AAJI Daily News - 18 Desember 2020


Tanggal terbit (18 / 12 / 2020)

Jumat, 18 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. OJK Buka Wacana Buat Rambu-rambu Penempatan Investasi Asuransi
  2. OJK Wacanakan Aturan Penempatan Investasi Asuransi
  3. Komprehensif Usut Kasus Jiwasraya
  4. Kresna Life PKPU, Cicilan Polis Tertunda
  5. Premi Unitlink BNI Life Naik
  6. Nasabah Desak OJK Ambil Tindakan Terkait PKPU Kresna Life
  7. Pemegang Polis Jiwasraya Dukung Restrukturisasi
  8. Nasabah minta OJK ambil tindakan terkait PKPU Kresna Life
  9. PKPU Kresna Life Dikabulkan, Nasabah Sedih, Bahkan Depresi...
  10. Nasabah Tuntut OJK Tanggung Jawab Kasus Jiwasraya
  11. Mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim Kembali Diperiksa
  12. Jiwasraya Dapat Restu Restrukturisasi Polis dari 656 Korporasi
  13. Nasabah: PKPU Kresna Life bertentangan dengan undang-undang
  14. Mengerikan, Ada Profesional Money Laundering di Kasus Jiwasraya
  15. Migrasi Polis ke IFG Life Ditarget Selesai Q2 2020
  16. Tia, Salah Satu Nasabah Jiwasraya Berharap Preminya Bisa Dibayar
  17. Banyak Langgar Aturan, Akhirnya OJK Lakukan Ini ke Kresna Life

TENTANG AAJI

OJK Buka Wacana Buat Rambu-rambu Penempatan Investasi Asuransi

Evaluasi OJK mengenai pemasaran PAYDI menemukan adanya moral hazard yang dilakukan oleh perusahaan asuransi. Hal itu mendorong regulator membuka wacana untuk membuat rambu-rambu lebih lanjut mengenai penempatan investasi. Imbasnya, penerbitan aturan PAYDI diprediksi molor. Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK Ahmad Nasrullah mengungkapkan, pengaturan lebih lanjut itu bukan bermaksud mengarahkan kebijakan investasi perusahaan asuransi pada instrumen tertentu saja. Tapi rambu-rambu yang memungkinkan risiko peserta asuransi bisa lebih terukur.

Investor.id / 17-12-2020

OJK Wacanakan Aturan Penempatan Investasi Asuransi

Evaluasi OJK mengenai pemasaran PAYDI menemukan adanya moral hazard yang dilakukan oleh perusahaan asuransi. Hal itu mendorong regulator membuka wacana untuk membuat rambu-rambu lebih lanjut mengenai penempatan investasi. Imbasnya, penerbitan aturan PAYDI diprediksi molor. Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK Ahmad Nasrullah mengungkapkan, pengaturan lebih lanjut itu bukan bermaksud mengarahkan kebijakan investasi perusahaan asuransi pada instrumen tertentu saja. Tapi rambu-rambu yang memungkinkan risiko peserta asuransi bisa lebih terukur.

Investor Daily / 18-12-2020 Hal. 23

INDUSTRI & ASURANSI

Komprehensif Usut Kasus Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menawarkan skema resrtukturisasi untuk anggota forum korban BUMN tersebut. Namun, para nasabah pemegang polis Jiwasraya Saving Plan tidak puas dengan tawaran itu dan meminta win-win solution. Forum korban menyebut skema resrtukturisasi itu tidak jelas. Selain Jiwasraya, OJK dan Kementerian BUMN harus bertanggung jawab. Karena itu, forum korban meminta OJK melakukan mediasi dengan pemerintah.

Jawa Pos / 18-12-2020 Hal. 3

Kresna Life PKPU, Cicilan Polis Tertunda

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan PKPU yang dialamatkan ke Kresna Life dari nasabah bernama Lukman Wibowo dengan dikabulkannya PKPU, pembayaran kewajiban kepada pemegang polis ikut tertunda. Padahal pembayaran klaim sudah berjalan, sebelum PKPU dikabulkan. Ketua Tim Penyelesaian Polis Kresna Life Supriyadi memperkirakan, klaim nasabah akan kembali dibayar setelah proses hukum ini selesai. Saat ini ia hanya bisa menghormati proses hukum yang berjalan.

Kontan / 18-12-2020 Hal. 10

Premi Unitlink BNI Life Naik

Strategi BNI Life Insurance fokus pada bisnis unitlink membuahkan hasil. Hal ini tercermin dari peningkatan pendapatan premi pada produk tersebut hingga September 2020. Direktur Keuangan BNI Life, Eben Eser Nainggolan menjelaskan, pihaknya berhasil memperoleh premi unitlink pada kuartal ketiga 2020 sebesar Rp1,45 triliun. Pencapaian tersebut naik 2,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Direktur BNI Life, Neny Asriani menyatakan, perusahaan ini akan lebih fokus meningkatkan porsi produk-produk unitlink.

Kontan / 18-12-2020 Hal. 10

Nasabah Desak OJK Ambil Tindakan Terkait PKPU Kresna Life

Nasabah Asuransi Jiwa Kresna Life meminta OJK mengambil tindakan terkait PKPU perusahaan asuransi jiwa tersebut             yang dinilai merugikan nasabah. Nurlaila, nasabah Kresna Life, menilai hal tersebut janggal dan sangat meresahkan          nasabah karena pasal 50 UU RI No. 40 tahun 2014. Nasabah meminta OJK agar segera mengambil tindakan yang      diperlukan karena PKPU tersebut dianggap bertentangan dengan UU yang berlaku dan akan sangat merugikan nasabah.

Koran Jakarta / 18-20-2020 Hal. 5

Pemegang Polis Jiwasraya Dukung Restrukturisasi

Tim Percepatan Resrtukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat 656 kontrak pemegang polis korporasi yang telah bersedia mengikuti program restrukturisasi polis Jiwasraya hingga Selasa (15/12). Anggota Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya Jangka Menengah, Indra Widjaja, mengatakan, angka ini mengalami peningkatan yang pesat sejak diumumkan program resrtukturisasi untuk pemegang polis korporasi pada Agustus 2020. Hal ini tidak lepas dari pengertian seluruh pemegang polis menyikapi kondisi keuangan Jiwasraya saat ini.

Republika / 18-12-2020 Hal. 5

Nasabah minta OJK ambil tindakan terkait PKPU Kresna Life

Nasabah Kresna Life meminta OJK untuk mengambil tindakan terkait PKPU perusahaan asuransi jiwa tersebut yang dinilai merugikan nasabah. Salah seorang nasabah Kresna Life, Nurlaila, menilai hal tersebut janggal dan sangat meresahkan nasabah karena Pasal 50 UU RI No. 40 tahun 2014. Nasabah meminta OJK agar segera mengambil tindakan yang diperlukan karena PKPU tersebut dianggap bertentangan dengan UU yang berlaku dan akan sangat merugikan nasabah.

Antaranews.com / 17-12-2020

PKPU Kresna Life Dikabulkan, Nasabah Sedih, Bahkan Depresi...

PN Jakarta Pusat mengabulkan permohonan PKPU Sementara atas Kresna Life. PKPU yang dikabulkan Pengadilan ini ditolak nasabah. Mereka meminta agar OJK segera mengambil tindakan yang diperlukan karena PKPU tersebut dianggap bertentangan dengan Undang-undang yang berlaku dan merugikan nasabah. Dalam pertemuan nasabah dengan manajemen Kresna 15 Desember 2020, perwakilan nasabah menyatakan, adanya PKPU ini, Kresna tidak dapat melakukan pembayaran walaupun terhadap nasabah-nasabah yang sudah menanda tangani Perjanjian Kesepakatan Bersama (PKB).

Cnbcindonesia.com / 17-12-2020

Nasabah Tuntut OJK Tanggung Jawab Kasus Jiwasraya

Menjelang akhir tahun, isu mengenai kasus PT Asuransi Jiwasraya masih terus memanas. Berlarut-larutnya kasus ini pun membuat nasabah korban Asuransi Jiwasraya menuntut OJK bertanggung jawab. Apalagi, OJK merupakan pihak yang memberikan izin produk saving plan untuk dipasarkan. Hal senada diungkapkan Kerman, nasabah Jiwasraya lainnya. Ia menyesalkan peran OJK sebagai regulator. Menurut dia OJK sudah mengetahui kondisi keuangan Jiwasraya yang tidak sehat namun masih tetap memberikan izin produk.

Detik.com / 17-12-2020

Mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim Kembali Diperiksa

Hendrisman Rahim diperiksa KPK terkait kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Mantan Dirut Jiwasraya itu diperiksa dengan memakai masker dan tangan diborgol.

Detik.com / 17-12-2020

Jiwasraya Dapat Restu Restrukturisasi Polis dari 656 Korporasi

Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat 656 kontrak polis korporasi telah bersedia mengikuti program restrukturisasi polis hingga 15 Desember. Jumlah itu setara dengan 31% dari total kontrak polis korporasi sebanyak 2.094 kontrak. Jumlah ini meningkat pesat sejak Tim Percepatan Restrukturisasi mengumumkan program restrukturisasi untuk pemegang polis korporasi pada Agustus 2020 lalu. Sebelumnya, nasabah korporasi yang setuju direstrukturisasi sebanyak 577 perusahaan per 27 November 2020.

Katadata.co.id / 17-12-2020

Nasabah: PKPU Kresna Life bertentangan dengan undang-undang

PKPU Kresna Life menuai polemik. Seorang nasabah Kresna Life, Nurlaila menyebut, penetapan PKPU tersebut dianggap janggal dan meresahkan. Menurut Pasal 50 UU RI No. 40 tahun 2014, permohonan pernyataan pailit terhadap perusahaan asuransi berdasarkan Undang-Undang ini hanya dapat diajukan oleh OJK. Atas hal itu, ia meminta OJK segera mengambil tindakan karena PKPU dianggap bertentangan dengan UU yang berlaku. Akibat penetapan itu, Kresna Life tidak dapat melakukan pembayaran walau nasabah sudah menanda tangani Perjanjian Kesepakatan Bersama (PKB).

Kontan.co.id / 17-12-2020

Mengerikan, Ada Profesional Money Laundering di Kasus Jiwasraya

Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) temui pengungkapan atau temuan baru. Di mana dalam kasus ini negara dirugikan hingga Rp37 triliun. Dalan laporan 2020, disampaikan bahwa ada kelompok profesional yang ahli mengenai keuangan dan pasar modal, yang dinamai PPATK sebagai profesional money laundering, ikut berperan dalam bisnis asuransi, sebelum perseroan asuransi plat merah tertua di Indonesia itu mendapat intervensi pemerintah untuk menyelamatkan dana nasabah atau pemegang polis.

Okezone.com / 17-12-2020

Migrasi Polis ke IFG Life Ditarget Selesai Q2 2020

Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat terdapat 656 kontrak polis korporasi yang telah bersedia mengikuti program Restrukturisasi Polis Jiwaraya hingga 15 Desember 2020. Migrasi polis Jiwasraya ke IFG Life ditargetkan selesai pada kuartal II 2021. Sebagaimana diketahui, selain membentuk Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya, pemerintah melalui jajaran manajemen baru Jiwasraya juga telah membentuk Tim Satgas Restrukturisasi Polis Jiwasraya yang berfungsi sebagai pelaksana teknis program Restrukturisasi Polis Jiwasraya.

Republika.co.id / 17-12-2020

Tia, Salah Satu Nasabah Jiwasraya Berharap Preminya Bisa Dibayar

Salah satu nasabah Jiwasraya, Tia berharap premi pendidikan yang rutin dia bayar sejak 9 tahun lalu bisa dicairkan karena digunakan untuk biaya pendidikan anaknya saat ini. Apalagi di masa pandemi ini, dia berharap uang itu ada karena saat ini dia juga tengah membutuhkan biaya lebih akibat terdampak pandemi. Awalnya saat anak akan masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), premi dibayar dan lancar. Namun belakangan karena adanya kasus tersebut, dia khawatir preminya yang harusnya cair tahun ini belum juga cair karena Jiwasraya tersandung kasus korupsi.

Tribunnews.com / 17-12-2020

Banyak Langgar Aturan, Akhirnya OJK Lakukan Ini ke Kresna Life

Kresna Life kembali dijatuhi sanksi oleh OJK. Dalam pengumuman resmi, OJK memberlakukan pembatasan kegiatan usaha karena melanggar sejumlah aturan, terutama berkaitan dengan tidak terpenuhinya rekomendasi dan sanksi hasil pemeriksaan tahun 2020. Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK, Moch Ihsanuddin, mengungkapkan bahwa salah satu poin pelanggaran tersebut adalah Kresna Life tidak menurunkan konsentrasi penempatan investasi pada pihak terafiliasi Grup Kresna sesuai dengan Pasal 5 Ayat (1) POJK Nomor 71/POJK.05.2016. Kresna Life juga tidak memenuhi ketentuan mengenai penyelesaian kewajiban terhadap seluruh pemegang polis.

Wartaekonomi.co.id / 17-12-2020

 

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.108

IHSG (per 17 Desember  2020)

   6.113,38

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Jawa Pos, Kontan, Koran Jakarta, Republika, Antaranews.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Inestor.id, Katadata.co.id, Okezone.com, Republika.co.id, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF