AAJI Daily News - 15 Desember 2020


Tanggal terbit (15 / 12 / 2020)

Selasa, 15 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. Penyaluran kredit hasil penempatan dana capai Rp280,96 triliun
  2. Nasabah Jiwasraya Minta Perlindungan
  3. Digitalisasi Dukung Pertumbuhan Bisnis Asuransi 2021
  4. Menjelang Akhir Tahun, Tugu Insurance Raih Tiga Penghargaan
  5. Nasabah Saving Plan Jiwasraya Tolak Program Restrukturisasi Polis
  6. [Foto] Tebar Semangat
  7. Produk Fund Prudential Life
  8. FWD Life Bergabung Dengan FWD Insurance
  9. Restrukturisasi Tak Menghapus Rugi
  10. Jiwasraya Mulai Restrukturisasi Polis Hari Ini! Berikut Cara Registrasi Nasabah
  11. Jiwasraya Mulai Restrukturisasi Polis Hari Ini! Berikut Cara Registrasi Nasabah
  12. Prudential Indonesia Luncurkan PRUlink Syariah Rupiah Multi Asset Fund, Dana Investasi Campuran Saham Syariah Global
  13. Meski premi bancassurance turun, pemain asuransi siapkan strategi
  14. Taspen akan serap surat utang IFG senilai Rp 10 triliun, demi selamatkan Jiwasraya
  15. Kuartal III, Generali Indonesia Catat Premi Rp1,7 Triliun
  16. Sambut Restrukturisasi, Nasabah Jiwasraya Mulai Registrasi
  17. Kini Hadir PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund
  18. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Dimulai, Ada 3 Pilihan Kanal untuk Registrasi

TENTANG AAJI

Penyaluran kredit hasil penempatan dana capai Rp280,96 triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan realisasi penyaluran kredit hasil penempatan dana pemerintah mencapai Rp280,96 triliun hingga 9 Desember 2020. Pemerintah menempatkan dana negara total sudah mencapai Rp66,75 triliun kepada empat Himbara sebesar Rp47,5 triliun, 21 BPD sebesar Rp16,25 triliun dan tiga bank Syariah Rp3 triliun. Rata-rata rasio kredit macet (NPL) bank umum mitra mencapai 2,98 persen dengan rata-rata suku bunga kredit mencapai 2,1 persen.

Antaranews.com / 14-12-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Jiwasraya Minta Perlindungan

Forum Korban BUMN PT Asuransi Jiwasraya (Persero) meminta perlindungan kepada pemerintah dan OJK agar berpihak kepada nasabah. Roganda P. Manullang, salah seorang perwakilan nasabah Jiwasraya, menyatakan bahwa penjelasan tentang skema resrtukturisasi polis masih abu-abu. Mereka pun merasa tidak dilibatkan dalam pembahasan skema itu. Dia menilai bahwa kondisi tersebut membuat sejumlah nasabah saving plan menolak skema resrtukturisasi polis karena adanya tawaran pemotongan nilai tunai.

Bisnis Indonesia / 15-12-2020 Hal. 15

Digitalisasi Dukung Pertumbuhan Bisnis Asuransi 2021

Kinerja industry asuransi di Tanah Air diproyeksikan pulih pada 2021 seiring dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi. Berkaitan itu, ada empath al yang mendukung pertumbuhan bisnis asuransi tahun depan, salah satunya penerapan digitalisasi. Menurut Peneliti Senior sekaligus Ekonom PT BEI Poltak Hotradero, penggunaan teknologi digital bagi perusahaan asuransi akan melahirkan kemampuan mengolah data-data yang dibutuhkan, sehingga perusahaan asuransi yang semakin mengerti kebutuhan konsumen akan menjadi pilihan utama.

Investor Daily / 15-12-2020 Hal. 23

Menjelang Akhir Tahun, Tugu Insurance Raih Tiga Penghargaan

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk menerima tiga penghargaan sekaligus dalam The Finance Top 20 Financial Institution Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Digital Media Infobank Group, Kamis (10/12). Ketiga penghargaan tersebut adalah Juara 1 Top 20 General Insurance kategori Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp2,5 triliun ke atas, Best of the Best CFO 2020 kategroi General Insurance, serta Best Chief Financial Officer 2020 kategori Best CFO Asuransi Umum untuk Muhammad Syahid selaku Direktur Keuangan dan Layanan Korporat Tugu Indurance.

Investor Daily / 15-12-2020 Hal. 23

Nasabah Saving Plan Jiwasraya Tolak Program Restrukturisasi Polis

Para pemegang polis JS Saving Plan yang tergabung dalam Forum Korban BUMN Jiwasraya menegaskan menolak pendekatan resrtukturisasi dengan tujuan menyelamatkan nilai dan manfaat polis. Pengembalian dana hingga 15 tahun tanpa bunga dinilai menjadi pelakuan yang tidak adil atau bahkan intimidatif. Perwakilan polis JS Saving Plan lainnya, Roganda Manullang mengatakan bahwa program resrtukturisasi polis yang digelar Jumat (11/12) oleh manajemen tidak menjelaskan secara gambling. Ia menuturkan, nasabah hanya disodori hasil akhir yang tidak ada satupun opsi yang adil.

Investor Daily / 15-12-2020 Hal. 24

[Foto] Tebar Semangat

Chief Executive Officer Generali Indonesia Edy Tuhirman, Direktur dan Chief Legal & Compliance Arry B Wibowo dan Chief Marketing Officer Vivin Arbianti Gautama meluncurkan sosial movement #GeneraliTebarSemangat di Jakarta, Jumat (11/12). Inisiatif Generali tersebut bertujuan menggerakkan masyarakat untuk dapat mengurangi dampak pandemic pada Kesehatan mental dan di waktu yang sama mengumpulkan donasi bagi mereka yang terkena dampak pandemic.

Media Indonesia / 15-12-2020 Hal. 12

Produk Fund Prudential Life

PT Prudential Life Assurance meluncurkan dana investasi PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund. Dana investasi campuran Syariah dengan mata uang rupiah itu memberikan akses kepada nasabah terhadap investasi yang lebih stabil dengan diversifikasi aset-aset Syariah dalam negeri dan luar negeri. Produk ini diharapkan bisa memberikan imbal hasil yang lebih optimal dalam berbagai kondisi ekonomi.

Kontan / 15-12-2020 Hal. 10

FWD Life Bergabung Dengan FWD Insurance

FWD Life resmi bergabung dengan FWD Insurance yang sebelumnya dikenal dengan nama Commonwealth Life. Mengutip laman FWD Indonesia, perusahaan asuransi jiwa gabungan ini dikenal sebagai FWD Insurance. Menindaklanjuti penggabungan itu, OJK mencabut izin usaha PT FWD Life Indonesia per 1 Desember 2020.

Kompas / 15-12-2020 Hal. 10

Restrukturisasi Tak Menghapus Rugi

Kekecewaan tergambar dari raut wajah Kerman, salah seorang nasabah pemegang polis Jiwasraya Saving Plan. Dia menolak mentah-mentah skema resrtukturisasi yang ditawarkan manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan Kementerian BUMN berupa pengembalian 15 tahun tanpa bunga. Kerman menganggap skema itu merugikan. Ia mengatakan, dari awal diskusi penentuan skema, pihaknya tidak pernah diikutsertakan. Kerman menyuarakan penolakan bersama dengan ratusan pemegang polis lain yang merasa dirugikan.

Koran Tempo / 15-12-2020 Hal. 11

Jiwasraya Mulai Restrukturisasi Polis Hari Ini! Berikut Cara Registrasi Nasabah

Program restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) resmi dimulai pada hari ini, Senin (14/12). Seluruh nasabah diimbau untuk melakukan registrasi data melalui tiga kanal pelayanan. Pertama, dapat mengakses tautan www.jiwasraya.co.id/restru atau pesan WA ke nomor 08111465031. Kedua, dapat menghubungi bank penjual di kota masing-masing atau menghubungi WA khusus untuk polis bancassurance di nomor 081319680087. Ketiga, pemegang polis pertanggungan kumpulan akan dihubungi secara langsung oleh Corporate Business Relationship Jiwasraya.

Bisnis.com / 14-12-2020

Jiwasraya Mulai Restrukturisasi Polis Hari Ini! Berikut Cara Registrasi Nasabah

Program restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) resmi dimulai pada hari ini, Senin (14/12). Seluruh nasabah diimbau untuk melakukan registrasi data melalui tiga kanal pelayanan. Pertama, dapat mengakses tautan www.jiwasraya.co.id/restru atau pesan WA ke nomor 08111465031. Kedua, dapat menghubungi bank penjual di kota masing-masing atau menghubungi WA khusus untuk polis bancassurance di nomor 081319680087. Ketiga, pemegang polis pertanggungan kumpulan akan dihubungi secara langsung oleh Corporate Business Relationship Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 14-12-2020

Prudential Indonesia Luncurkan PRUlink Syariah Rupiah Multi Asset Fund, Dana Investasi Campuran Saham Syariah Global

Prudential Indonesia hari ini meluncurkan dana investasi PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund. Inovasi ini merupakan dana investasi campuran berbasis syariah dengan mata uang rupiah yang memberikan akses kepada nasabah terhadap investasi yang lebih stabil dengan diversifikasi aset-aset syariah dalam negeri dan luar negeri untuk imbal hasil yang lebih optimal dalam berbagai kondisi ekonomi. PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund diluncurkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah yang memiliki potensi sangat besar.

Kontan.co.id / 14-12-2020

Meski premi bancassurance turun, pemain asuransi siapkan strategi

Hingga September 2020 lalu penerimaan premi dari bancassurance turun 16,9% yoy berdasarkan data OJK. Penurunan itu berdampak besar terhadap bisnis asuransi karena bancassurance berkontribusi 21,8% dari total premi industri. Direktur Bancassurance Great Eastern Life Indonesia Nina Ong mengatakan, perusahaan terus memperkuat sinergi yang sudah terjalin dengan bank partner dengan melakukan berbagai program dan inisiatif yang dapat meningkatkan produktivitas dari sisi bank seller, financial advisor serta berbagai program menarik untuk nasabah.

Kontan.co.id / 14-12-2020

Taspen akan serap surat utang IFG senilai Rp 10 triliun, demi selamatkan Jiwasraya

Guna mendukung solvabilitas IFG Life, pada 2021, IFG akan menerbitkan surat utang yang akan diserap oleh Taspen sebesar Rp 10 triliun dengan tenor dua tahun diperkirakan dapat dilunasi sebelum jatuh tempo. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, investasi surat utang Taspen itu hanya bersifat bridging atau menjembatani pendanaan ke IFG Life karena beban fiskal pemerintah berat. Baru kemudian pemerintah mengalokasikan PMN Rp 10 triliun plus bunga pada RAPBN 2022.

Kontan.co.id / 14-12-2020

Kuartal III, Generali Indonesia Catat Premi Rp1,7 Triliun

Generali Indonesia mencatat perolehan premi lebih dari Rp1,7 triliun dengan premi lanjutan yang bertumbuh sebesar empat persen secara tahun ke tahun (yoy) pada kuartal ketiga 2020. Pencapaian itu ditorehkan di tengah pandemi covid-19. Kemudian, Generali membukukan laba setelah pajak sebesar Rp137 miliar di kuartal III-2020 atau tumbuh 19 persen dibandingkan dengan laba yang tercatat pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Sedangkan Rasio Solvabilitas (RBC) tercatat sebesar 393 persen yang artinya neraca keuangan dalam kondisi sehat.

Medcom.id / 14-12-2020

Sambut Restrukturisasi, Nasabah Jiwasraya Mulai Registrasi

Pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyambut baik pengumuman program restrukturisasi yang telah dilakukan Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya. Nasabah mulai melakukan registrasi polis mereka sebagai tahapan awal proses. Salah satu pemegang polis Jiwasraya, Sumaarto, menyampaikan, ia akan melakukan resgistrasi data polis sebagaimana yang diserukan oleh Tim Percepatan Restrukturisasi. Namun, dia berharap proses restrukturisasi dapat dilakukan dengan sederhana dan setiap tahapannya punya batasan waktu yang lebih jelas.

Republika.co.id / 14-12-2020

Kini Hadir PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund

Prudential Indonesia hari ini meluncurkan dana investasi PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund. Inovasi ini merupakan dana investasi campuran berbasis syariah dengan mata uang rupiah yang memberikan akses kepada nasabah terhadap investasi yang lebih stabil dengan diversifikasi aset-aset syariah dalam negeri dan luar negeri untuk imbal hasil yang lebih optimal dalam berbagai kondisi ekonomi. PRULink Syariah Rupiah Multi Asset Fund diluncurkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah yang memiliki potensi sangat besar.

Suara.com / 14-12-2020

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Dimulai, Ada 3 Pilihan Kanal untuk Registrasi

Program restrukturisasi polis akan resmi dimulai per hari ini. Seluruh nasabah diimbau untuk melakukan registrasi data lewat salah satu dari tiga kanal pelayanan. Pertama, dapat mengakses tautan www.jiwasraya.co.id/restru atau melalui pesan WA ke nomor 08111465031. Kedua, dapat menghubungi bank penjual di kota masing-masing atau menghubungi WA khusus untuk polis bancassurance di nomor 081319680087. Ketiga, pemegang polis pertanggungan kumpulan akan dihubungi secara langsung oleh Corporate Business Relationship Jiwasraya.

Tempo.co / 14-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.095

IHSG (per 14 Desember 2020)

   6.012,52

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Media Indonesia, Kontan, Kompas, Koran Tempo, Antaranews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Republika.co.id, Suara.com, Tempo.co.

 

DOWNLOAD PDF