019 yang hasilnya disampaikan kepada Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (20/7) ini. Dari 31 temuan tersebut, ada 13 poin yang dibacakan oleh BPK. Dari 13 temuan masalah yang disampaikan, ada dua poin yang cukup menarik. Pertama, BPK memandang bahwa kewa­jiban pemerintah selaku Peme­gang Saham Pengendali PT Asabri (Persero) dan PT Asu­ransi Jiwasraya (Persero) belum diukur/diestimasi.

Matabuana.co.id / 21-07-2020

BPK Sebut Jiwasraya Kooperatif dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna telah menyampaikan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) audited tahun 2019, dan menemukan 13 temuan permasalahan tata kelola anggaran, termasuk PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinilai kooperatif. Menurutnya, Jiwasraya sudah cukup kooperatif dalam pemeriksaan laporan keuangan.

Merdeka.com / 21-07-2020

Pembentukan Nusantara Life, Pilihan Tepat Selamatkan Nasabah Jiwasraya

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo menilai, skema pembentukan Nusantara Life merupakan pilihan paling nyata untuk menyelamatkan dana nasabah Jiwasraya. Dengan dipindahkannya pemegang polis Jiwasraya ke perusahaan asuransi baru Nusantara Life, Irfan menilai bisa mempercepat proses pembayaran dana polis yang sudah jatuh tempo. 

Rmol.id / 21-07-2020

Bantu Tenaga Medis Covid-19, Manulife Akan Bagikan APD ke Rumah Sakit

Lewat program Satu Produk Satu APD, Manulife Indonesia mengajak nasabahnya ikut berpartisipasi membantu para pekerja medis mengatasi Covid-19 di negeri ini. Program tersebut dimulai sejak 2 Juni 2020 hingga akhir Juli 2020 nanti. Diperkirakan pada akhir Juli 2020 akan terkumpul 5.000 APD. Direktur and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita J Rumngangun mengatakan, setelah terkumpul, APD tersebut akan dibagikan ke berbagai rumah sakit di Jabodetabek.

Sindonews.com / 21-07-2020

Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa Peran 16 Saksi

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan terhadap 16 saksi terkait perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengatakan Kejagung perlu mendapat keterangan 15 dari 16 orang saksi yang diperiksa sebagai pengurus maupun sebagai karyawan perusahaan Manager Investasi, untuk mengungap peran masing-masing.

Tagar.id / 21-07-2020

Seperti Jiwasraya, AJB Bumiputera 1912 Juga Catatkan Kerugian RDPT

Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 mencatatkan kegagalan investasi di instrumen reksa dana penyertaan terbatas atau RDPT hingga Rp1,2 triliun. Direktur Utama Bumiputera Faizal Karim menjelaskan bahwa perseroan menghadapi dua pekerjaan rumah besar saat ini, yakni penyelesaian tunggakan klaim senilai Rp5,3 triliun dan pemenuhan amanat Peraturan Pemerintah (PP) 87/2019 tentang Perusahaan Asuransi Berbentuk Usaha Bersama.

Today.line.me / 21-07-2020

Tambahan Manfaat Asuransi Manulife

Virus corona yang masih mewabah membuat Manulife Indonesia turut memberikan perlindungan tambahan untuk nasabahnya melalui fasilitas-fasilitas yang telah ditawarkan. Khusus periode 1-30 Juni, pemilik polis asuransi jiwa Manulife nantinya akan mendapatkan manfaat tambahan uang perlindungan sebesar 50% jika meninggal akibat covid-19. Kedua, tambahan manfaat kesehatan jika terdiagnosa covid-19 berupa santunan tunai Rp10 juta dan Rp1 juta per hari jika dirawat di rumah sakit.

Today.line.me / 21-07-2020

Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Bayar Klaim Covid-19 Sebesar Rp 20,44 Miliar

Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (AJMI) hingga 13 Juli 2020 telah membayarkan klaim untuk penanganan covid-19 kepada nasabah sebesar Rp 20,44 miliar. Hal itu diungkapkan Direktur and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita J Rumngangun. Menurut dia, AJMI juga tergerak untuk ikut menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, menyusul ketersediaan yang minim, sehingga membuat para pekerja medis rentan terinfeksi covid-19.

Tribunnews.com / 21-07-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.450

IHSG (per 21 Juli 2020)

   5.114,71

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:  Indopos, Investor Daily, Kontan, Antaranews.com, Beritasatu.com, Bisnis.com, Bizlaw.id, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Gatra.com, Jakrev.com, Jawapos.com, Katadata.co.id, Keadilan.id, Kontan.co.id, Liputan6.com, Matabuana.co.id, Merdeka.com, Pikiran-rakyat.com, Rmol.id, Sindonews.com, Tagar.id, Today.line.me, Topbusiness.com, Tempo.co, Tribunnews.com.

 

DOWNLOAD PDF