AAJI Daily News - 1 September 2020


Tanggal terbit (01 / 09 / 2020)

Selasa, 1 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. MDRT Day Indonesia 2020
  2. Melalui Wadah MDRT - Agen Asuransi Jiwa Tingkatkan Kompetensi
  3. Relaksasi PAYDI oleh OJK Genjot Kinerja Pasar Keuangan
  4. Aset Bumiputera Tak Cukup
  5. Strategi Industri Asuransi Jiwa di Tengah Ancaman Resesi
  6. Stafsus Erick Thohir: Jika Tak Membaik, Jiwasraya Dibubarkan
  7. Masalah klaim masih belum usai, OJK: Penyelesaian AJB Bumiputera harus komprehensif
  8. Bongkar Kasus Jiwasraya, Kejagung Diminta Panggil Eks Bos Bapepam-LK
  9. Soal Restrukturisasi Polis Jiwasraya, Staf Menteri BUMN: Tidak Ramai-ramai
  10. Kasus Dugaan Korupsi Asuransi Jiwasraya, Perusahaan Benny Tjokrosaputro Pailit, Ini Kata Kejagung RI
  11. Derita Benny Tjokro, Ditahan Kejagung, Kini Perusahaan Miliknya Pailit
  12. MAKI Minta Aset Bentjok Dikembalikan ke Nasabah Jiwasraya
  13. Masih Single, Sebaiknya Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

TENTANG AAJI

MDRT Day Indonesia 2020

Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2020 Hidayatus Solicha, Kepala Departemen Hubungan Internasional AAJI Nelly Hunayati dan Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten berbincang disela acara konferensi pers penyelenggaraan MDRT Day Indonesia 2020 di Jakarta, Jumat (28/8). Bertema MDRT Up #UpClime #UpClimb #UpGrade #UpScale, MDRT Indonesia 2020 dilaksanakan secara Live Virtual Event.

HE Necara / 31-08-2020 Hal. 6

Melalui Wadah MDRT – Agen Asuransi Jiwa Tingkatkan Kompetensi

AAJI menegaskan peningkatan kualitas kompetensi agen asuransi jiwa adalah hal yang mutlak. AAJI pun mengapresiasi wadah agen asuransi jiwa berskala global, MDRT Indonesia yang selama 2 tahun terakhir ini telah meningkatkan kapasitas anggotanya. Nelly Husnayati, Kepala Departemen Hubungan Internasional AAJI AAJI tidak bosan-bosan untuk mengajak agar para agen asuransi untuk meningkatkan kapasitasnya dengan bergabung dalam MDRT Indonesia. Ini adalah wadah bagi para tenaga pemasar untuk dapat meningkatkan kemampuannya sebagai Financial Planner berskala internasional.

Neraca.co.id / 31-08-2020

Relaksasi PAYDI oleh OJK Genjot Kinerja Pasar Keuangan

Data AAJI mencatat pembayaran klaim terkait Covid-19 pada Maret – Juni 2020 sebesar Rp 216,02 miliar untuk 1.642 polis. Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Ira Aprilianti menjelaskan, penggunaan teknologi digital pada asuransi memang sudah cukup berkembang. Terkait kebijakan relaksasi pemasaran PAYDI, Ia berpendapat bahwa langkah ini merupakan langkah positif guna memberikan stimulus pada pasar dan menggenjot untuk mitigasi penurunan premi asuransi, termasuk PAYDI.

Suaramerdeka.com / 31-08-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Aset Bumiputera Tak Cukup

OJK mendesak penyelesaian klaim Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 harus dilakukan secara komprehensif serta memperhatikan nasib seluruh nasabah. Kepala Departemen Pengawasan IKNB IIA OJK, Ahmad Nasrullah mengatakna, OJK melihat komprehensif penyelesaian supaya semua nasabah terlindungi walaupun tidak 100%. Selama ini manajemen sering menyampaikan program penyelesaian jangka pendek, seperti melalui penjualan aset. Padalah nilai aset perusahaan tidak sebanding dengan klaim yang ditanggung.

Kontan / 01-09-2020 Hal. 10

Strategi Industri Asuransi Jiwa di Tengah Ancaman Resesi

PT Asuransi Jiwa General Indonesia menerapkan manajemen rikio yang ketat guna memastikan kesehatan dan keberlangsungan perusahaan ditengah tekanan ekonomi. Menurut CEO Asuransi Jiwa General Indonesia, Edy Tuhirman, bahwa Asset and liability management sangat penting, dimana semua aspek terkait manjemen pengelolaan aset dan cash flow dijaga ketat sehingga dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman ke nasabah.

Cnbcindonesia.com / 31-08-2020

Stafsus Erick Thohir: Jika Tak Membaik, Jiwasraya Dibubarkan

Jiwasarya disebut Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, berpeluang untuk masuk daftar perusahaan yang kemungkinan bakal dibubarkan jika kinerjanya tidak membaik. Selain itu, Kementerian BUMN bersama Komisi VI DPR RI akan mempunyai model penyelesaian kasus Jiwasraya. Dimana strateginya antara lain dilakukan melalui negosiasi restrukturasi bunga, pemindahan nasabah Jiwasraya ke Perusahaan Asuransi baru NewCo.

Cnbcindonesia.com / 31-08-2020

Masalah klaim masih belum usai, OJK: Penyelesaian AJB Bumiputera harus komprehensif

OJK mendesak penyelesaian klaim Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 harus dilakukan secara komprehensif serta memperhatikan nasib seluruh nasabah. Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) IIA OJK Ahmad Nasrullah mengatakan tidak hanya klaim nasabah yang jatuh tempo, tapi masih ada 2,5 juta nasabah lain. OJK melihat komprehensif penyelesaian supaya semua nasabah terlindungi walaupun tidak 100%.

Kontan.co.id / 31-08-2020

Bongkar Kasus Jiwasraya, Kejagung Diminta Panggil Eks Bos Bapepam-LK

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mewacanakan akan memanggil pihak-pihak yang diduga mengetahui penyebab gagal bayar dan kasus dugaan korupsi yang terjadi di PT Jiwasraya (Persero), termasuk mantan pejabat di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Arteria melalui Panitia Kerja (Panja) Komisi III mengatakan dirinya akan langsung mengawal kasus ini sehingga bisa terang benderang. Ia pun menegaskan tidak akan takut untuk memanggil siapapun pihak-pihak yang dinilai punya peran di kasus Jiwasraya.

Medcom.id / 31-08-2020

Soal Restrukturisasi Polis Jiwasraya, Staf Menteri BUMN: Tidak Ramai-ramai

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebutkan proses restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah dimulai melalui komunikasi kepada sejumlah nasabah. Pemindahan polis itu dimulai setelah entitas perusahaan baru terbentuk yakni Nusantara Life. Adapun proses restrukturisasi sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Hal ini sesuai dengan rencana pemerintah memulai restrukturisasi pada Agustus 2020.

Tempo.co / 31-08-2020

Kasus Dugaan Korupsi Asuransi Jiwasraya, Perusahaan Benny Tjokrosaputro Pailit, Ini Kata Kejagung RI

Sebuah perusahaan Benny Tjokrosaputro, yakni PT Hanson Internasional Tbk (MYRX) pailit. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengatakan, gugatan pailit yang menyusul perkara pidana memang sering terjadi.  Menurutnya, perlu dibedakan pula antara aset yang terkait dan gugatan pailit tersebut serta aset yang disita oleh penyidik Kejagung. Hari pun belum berkomentar lebih jauh perihal nasib aset PT Hanson yang disita terkait perkara Jiwasraya.

Tribunnews.com / 31-08-2020

Derita Benny Tjokro, Ditahan Kejagung, Kini Perusahaan Miliknya Pailit

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, Benny Tjokro kini harus merelakan perusahaannya PT Hanson International Tbk (MYRX) dinyatakan pailit. Setelah tersandung kasus Jiwasraya, pengusaha yang pernah masuk jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes ini juga harus mendekam di balik jeruji besi. Status pailit merujuk surat edaran yang disampaikan perusahaan kepada seluruh pemegang saham dan kreditur yang diterbitkan 28 Agustus 2020.

Kompas.com / 31-08-2020

MAKI Minta Aset Bentjok Dikembalikan ke Nasabah Jiwasraya

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meminta agar aset-aset terdakwa Benny Tjokrosaputro yang telah disita dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dikembalikan kepada para nasabah. Aset itu harus dikembalikan ke nasabah jika pidana korupsi ini dinilai terbukti oleh majelis hakim di pengadilan. Koordinator MAKI, Boyamin Saiman menilai langkah tersebut harus dilakukan setelah perusahaan milik Benny Tjokrosaputro yakni PT Hanson International Tbk dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 12 Agustus 2020 lalu.

Cnnindonesia.com / 1-09-2020

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Masih Single, Sebaiknya Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

Asuransi kesehatan akan sangat membantu meringankan atau bahkan meniadakan beban finansial atas biaya pengobatan dan perawatan saat kita sakit. Sedangkan beberapa asuransi jiwa meng-cover biaya pengobatan penyakit yang diderita sebelum meninggal dunia dan memberikan uang pertanggungan untuk keluarga apabila kita meninggal dunia. Ada beberapa poin yang perlu disimak untuk menentukan pilihan; hitung dana yang dialokasikan untuk asuransi, sudah punya dana darurat? Apakah kita tipe orang yang mudah sakit atau sering opname di RS?

Bisnis.com / 31-08-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.563

IHSG (per 31 Agustus 2020)

   5.238,49

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Media Indonesia, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Neraca.co.id, Suaramerdeka.com, Tempo.co, Tribunnews.com.

 

DOWNLOAD PDF