AAJI Daily News - 30 Desember 2020


Tanggal terbit (30 / 12 / 2020)

HEADLINE NEWS

  1. AAJI prediksi bisnis asuransi jiwa di tahun 2021 lebih baik dari tahun ini
  2. Tahun Depan Avrist Pertajam Bisnis Asuransi Tradisional
  3. Kresna Life Disebut Abaikan OJK Terkait Putusan PKPU
  4. Menanti Restrukturisasi Jadi Obat Cespleng Polemik Jiwasraya
  5. Nasabah sebut Kresna Life abaikan OJK terkait putusan PKPU
  6. Nasabah Asuransi Jiwasraya Gelar Aksi Menuntut Transparasi Skema Restrukturisasi Polis
  7. Konflik Internal Bumiputera Tambah Pelik, Makin Susah Bayar Klaim?
  8. Komisaris Utama Bumiputera Angkat Suara soal Aksi Pecat Direksi
  9. Mega Skandal Jiwasraya Terkuak, Seret Benny Tjokro cs
  10. Generali Indonesia optimistis peluang asuransi jiwa di 2021 semakin besar
  11. Jiwasraya klaim nasabah antusias ikut program restrukturisasi polis
  12. Gagal mediasi, seorang nasabah lanjut gugat Jiwasraya
  13. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Dinilai Win-Win Solutions

TENTANG AAJI

  1. AAJI prediksi bisnis asuransi jiwa di tahun 2021 lebih baik dari tahun ini

AAJI memproyeksi bisnis asuransi jiwa masih akan lebih baik dibandingkan kinerja sepanjang 2020. Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono menyatakan optimisme itu lantaran kondisi pasar modal Indonesia yang terus membaik. Selain itu, pemerintah terus melangsungkan program pemulihan ekonomi nasional. Faktor selanjutnya ialah vaksinasi sudah berada di depan mata. Semua hal itu diprediksi bisa membuat perekonomian Indonesia lebih baik yang akhirnya ikut berdampak pada bisnis asuransi jiwa.

Kontan.co.id / 29-12-2020

  1. Tahun Depan Avrist Pertajam Bisnis Asuransi Tradisional

PT Avrist Assurance mengukuhkan strategi bisnisnya yang berfokus pada produk asuransi tradisional, baik untuk perlindungan jiwa maupun kesehatan. Strategi ini terbukti efektif karena tercatat hingga per bulan November 2020, produk perlindungan jiwa murni Avrist Prime Protection tumbuh 51% dengan total APE (Annual Premium Equivalent) sebesar Rp 44,7 miliar. Yasuo Sato, Director, PT Avrist Assurance, Selasa (29/12) mengau optimis akan menjadi pemain utama dalam penyediaan produk asuransi tradisional.

Tribunnews.com / 29-12-2020

INDUSTRI & ASURANSI

  1. Kresna Life Disebut Abagikan OJK Terkait Putusan PKPU

Nasabah Kresna Life menyebutkan perusahaan asuransi jiwa tersebut telah mengabaikan OJK selaku regulator terkait PKPU. Salah seorang nasabah Kresna Life, Nurlaila mengatakan nasabah sempat merasa lega usai menerima pernyataan OJK yang menyebutkan bahwa OJK tidak pernah menyetujui permohonan PKPU atas PTAJK dan OJK juga telah menyampaikan surat kepada PTAJK untuk melakukan upaya-upaya hukum terhadap putusan pengadilan tersebut termasuk upaya hukum luar biasa sesuai ketentuan per-undang-undangan.

HE Neraca / 30-12-2020 Hal. 5

  1. Menanti Restrukturisasi Jadi Obat Cespleng Polemik Jiwasraya

Sekretaris Perusahaan Jiwasraya, Kompyang Wibisana menyatakan saat ini antusiasme pemegang polis terhadap program resrtukturisasi polis sangat positif. Hal ini ditandai dengan adanya 726 kontrak korporasi yang bersedia direstrukturisasi per 28 Desember 2020. Menurutnya, karena publik antusias, maka proses restrukturisasi akan terus dipercepat. Jika program resrtukturisasi ini bisa berjalan dengan mulus maka manfaat polis dari nasabah yang sebelumnya diterima pemegang polis akan dilanjutkan di IFG Life.

Kontan / 30 Desember 2020 Hal. 16

  1. Nasabah sebut Kresna Life abaikan OJK terkait putusan PKPU

Nasabah Kresna Life menyebutkan perusahaan asuransi jiwa tersebut telah mengabaikan OJK selaku regulator terkait PKPU. Salah seorang nasabah Kresna Life, Nurlaila mengatakan nasabah sempat merasa lega usai menerima pernyataan OJK yang menyebutkan bahwa OJK tidak pernah menyetujui permohonan PKPU atas PTAJK dan OJK juga telah menyampaikan surat kepada PTAJK untuk melakukan upaya-upaya hukum terhadap putusan pengadilan tersebut termasuk upaya hukum luar biasa sesuai ketentuan per-undang-undangan.

Antaranews.com / 29-12-2020

  1. Nasabah Asuransi Jiwasraya Gelar Aksi Menuntut Transparasi Skema Restrukturisasi Polis

Nasabah pemegang polis Jiwasraya Saving Plan yang tergabung dalam Forum Korban Jiwasraya menggunakan topeng saat melakukan aksi di depan kantor PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dalam aksinya mereka menyampaikan tanggapan atas skema restrukturisasi polis dimana salah satunya skema tersebut tidak dijelaskan secara gamblang kepada pemegang polis dan narasi komunikasi Jiwasraya dianggap tidak persuasif bahkan terkesan intimidatif.

