AAJI Daily News - 14 Agustus 2020


Tanggal terbit (14 / 08 / 2020)

Jumat, 14 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Di kuartal II, asuransi jiwa bayar klaim Rp 216,02 miliar terkait Covid-19
  2. Ekonomi Terpuruk, Industri Asuransi Bisa Selamat dengan Cara Ini
  3. Klaim Avrist Assurance
  4. Nasib Nasabah Jiwasraya Terkatung-katung
  5. Pengembalian Dana MI Bisa Jadi Preseden Buruk
  6. Prudential Miliki 1000 Orang Tenaga Pemasar
  7. Perkenalkan! Tim Penyelesaian Polis Kresna Life, Utang Lunas?
  8. Tegas! OJK Desak Kresna Life Selesaikan Kasus Gagal Bayar
  9. Duh Mirip Jiwasraya! Kresna Life Janjikan Imbalan Fixed 9,5%
  10. Allianz Life Indonesia Raih Digital Transformation Award. Keren Abis!
  11. Cara Titi dan Christian Adaptasi Kebiasaan Baru
  12. AIA Luncurkan PHS EXTRA dengan Premi Terjangkau dan Nilai Proteksi Hingga Rp 65 Miliar
  13. Allianz Group Memberikan Bantuan Penanganan Covid-19 untuk SOS Children's Villages di Bali, Flores, dan Palu
  14. Allianz Group Bantu Penanganan Covid-19
  15. PRUForce dan PRUCekatan, Senjata Tenaga Pemasaran Atasi COVID-19
  16. Produk JS Saving Penyebab Keuangan Jiwasraya Jeblok
  17. OJK: Digitalisasi jadi Kunci IKNB Bertahan di Era Pandemi
  18. Chatib Basri: Dengan kanal digital, asuransi bisa lebih murah

TENTANG AAJI

Di kuartal II, asuransi jiwa bayar klaim Rp 216,02 miliar terkait Covid-19

Industri asuransi jiwa telah membayarkan klaim asuransi terkait corona (Covid-19) senilai Rp 216,02 miliar untuk 1.642 polis di kuartal kedua tahun 2020 menurut data AAJI.  Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus AAJI menyebutkan, pembayaran klaim tersebut sebagai bentuk komitmen asosiasi. Meski pemerintah telah menyatakan pandemi Covid-19 ditanggung pemerintah.

Kontan.co.id / 13-08-2020

Ekonomi Terpuruk, Industri Asuransi Bisa Selamat dengan Cara Ini

AAJI mendorong perusahaan asuransi untuk terus berinovasi dan bertransformasi ke digital agar selamat dari hantaman pandemi virus corona. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB, OJK mengatakan perubahan konsumsi dalam masyarakat sebagai dampak dari Covid-19, di mana kesiapan teknologi merupakan langkah yang harus dipenuhi oleh dunia usaha. Dengan demikian, OJK mendorong transformasi teknologi dalam pelaksanaan proses bisnis dan optimalisasi teknologi Informasi agar kegiatan operasional dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Today.line.me / 13-08-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Klaim Avrist Assurance

Per 10 Agustus 2020, Avrist Assurance telah membayar klaim Rp4.535.272.632 kepada nasabah suspected dan positif Covid-19, baik itu nasabah asuransi kumpulan maupun individu.

Investor Daily / 14-08-2020 Hal. 6

Nasib Nasabah Jiwasraya Terkatung-katung

Nasib, pemegang polis saving plan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) masih terkatung-katung. Padahal mereka sudah melayangkan surat ke Presiden Joko Widodo pada Selasa (4/8). Nasabah juga mengirim surat yang sama kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di tanggal yang sama. Salah satu nasabah mengatakan, surat-surat itu dikirim lantaran nasabah menilai masalah masih berlarut dan belum jelasnya penyelesaian polis nasabah.

Kontan / 14-08-2020 Hal. 23

Pengembalian Dana MI Bisa Jadi Preseden Buruk

Permintaan Kejagung kepada para manajer investasi tersangka korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk mengembalikan dana kelolaan Jiwasraya dinilai akan menjadi preseden buruk bagi industri pasar modal. Pengamat pasar modal Hans Kwee mengatakan, setiap investasi selalu mengandung risiko yang mengakibatkan kerugian. Karena itu investor tidak bisa menuntut ganti rugi atau meminta pengembalian pokok investasinya selama investasi dijalankan sesuai ketentuan.

Koran Sindo / 14-08-2020 Hal. 5

Prudential Miliki 1000 Orang Tenaga Pemasar

Asuransi Prudential Life Assurance (Prudential) saat ini sudah memiliki 1.000 tenaga pemasar. Tentunya banyaknya tenaga tersebut berbanding lurus dengan omset yang diraih. Memiliki 1.000 tenaga pasar asuransi membuat Prudential mendapatkan Million Dollar Round Table (MDRT) 2020. Pencapaian ini merupakan salah satu bukti komitmen jangka panjang perusahaan untuk senantiasa memperkuat jaringan tenaga pemasar profesional yang future ready serta membangun kewirausahaan guna mendorong pertumbuhan literasi dan inklusi keuangan.

Beritajatim.com / 13-08-2020

Perkenalkan! Tim Penyelesaian Polis Kresna Life, Utang Lunas?

Ketua Tim Penyelesaian Polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa dan Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna, Supriyadi menyebut, pihaknya berkomitmen dengan itikad baik ingin menyelesaikan setiap proses yang ada untuk mencapai solusi terbaik, win win solution melalui musyawarah mufakat secara kekeluargaan. Supriyadi mengatakan, saat ini perusahaan telah menunjuk Tim Penyelesaian Polis (TPP) untuk membantu Kresna Life untuk memperbaiki dan meningkatkan komunikasi dengan Pemegang Polis.

Cnbcindonesia.com / 13-08-2020

Tegas! OJK Desak Kresna Life Selesaikan Kasus Gagal Bayar

OJK meminta PT Asuransi Jiwa Kresna (AJK) atau Kresna Life segera membahas dengan nasabah mengenai upaya penyelesaian polis yang sebelumnya gagal dibayar manfaatnya. Hal ini sebagai respons regulator setelah sebelumnya para nasabah menyambangi Wisma Mulia OJK, terkait penyelesaian sepihak dari Kresna Life. Kresna juga wajib menyampaikan rencana penyehatan keuangan secara jelas, berikut dengan sumber dana termasuk waktu penyelesaian dengan pemegang polis.

Cnbcindonesia.com / 13-08-2020

Duh Mirip Jiwasraya! Kresna Life Janjikan Imbalan Fixed 9,5%

Kasus gagal bayar manfaat polis dua produk asuransi yang dialami PT Asuransi Jiwa Kresna (AJK) belum selesai. OJK pun meminta manajemen Kresna Life untuk segera membahas skema penyelesaian pembayaran manfaat kepada nasabah. Ada fakta menarik terkait dengan pola yang mirip dengan kasus gagal bayar asuransi jiwa sebelumnya yakni menawarkan bunga pasti (fixed return). Untuk produk K-Lita Kresna, manfaat investasi yang ditawarkan sejak 10 Juni 2019 cukup tinggi, di atas rata-rata deposito perbankan bahkan ada yang manfaat investasi per tahunnya mencapai 9,75% fixed rate.

Cnbcindonesia.com / 13-08-2020

Allianz Life Indonesia Raih Digital Transformation Award. Keren Abis!

Belum lama ini Allianz Life Indonesia meraih penghargaan 'Digital Transformation of the Year' di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada tanggal 27 Juli 2020. Allianz Life Indonesia pun menjadi satu-satunya perusahaan asuransi dari Indonesia yang dinominasikan. Sejak Oktober tahun lalu, Allianz Life Indonesia telah mendigitalisasi semua proses penjualan dan proses pengajuan klaim asuransi kesehatan. Transformasi ini memang sangat relevan dengan keadaan kita dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Grid.id / 13-08-2020

Cara Titi dan Christian Adaptasi Kebiasaan Baru

Dalam peluncuran PHS EXTRA AIA menggandeng Brand Ambassador AIA yang baru, pasangan selebritas Christian Sugiono dan Titi Kamal yang akan mendukung AIA dalam mewujudkan komitmennya membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik. Christian Titi Kamal, Brand Ambassador AIA, mengatakan, sebagai ibu yang memiliki anak, sudah menyiapkan berbagai persiapan keuangan agar anak anak dapat meraih berbagai aspirasinya di masa depan.

Inilahkoran.com / 13-08-2020

AIA Luncurkan PHS EXTRA dengan Premi Terjangkau dan Nilai Proteksi Hingga Rp 65 Miliar

PT AIA Financial (AIA) kembali berinovasi dengan meluncurkan produk proteksi kesehatan terbarunya yakni Premier Hospital & Surgical Extra (PHS EXTRA). Produk ini merupakan pengembangan dari produk Premier Hospital & Surgical yang menjadi produk unggulan dari AIA. PHS EXTRA dirancang dengan berbagai fitur terbaru dengan premi terjangkau. Chief Marketing Officer AIA Lim Chet Ming, menjelaskan jika premi PHS EXTRA memiliki premi terjangkau dengan nilai proteksi tinggi, dengan maksimal total limit hingga Rp 65 miliar.

Kompas.com / 13-08-2020

Allianz Group Memberikan Bantuan Penanganan Covid-19 untuk SOS Children's Villages di Bali, Flores, dan Palu

Melihat krisis yang dihadapi oleh dunia saat ini, SOS Children’s Villages selama penanganan Covid-19 fokus memberikan bantuan dan dukungan kepada lebih dari 2.400 keluarga rentan, diantaranya lebih dari 4600 anak di komunitas yang berlokasi di 10 kota Indonesia melalui Family Strengthening Program (FSP). Allianz Group membantu dalam mendukung tercukupinya kebutuhan yang esensial bagi ratusan keluarga, terutama di Palu, Bali, dan Flores. Ratusan keluarga mendapatkan bantuan berupa Care Package seperti sembako, vitamin, susu, serta kebutuhan kebersihan.

Kontan.co.id / 13-08-2020

Allianz Group Bantu Penanganan Covid-19

National Director SOS Children’s Villages Indonesia Gregor Hadi Nitihardjo mengatakan ada lebih dari 2.400 keluarga yang didampingi oleh SOS Children’s Villages dari sebelum mewabahnya covid-19, dari ujung barat hingga timur Indonesia. Pihaknya berkomitmen untuk setidaknya memastikan ribuan keluarga rentan ini mampu melewati krisis. Ia menambahkan, Allianz Group turut membantu dalam mendukung tercukupinya kebutuhan yang esensial bagi ratusan keluarga, terutama di Palu, Bali, dan Flores.

Medcom.id / 13-08-2020

PRUForce dan PRUCekatan, Senjata Tenaga Pemasaran Atasi COVID-19

Prudential Indonesia menyediakan perangkat bagi tenaga pemasar untuk dapat merespons tuntutan bisnis yang terus berubah-ubah. PRUForce, aplikasi mobile yang menghadirkan beragam fitur yang membantu dan mempermudah akses tenaga pemasar ke laporan penjualan secara langsung, kapan saja dan di mana saja, serta akses ke pelatihan online. Prudential Indonesia juga meluncurkan PRUCekatan sebagai solusi dalam memperoleh rangkaian pilihan produk asuransi lengkap melalui tatap muka virtual di tengah di tengah penerapan physical distancing selama pandemik.

Sindonews.com / 13-08-2020

Produk JS Saving Penyebab Keuangan Jiwasraya Jeblok

PT Asuransi Jiwasraya (persero) dinilai telah membuat kesalahan dengan diterbitkannya produk JS Saving Plan. Adanya produk ini dinilai menjadi penyebab jebloknya kinerja Jiwasraya yang hingga akhir 2019 tercatat memiliki utang hingga Rp52 triliun. Dalam lanjutan persidangan kasus Jiwasraya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, saksi ahli Irvan Rahardjo mengatakan imbal hasil dalam produk JS Saving Plan justru menambah beban Jiwasraya. Apalagi imbal hasil atau return yang pasti dijanjikan antara 9-13 persen.

Medcom.id / 13-08-2020

REGULASI & MAKRO EKONOMI

OJK: Digitalisasi jadi Kunci IKNB Bertahan di Era Pandemi

Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi menjelaskan bahwa kesiapan teknologi merupakan langkah yang harus dipenuhi oleh dunia usaha. Namun, dalam kondisi andemic ini, kebutuhan akan teknologi menjadi lebih urgen. Hal tersebut membuat otoritas mendorong transformasi teknologi dalam pelaksanaan proses bisnis. Selain itu, optimalisasi teknologi informasi pun perlu dilakukan agar kegiatan operasional industri dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Bisnis.com / 13-08-2020

Chatib Basri: Dengan kanal digital, asuransi bisa lebih murah

Pemasaran asuransi secara digital perluas akses masyarakat. 

Halloindo.com / 13-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.775

IHSG (per 13 Agustus  2020)

   5.239,25

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, Kontan, Koran Sindo, Suara Pembaruan, Beritajatim.com, Berempat, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Grid.id, Halloindo.com, Inilahkoran.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Sindonews.com, Today.line.me.

DOWNLOAD PDF