AAJI Daily News - 27 Oktober 2020


Tanggal terbit (27 / 10 / 2020)

Selasa, 27 Oktober 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. AAJI: Klaim Asuransi Jiwa Rata-rata Tumbuh 14% Per Tahun
  2. Agen Asuransi Bertambah
  3. [Foto] Tenaga Pemasar Asuransi
  4. Kesadaran Masyarakat soal Asuransi Jiwa Meningkat saat Pandemi
  5. Kisah Andy F. Noya Manfaatkan Asuransi, dari Pendidikan Anak hingga Saat Sakit
  6. Hadapi Pandemi, AXA Mandiri Perkuat Proses Bisnis dan IT
  7. Pandemi Dorong Digitalisasi dan Kesadaran Masyarakat Berasuransi
  8. Jumlah agen asuransi menanjak di masa pandemi
  9. Asuransi dijual online, OJK siapkan aturan mitigasi risiko
  10. Peringati Hari Asuransi, AAJI Bantu Guru yang Terdampak Pandemi
  11. Di Tengah Pandemi Covid-19 Peminat Profesi Agen Asuransi Jiwa Meningkat
  12. Laris Manis Asuransi karena Pandemi
  13. AAJI Upayakan Genjot Edukasi dan Literasi Sejak Tingkat PAUD
  14. Pengamat: Kalau Tak Ada Kaitannya Kejahatan Jiwasraya, Memang Sebaiknya Dikembalikan
  15. Kesadaran Masyarakat soal Asuransi Jiwa Meningkat saat Pandemi
  16. Kesadaran Masyarakat soal Asuransi Jiwa Meningkat saat Pandemi
  17. AAJI: Klaim Asuransi Jiwa Rata-rata Tumbuh 14% Setiap Tahun
  18. AAJI Kerja Sama dengan BenihBaik.com Bantu Guru Terdampak Pandemi
  19. AAJI Upayakan Genjot Edukasi dan Literasi Sejak Tingkat PAUD
  20. Pengamat: Kalau Tak Ada Kaitannya Kejahatan Jiwasraya, Sebaiknya Dikembalikan
  21. Nasabah Kecil Menjadi Korban AJB Bumiputera
  22. WanaArtha di Jiwasraya
  23. Benny Tjokrosaputro Divonis Seumur Hidup
  24. Hak Nasabah WanaArtha Perlu Diperhatikan
  25. Nasabah Kecil Jadi Korban AJB Bumiputera
  26. [Foto] Perlindungan UMKM
  27. Nasabah Kecil Jadi Korban AJB Bumiputera
  28. Tagih Klaim, Nasabah WanaArtha Life hingga Bumiputera Turun Ke Jalan
  29. Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro-Heru Hidayat Hadapi Sidang Vonis Hari Ini
  30. Hakim Nyatakan Benny Tjokro Terbukti Lakukan TPPU di Kasus Jiwasraya
  31. Nasabah WanaArtha Life Berharap Jokowi Bantu Buka Aset Sitaan Kejagung
  32. Pengacara Benny Tjokro: WanaArtha Life tak terlibat Jiwasraya
  33. Bidik pebisnis dan UMKM, Allianz Life rilis asuransi mikro syariah Sekoci Amana
  34. Komisi Kejaksaan Pertanyakan Pemblokiran Rekening Benny di WanaArtha
  35. Kasus Jiwasraya, Komjak Minta Kejagung Jelaskan Alasan Sita Rekening WanaArtha

TENTANG AAJI

AAJI: Klaim Asuransi Jiwa Rata-rata Tumbuh 14% Per Tahun

AAJI menyatakan dalam lima tahun terakhir rata-rata pertumbuhan klaim sebesar 14%. Diharapkan penetrasi asuransi meningkat, sehingga manfaat asuransi bisa dirasakan lebih banyak masyarakat. Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono menilai, kesadaran berasuransi masyarakat perlu terus ditingkatkan melalui serangkaian program edukasi. Dengan begitu, nasabah asuransi bisa semakin banyak dan kontribusi perusahaan asuransi terhadap kesejahteraan masyarakat pun maksimal. Kontribusi yang dimaksud bisa dilihat dari nilai klaim/manfaat yang dibayarkan.

Investor Daily / 27-10-2020 Hal. 23

Agen Asuransi Bertambah

AAJI mencatat, hingga semester I 2020 jumlah agen berlisensi industri asuransi jiwa mencapai 648.949 orang. Realisasi itu meningkat 8,5% dibandingkan realisasi tahun lalu yakni 598.029 orang. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyebut, peningkatan tenaga pemasar tersebut menjadi upaya perusahaan asuransi membuka peluang kerja baru. Dengan begitu, aktivitas ekonomi bisa embila pulih meski hadapi embilan. Seiring peningkatan itu, AAJI juga meluncurkan lisensi keganen berbasis mobile.

Kontan / 27-10-2020 Hal. 10

[Foto] Tenaga Pemasar Asuransi

AAJI mencatat, pada semester I-2020, industri asuransi jiwa memiliki 648.949 tenaga pemasar, tumbuh 8,5% yoy dibandingkan semester I-2019 yang sebanyak 589.029.

Kontan / 27-10-2020 Hal.10

Kesadaran Masyarakat soal Asuransi Jiwa Meningkat saat Pandemi

Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, Wiroyo Karsono menuturkan, etikak COVID-19 ini juga menimbulkan dampak positif bagi industri asuransi jiwa nasional, di mana kesadaran masyarakat terhadap asuransi juga meningkat. Di sisi lain, Wiroyo memastikan bahwa meskipun COVID-19 sudah dianggap sebagai etikak dan biaya pengobatannya ditanggung oleh pemerintah, namun pihak AAJI memastikan bahwa para perusahaan asuransi jiwa masih tetap berkomitmen kepada para nasabahnya di masa etikak COVID-19 seperti saat ini.

24berita.com / 26-10-2020

Kisah Andy F. Noya Manfaatkan Asuransi, dari Pendidikan Anak hingga Saat Sakit

Pendiri dan CEO BenihBaik Andy F. Noya menceritakan pengalamannya terkait asuransi, mulai dari kepemilikan polis yang cukup banyak hingga pemanfaatannya saat menjalani rawat inap. Asuransi dinilainya sebagai embilann keuangan yang penting. Hal tersebut disampaikan Andy dalam acara Ngobrol Asik (Ngobras) yang diselenggarakan secara virtual oleh AAJI, Senin (26/10).

Bisnis.com / 26-10-2020

Hadapi Pandemi, AXA Mandiri Perkuat Proses Bisnis dan IT

PT AXA Mandiri Financial Services berupaya memperkuat infrastruktur layanan dan proses bisnis guna menghadapi iklim perekonomian nasional yang diterjang etikak Covid-19. Direktur Kepatuhan AXA Mandiri, Rudy Kamdani mengatakan salah satu cara yang dilakukan untuk memastikan kualitas tenaga pemasar adalah dengan metode “No Pass No Sell” yaitu tenaga pemasar wajib mengikuti pelatihan dan lulus tes sebelum dapat memasarkan produk asuransi yang baru diluncurkan. Selain itu dilakukan juga peningkatan etika teknologi informasi perusahaan.

Gatra.com / 26-10-2020

Pandemi Dorong Digitalisasi dan Kesadaran Masyarakat Berasuransi

Pandemi COVID-19 memberi dampak penurunan bisnis yang sangat terasa bagi seluruh sektor ekonomi, termasuk industri asuransi jiwa. Ketua Bidang Komunikasi dan Marketing AAJI, Wiroyo Karsono menyatakan, perusahaan-perusahaan asuransi jiwa sebenarnya sudah lama mengimplementasikan penerapan teknologi pada pelayanannya. Namun, khusus untuk penjualan PAYDI masih mewajibkan tatap muka langsung antara agen dan calon pemasar. Hingga pada Mei lalu, regulator akhirnya memperbolehkan penjualan PAYDI secara digital melihat situasi etikak.

Infobanknews.com / 26-10-2020

Jumlah agen asuransi menanjak di masa pandemi

AAJI mencatat, hingga semester I 2020 jumlah agen berlisensi industri asuransi jiwa mencapai 648.949 orang. Realisasi itu meningkat 8,5% dibandingkan realisasi tahun lalu yakni 598.029 orang. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyebut, peningkatan tenaga pemasar tersebut menjadi upaya perusahaan asuransi membuka peluang kerja baru. Dengan begitu, aktivitas ekonomi bisa embila pulih meski hadapi embilan. Seiring peningkatan itu, AAJI juga meluncurkan lisensi keganen berbasis mobile.

Kontan.co.id / 26-10-2020

Asuransi dijual online, OJK siapkan aturan mitigasi risiko

OJK dalam waktu dekat akan mengeluarkan Peraturan OJK (POJK) mengenai manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi di industri keuangan non-bank (IKNB) seperti asuransi. Deputi Komisioner Pengawas IKNB II Moch. Ichsanuddin, dalam diskusi bertajuk Digitalisasi Industri Asuransi di Masa Pandemi, Jumat (23/10) mengatakan nantinya semua perusahaan di industri jasa keuangan, bukan hanya asuransi, mereka akan punya teknologi informasi yang memadai dari sisi kehandalan.

Kontan.co.id / 26-10-2020

Peringati Hari Asuransi, AAJI Bantu Guru yang Terdampak Pandemi

Hari Asuransi Nasional yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2020 oleh AAJI diperingati dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan kegiatan yang mengajak seluruh masyarakat untuk “Menebar kebaikan dengan berasuransi”. Kegiatan ini berupa Diskusi Virtual “Ngobras” Ngobrol Asyik, yang memberikan pemahaman tentang perlunya berasuransi dan mengelola keuangan sejak dini. Dalam acara ini juga berlangsung penyerahan donasi dengan tajuk “Bersama Berdayakan Guru” oleh AAJI bagi para guru di daerah yang disalurkan melalui Benihbaik.com sebesar Rp 300 juta.

Liputan6.com / 26-10-2020

Di Tengah Pandemi Covid-19 Peminat Profesi Agen Asuransi Jiwa Meningkat

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyatakan, tenaga pemasar industri asuransi jiwa mengalami peningkatan yang cukup membanggakan di tengah etikak Covid-19, yakni sebesar 8,5 persen atau dari 598.000 orang pada semester I/2019 menjadi 649.000 agen pada periode yang sama 2020. Meski di tengah masa sulit, industri asuran si jiwa masih mampu berkontribusi terhadap ekonomi nasional dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dalam waktu dekat, AAJI akan meluncurkan lisensi keagenan bagi para tenaga pemasar melalui aplikasi mobile.

Mediaasuransinews.co.id / 26-10-2020

Laris Manis Asuransi karena Pandemi

Agency Manager PT Axa Financial Indonesia Cabang Balikpapan Muhammad Syafiq mengatakan, berdasarkan pengalamannya di bisnis asuransi selama 14 tahun, agen crossing tertinggi paling sering terjadi di Kota Samarinda. Diikuti pula dengan Balikpapan. Saat embilan seperti sekarang, bisnis asuransi juga merasakan dampak. Namun turunnya tidak merata. Beberapa agency justru mengalami “panen keuntungan”. Karena produk yang ditawarkan meng-cover COVID-19.

Nomorsatukaltim.com / 26-10-2020

AAJI Upayakan Genjot Edukasi dan Literasi Sejak Tingkat PAUD

Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono mengatakan, pihaknya siap meningkatkan edukasi dan literasi asuransi dengan menyasar guru-guru PAUD. Menurutnya peran guru etikakan dini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat berasuransi sejak dini. Tidak hanya itu dia juga mengatakan pihaknya akan mendorong edukasi di wilayah tingkat dua seluruh Indonesia. Wilayah yang akan difokuskan adalah luar pulau Jawa.

Sindonews.com / 26-10-2020

Pengamat: Kalau Tak Ada Kaitannya Kejahatan Jiwasraya, Memang Sebaiknya Dikembalikan

Merespon pernyataan Bob Hasan terkait penyitaan rekening WanaArtha tanpa emiten, Pakar Hukum Universitas Al Azhar, Suparji Ahmad berkata, penyidik tak boleh membekukan rekening efek tanpa memeriksa emiten yang bersangkutan. Ia mengatakan, lalau tidak ada kaitannya dengan kejahatan. Memang sebaiknya dikembalikan. Aturannya begitu tidak boleh sembarang menyita. Suparji menambahkan, seharusnya proses hukum yang dilakukan kejaksaan tak mengganggu sektor perekonomian.

Suarakarya.id / 26-10-2020

Kesadaran Masyarakat soal Asuransi Jiwa Meningkat saat Pandemi

AAJI mengungkapkan, dampak embilan COVID-19 terhadap industri asuransi jiwa Indonesia memang cukup terasa. Hal itu terjadi akibat menurunnya daya beli masyarakat. Meski begitu, Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, Wiroyo Karsono menuturkan, embilan COVID-19 ini juga menimbulkan dampak positif bagi industri asuransi jiwa nasional, di mana kesadaran masyarakat terhadap asuransi juga meningkat.

Viva.co.id / 26-10-2020

Kesadaran Masyarakat soal Asuransi Jiwa Meningkat saat Pandemi

AAJI mengungkapkan, dampak embilan COVID-19 terhadap industri asuransi jiwa Indonesia memang cukup terasa. Hal itu terjadi akibat menurunnya daya beli masyarakat. Meski begitu, Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, Wiroyo Karsono menuturkan, embilan COVID-19 ini juga menimbulkan dampak positif bagi industri asuransi jiwa nasional, di mana kesadaran masyarakat terhadap asuransi juga meningkat.

Yahoo.com / 26-10-2020

AAJI: Klaim Asuransi Jiwa Rata-rata Tumbuh 14% Setiap Tahun

AAJI menyebut bahwa dalam lima tahun terakhir rata-rata pertumbuhan klaim sebesar 14%. Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono menilai, kesadaran berasuransi masyarakat perlu terus ditingkatkan melalui serangkaian program edukasi. Dengan begitu, tertanggung atau nasabah asuransi bisa semakin banyak dan kontribusi perusahaan asuransi terhadap kesejahteraan masyarakat pun bisa maksimal. Kontribusi yang dimaksud bisa dilihat dari nilai klaim atau manfaat yang dibayarkan.

Investor.id / 27-10-2020

AAJI Kerja Sama dengan BenihBaik.com Bantu Guru Terdampak Pandemi

Hari Asuransi Nasional yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2020 oleh AAJI diperingati dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan kegiatan yang mengajak seluruh masyarakat untuk “Menebar kebaikan dengan berasuransi”. Kegiatan ini berupa Diskusi Virtual “Ngobras” Ngobrol Asyik, yang memberikan pemahaman tentang perlunya berasuransi dan mengelola keuangan sejak dini. Dalam acara ini juga berlangsung penyerahan donasi dengan tajuk “Bersama Berdayakan Guru” oleh AAJI bagi para guru di daerah yang disalurkan melalui Benihbaik.com sebesar Rp 300 juta.

Mediaindonesia.com / 27-10-2020

AAJI Upayakan Genjot Edukasi dan Literasi Sejak Tingkat PAUD

Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono mengatakan, pihaknya siap meningkatkan edukasi dan literasi asuransi dengan menyasar guru-guru PAUD. Menurutnya peran guru etikakan dini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat berasuransi sejak dini. Tidak hanya itu dia juga mengatakan pihaknya akan mendorong edukasi di wilayah tingkat dua seluruh Indonesia. Wilayah yang akan difokuskan adalah luar pulau Jawa.

Theworldnews.net / 27-10-2020

Pengamat: Kalau Tak Ada Kaitannya Kejahatan Jiwasraya, Sebaiknya Dikembalikan

Pengacaranya Benny Tjokrosaputro Bob Hasan mengatakan, jaksa sangat berlebihan mengkaitkan WanaArtha dengan kasus Jiwasraya. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh pihaknya, tak ada kaitan antara WanaArtha dengan kasus yang kini membelenggu klainnya. Merespon pernyataan tersebut, Pakar Hukum Universitas Al Azhar, Suparji Ahmad berkata, penyidik tak boleh membekukan rekening efek tanpa memeriksa emiten yang bersangkutan. Kalau tidak ada kaitannya dengan kejahatan. Memang sebaiknya dikembalikan. Aturannya begitu tidak boleh sembarang menyita.

Sinarharapan.id / 26-10-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Kecil Menjadi Korban AJB Bumiputera

Setelah Peter Towa dipanggil Pemilik Kehidupan, Jumat (23/10), Nona Caroline, 19 tahun, putri semata wayang, menjadi yatim piatu. Ketika membeli polis asuransi etikakan untuk Caroline 14 tahun lalu, Almarhum Peter Towa tak pernah membayangkan bahwa AJB Bumiputera 1912 bakal terkapar seperti saat ini. Peter membeli polis asuransi etikakan untuk membiayai anaknya kuliah. Namun, apa lacur, etika jatuh tempo 1 Februari 2020, uang pertanggungan di lembar polis yang ditandatangani Dirut AJB Bumiputera, Madji Ali itu tak bisa dicairkan.

Investor Daily / 27-10-2020 Hal. 24

WanaArtha di Jiwasraya

Pemegang polis asuransi WanaArtha berharap Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mempertimbangkan pernyataan terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Melihat hal itu, Pakar Hukum Univesitas Al Azhar Suparji Ahmad menilai, penyidik Kejagung tak boleh membekukan rekening efek tanpa memeriksa emiten yang bersangkutan. Kalau tidak ada kaitannya dengan kejahatan. Memang sebaiknya dikembalikan.

Kontan / 27-10-2020 Hal. 15

Benny Tjokrosaputro Divonis Seumur Hidup

Majelis hakim di Pengadilan Tipikor Jakart, menjatuhkan vonis hukuman penjara seumur hidup kepada Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Selain itu, Benny juga dijatuhi pidana tambahan yaitu membayar uang pengganti sebesar Rp6.078.500.000.000.

Koran Jakarta / 27-10-2020 Hal. 12

Hak Nasabah WanaArtha Perlu Diperhatikan

Penyitaan yang dilakukan oleh Kejagung atas Sub Rekening Efek (SRE) WanaArtha Life menjadi polemic. Para nasabah sekaligus pemegang polis merasa haknya diambil. Padahal terdakwa Benny Tjokrosaputro mengaku juga, rekening tersebut bukan miliknya. Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak meminta majelis hakim melihat secara adil kasus tersebut. Dia mengatakan, jaksa juga bertanggungjawab untuk membuktikan yang dilakukannya di penyidikan. Barita menekankan, yang dilakukan jaksa haruslah sesuai prosedur hukum.

Koran Sindo / 27-10-2020 Hal. 5

Nasabah Kecil Jadi Korban AJB Bumiputera

Setelah Peter Towa dipanggil Pemilik Kehidupan, Jumat (23/10), Nona Caroline, 19 tahun, putri semata wayang, menjadi yatim piatu. Ketika membeli polis asuransi etikakan untuk Caroline 14 tahun lalu, Almarhum Peter Towa tak pernah membayangkan bahwa AJB Bumiputera 1912 bakal terkapar seperti saat ini. Peter membeli polis asuransi etikakan untuk membiayai anaknya kuliah. Namun, apa lacur, etika jatuh tempo 1 Februari 2020, uang pertanggungan di lembar polis yang ditandatangani Dirut AJB Bumiputera, Madji Ali itu tak bisa dicairkan.

Suara Pembaruan / 27-10-2020 Hal. 7

[Foto] Perlindungan UMKM

Chief Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo dan Chief Marketing Officer Allianz Life, Karin Zulkarnaen, berdiskusi bersama mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti secara daring dalam peluncuran Sekoci Amana, Senin (26/10). Allianz Life mengembangkan produk Sekoci Amana yang merupakan asuransi jiwa mikro berbasis Syariah untuk UMKM dan masyarakat.

Warta Kota / 27-10-2020 Hal. 5

Nasabah Kecil Jadi Korban AJB Bumiputera

Setelah Peter Towa dipanggil Pemilik Kehidupan, Jumat (23/10), Nona Caroline, 19 tahun, putri semata wayang, menjadi yatim piatu. Ketika membeli polis asuransi etikakan untuk Caroline 14 tahun lalu, Almarhum Peter Towa tak pernah membayangkan bahwa AJB Bumiputera 1912 bakal terkapar seperti saat ini. Peter membeli polis asuransi etikakan untuk membiayai anaknya kuliah. Namun, apa lacur, etika jatuh tempo 1 Februari 2020, uang pertanggungan di lembar polis yang ditandatangani Dirut AJB Bumiputera, Madji Ali itu tak bisa dicairkan.

Beritasatu.com / 26-10-2020

Tagih Klaim, Nasabah WanaArtha Life hingga Bumiputera Turun Ke Jalan

Pada Jumat (23/10) sejumlah nasabah PT Asuransi Jiwa WanaArtha Life mendatangi Istana Bogor untuk meminta perlindungan Presiden Joko Widodo atas nasib polis mereka. Humas Perkumpulan Pemegang Polis Wanaartha (P3W) Freddy Handojo Wibowo menjelaskan bahwa para nasabah rela mengambil risiko melakukan aksi langsung di jalanan untuk menunjukkan keseriusan dalam meminta pembayaran klaim. Sudah embilan bulan para nasabah tidak bisa memperoleh haknya.

Bisnis.com / 26-10-2020

Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro-Heru Hidayat Hadapi Sidang Vonis Hari Ini

Dua terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (PT AJS) hari ini menjalani sidang vonis. Keduanya akan mendengarkan putusan majelis hakim terkait kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dua terdakwa itu adalah Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dan Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram) Heru Hidayat. Jaksa penuntut umum, Bima Suprayoga berharap majelis hakim menjatuhkan vonis sesuai dengan tuntutan jaksa yakni penjara seumur hidup.

Detik.com / 26-10-2020

Hakim Nyatakan Benny Tjokro Terbukti Lakukan TPPU di Kasus Jiwasraya

Terdakwa kasus Jiwasraya, Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, dinyatakan majelis hakim terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Benny dinyatakan menyamarkan asal-usul harta yang dibeli dari hasil korupsi terkait pengelolaan investasi saham PT Jiwasraya. Terkait nota pembelaan yang disampaikan Benny Tjokro bahwa dia tidak mengenal manajemen investasi, hakim berpendapat itu tidak menguatkan kalau Benny tidak turut serta dalam kasus korupsi dan memperkaya diri terkait investasi saham Jiwasraya ini.

Detik.com / 26-10-2020

Nasabah WanaArtha Life Berharap Jokowi Bantu Buka Aset Sitaan Kejagung

Pemegang Polis WanaArtha Life berharap Presiden Joko Widodo membantu membuka aset senilai Rp 4 triliun yang kini disita Kejagung, karena diduga terkait skandal PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Bantuan juga diharapkan datang dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Para pemegang polis berharap Jokowi masih memiliki kemauan politik untuk membuka 75% aset para nasabah yang kini disita.

Investor.id / 26-10-2020

Pengacara Benny Tjokro: WanaArtha Life tak terlibat Jiwasraya

Benny Tjokrosaputro, terdakwa kasus Jiswasraya, melalui kuasa hukumnya Bob Hasan menyatakan tidak ada kaitan antara WanaArtha dengan kasus Jiwasraya. Melihat hal itu, Pakar Hukum Universitas Al Azhar Suparji Ahmad menilai, penyidik Kejagung tak boleh membekukan rekening efek tanpa memeriksa emiten yang bersangkutan. Ia mengatakan, kalau tidak ada kaitannya dengan kejahatan. Memang sebaiknya dikembalikan.

Kontan.co.id / 26-10-2020

Bidik pebisnis dan UMKM, Allianz Life rilis asuransi mikro syariah Sekoci Amana

PT Asuransi Allianz Life Indonesia meluncurkan produk asuransi mikro berbasis yariah Sekoci Amana. Asuransi ini membidik untuk UMKM dan pelaku bisnis. Sekoci Amana memberikan perlindungan asuransi jiwa dengan kontribusi terjangkau mulai dari Rp 6.000 dengan manfaat pilihan santunan jiwa jika Peserta meninggal dunia karena sakit atau alami hingga Rp18 juta. Juga ada pilihan santunan jiwa jika Peserta meninggal dunia karena kecelakaan hingga Rp 90 juta, serta pilihan tambahan satu kali santunan tunai rawat jalan di rumah sakit akibat kecelakaan hingga Rp 300.000.

Kontan.co.id / 26-10-2020

Komisi Kejaksaan Pertanyakan Pemblokiran Rekening Benny di WanaArtha

Komisi Kejaksaan mempertanyakan langkah Kejaksaan Agung memblokir ratusan sub rekening efek (SRE) milik Direktur Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro pada PT Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha atau WanaArtha Life. Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak meminta hakim yang mengadili Benny atas kasus Jiwasraya melihat secara adil pemblokiran rekening itu. Fakta dan peristiwa hukum, termasuk keterangan para saksi yang meringankan dan memberatkan, serta pleidoi terdakwa dan penasihat hukum harus menjadi pertimbangan.

Medcom.id / 26-10-2020

Kasus Jiwasraya, Komjak Minta Kejagung Jelaskan Alasan Sita Rekening WanaArtha

Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak meminta Kejaksaan Agung menjelaskan kepada majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat mengenai alasan penyitaan Sub Rekening Efek (SRE) WanaArtha. Menurut Barita, majelis hakim akan melihat secara adil mengenai langkah hukum Kejaksaan Agung melakukan penyitaan SRE tersebut, apakah memiliki kaitan dengan terdakwa tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya Benny Tjokrosaputro atau tidak.

Merdeka.com / 26-10-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.650

IHSG (per 26 Oktober  2020)

   5.144,05

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Kompas, Kontan, Koran Jakarta, Koran Sindo, Media Indonesia, Republika, Suara Pembarun, Warta Kota, 24berita.com, Bisnis.com, Beritasatu.com, Detik.com, Gatra.com, Investor.id, Infobanknews.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Mediaasuransinews.com, Mediaindonesia.com, Medcom.id, Merdeka.com,  Nomorsatukaltim.com, Republika.co.id, Sindonews.com, Suarakarya.id, Sinarharapan.id, Thewoldnews.net, Tempo.co, Viva.co.id, Yahoo.com.

 

DOWNLOAD PDF