Bisnis.com / 29-12-2020

  1. Konflik Internal Bumiputera Tambah Pelik, Makin Susah Bayar Klaim?

Kontroversi di internal AJB Bumiputera 1912 kembali memuncak. Asa nasabah untuk mendapatkan haknya diramal bakal kembali menemui jalan terjal.  Keputusan Sidang Luar Biasa (SLB) BPA AJB Bumiputera 1912 yang menyamakan kegiatan tersebut sebagai Rapat Umum Anggota (RUA) menjadi pemicunya. Perwakilan Tim Advokasi Bumiputera sekaligus Asisten Direktur Pemasaran Bumiputera Jaka Irwanta mengungkap bahwa setidaknya ada tiga pihak kompak menolak hasil keputusan BPA yang diklaim sebagai RUA tersebut; pemegang polis, tim manajemen, serta serikat pekerja.

Bisnis.com / 29-12-2020

  1. Komisaris Utama Bumiputera Angkat Suara soal Aksi Pecat Direksi

Kontroversi di internal AJB Bumiputera 1912 justru tengah memulai babak baru. Seperti diketahui, keputusan Sidang Luar Biasa (SLB) BPA AJB Bumiputera 1912 pada 23 Desember 2020 yang menyamakan kegiatan tersebut sebagai RUA menjadi pemicunya. Di mana hasil keputusan rapat tersebut menyatakan memecat tiga orang direksi. Para direksi ‘terpecat’ telah menyatakan kontrak keputusan tersebut secara tertulis. Anggota direksi terpecat ini mengungkap akan melakukan upaya hukum dan masih akan menunggu petunjuk OJK terkait hasil keputusan SLB tersebut.

Bisnis.com / 29-12-2020

  1. Mega Skandal Jiwasraya Terkuak, Seret Benny Tjokro cs

Tahun 2020 menjadi tahun penting dalam pengungkapan mega skandal PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Di awal tahun ini, sejumlah orang ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi Jiwasraya. Tersangka itu antara lain eks Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim, Komisaris PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro, eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat dan eks Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmiwan. Kelimanya ditahan di rutan berbeda.

Detik.com / 29-12-2020

  1. Generali Indonesia optimistis peluang asuransi jiwa di 2021 semakin besar

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia optimis peluang asuransi jiwa di 2021 semakin besar. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman menyatakan hal ini tidak terlepas dari banyak regulasi pemerintah yang memberikan berbagai relaksasi dan kebijakan. Lanjutnya, pengembangan vaksin diharapkan bisa menanggulangi penyebaran Covid-19 sehingga roda ekonomi bisa kembali berjalan dengan normal, akan memberikan peluang bagi pertumbuhan industri. Generali akan melakukan berbagai inovasi serta terus mengembangkan pemasaran bisnis melalui seluruh kanal distribusi yang ada saat ini.

Kontan.co.id / 29-12-2020

  1. Jiwasraya klaim nasabah antusias ikut program restrukturisasi polis

Proses restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus berlangsung. Sekretaris Perusahaan Jiwasraya, Kompyang Wibisana menyatakan saat ini antusiasme pemegang polis terhadap program restrukturisasi polis ini sangat positif. Hal ini ditandai dengan adanya 726 kontrak korporasi yang bersedia direstrukturisasi per 28 Desember 2020. Lanjut Ia, ini pula yang menjadi alasan manajemen Jiwasraya untuk mempercepat restrukturisasi polis tahap dua yang sudah berlangsung sejak 23 Desember lalu.

Kontan.co.id / 29-12-2020

  1. Gagal mediasi, seorang nasabah lanjut gugat Jiwasraya

Penyelesaian kasus Asuransi Jiwasraya mendapat tolakan dari pemegang polis. Seorang nasabah, Oerianto Guyandi mengajukan gugatan ke PN Jakarta Pusat karena menolak skema restrukturisasi polis yang ditawarkan Jiwasraya. Kuasa Hukum Oerianto, Ebeneser Ginting menyebut gugatan itu telah melewati tahap duplik yaitu jawaban atau tanggapan dari pihak Jiwasraya. Namun tanggapan itu belum menjawab substansi gugatan. Ia menyatakan ada skema pengembalian dana kliennya yang membutuhkan waktu 15 tahun. Lamanya waktu pengembalian dinilai merupakan solusi yang buruk.

Kontan.co.id / 29-12-2020

  1. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Dinilai Win-Win Solutions

Ekonom Universitas Indonesia (UI) Telisa Aulia Falianty mengatakan skema restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) merupakan jalan terbaik dalam upaya penyelamatan Jiwasraya. Telisa menilai opsi restrukturisasi polis yang ditawarkan manajemen baru Jiwasraya sudah berada pada jalur yang tepat. Ia mengatakan jika ini Ini sudah yang terbaik, win-win solutions yang sudah dipikirkan pemerintah dan para ahli. Ini sudah jalan tengah yang harus disyukuri, dengan kondisi anggaran yg terbatas di tengah kondisi pandemi juga, pemerintah sudah berusaha yang terbaik.

Republika.co.id / 29-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.130

IHSG (per 29 Desember 2020)

   6.023,29

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Kontan, Antaranews.com, Bisnis.com, Detik.com, Kontan.co.id, Republika.co.id, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF