AAJI Daily News - 22 Desember 2020


Tanggal terbit (22 / 12 / 2020)

Selasa, 22 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Klaim tebus polis di asuransi jiwa meningkat di tengah pandemi corona
  2. Industri Asuransi Bakal Rebound
  3. Astra Life Beri Produk Lengkap dan Terjangkau
  4. Premi Tugu Insurance
  5. Generali Bayar Klaim Ke Nasabah Sakit Kritis Rp 2,6 Miliar
  6. Generali Bayarkan Klaim Ke Nasabah
  7. Prudential Wujudkan Desa Maju Prudential
  8. Allianz dan GoPay Luncurkan #ProteksiCumaCuma
  9. FWD Life Beri Perlindungan Lebih Mudah Bersama Traveloka
  10. IFG Kekuatan Baru BUMN Asuransi dan Penjaminan
  11. Prudential & Unicef Tingkatkan Literasi Keuangan Anak di Papua
  12. Allianz Optimilkan Al Untuk Percepat Proes Klaim
  13. Sosok Kreatif Yang Mengubah Wajah Tugu Insurance
  14. Hadirkan Asuransi Lengkap dan Terjangkau, Astra Life Gandeng Traveloka
  15. Jiwasraya 'Pecat' 9.200 Agen Penjual Sejak Kasus Gagal Bayar
  16. Restrukturisasi Jiwasraya Ditargetkan Tuntas Kuartal Kedua 2021
  17. Nasabah Harapkan Kehadiran OJK dalam PKPU Kresna Life
  18. Solusi Penyelesaian Gagal Bayar Jiwasraya

TENTANG AAJI

Klaim tebus polis di asuransi jiwa meningkat di tengah pandemi corona

Kebutuhan dana bagi masyarakat semakin tinggi di tengah pandemi. Berdasarkan data AAJI nilai tebus surrender tercatat sebesar Rp 67,45 triliun per September 2020. Nilai itu meningkat sebesar 9% year on year (yoy) dari Rp 61,90 triliun di kuartal ketiga 2019. Ketua Bidang Keuangan, Pajak, & Investasi AAJI Simon Imanto mengatakan, AAJI menilai bahwa peningkatan polis yang ditebus (surrender) didorong banyaknya masyarakat yang membutuhkan uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari terutama di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu saat ini.

Kontan.co.id /21-12-2020

Industri Asuransi Bakal Rebound

Indikasi membaiknya industri asuransi sebenarnya sudah terlihat dari catatan bisnis di kuartal ketiga 2020. Proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2021 yang berada di kisaran 4,5%-5,5% menjadi pendorong optimism pasar, apalagi pemerintah sudah mendatangkan vaksin untuk menanggulangi masalah Covid-19. Dari sisi pertumbuhan, Ahmad Nasrullah optimistis 2021 industri asuransi akan rebound, hal ini dilihat dari beberapa sinyal pertumbuhan yang mulai membaik.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 10-11

INDUSTRI & ASURANSI

Astra Life Beri Produk Lengkap dan Terjangkau

Perluas jangkauan distribusi produk asuransi jiwa, PT Asuransi Jiwa Astra Life menggandeng kerja sama dengan Traveloka Protect. Perseroan juga menghadirkan produk perlindungan lengkap jiwa dan Kesehatan yang terjangkau. Sri Agung Handayani, Direktur Astra Life menyampaikan, proses pembelian produk asuransi juga mudah, semudah membeli tiket penerbangan liburan. Yady Guitana, Senior Vice President of Financial Service & Partnership, Traveloka mengatakan, berharap kolaborasi ini dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya asuransi.

HE Neraca /22-12-2020 Hal. 4

Premi Tugu Insurance

Hingga periode triwulan III-2020, Tugu Insurance mencatatkan pencapaian secara konsolidasian yakni premi bruto sebesar Rp4,57 triliun, hasil underwriting Rp388,41 miliar dan hasil investasi Rp218,5 miliar. Kontribusi segmen ritel dalam portofolio induk perusahaan mencapai porsi sebesar 8,1% pada September 2020, dengan total premi bruto Rp214 miliar.

Investor Daily /22-12-2020 Hal. 23

Generali Bayar Klaim Ke Nasabah Sakit Kritis Rp 2,6 Miliar

PT Asuransi Jiwa Generali membuktikan janji dengan membayarkan klaim terhadap pemegang polis Edison dan Susi yang merupakan pasangan suami istri. Edison terdiagnosa stroke, sedangkan Susi mengalami pelengketan dinding Rahim dan penyempitan pembuluh darah. Nilai klaim untuk biaya pengobatan dan pemulihan senilai Rp2,6 miliar tersebut diserahkan Director dan Chief Operation Officer Generali Jutany Japit dan Financial Planner Generali Siwan.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 14

Generali Bayarkan Klaim Ke Nasabah

Director dan Chief Operation Officer PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Jutany Japit, didampingi Financial Planner Generali Siwan, berbincang dengan nasabah Edison dan Susi di sela pembayaran klaim ke nasabah sakit kritis sebesar Rp2,6 miliar.

Investor / Ed. November 2020 Hl. 14

Prudential Wujudkan Desa Maju Prudential

PT Prudential Life Assurance sudah 25 tahun telah beroperasi di Indonesia dan menjadi perusahaan asuransi jiwa terbesar saat ini. Ada beberapa hal yang disuguhkan Prudential Indonesia dalam memperingati kiprah perusahaan selama periode tersebut, salah satunya mewujudkan Desa Maju Prudential yang berkolaborasi dengan Habitat for Humanity Indonesia. Lokasi yang dipilih berada di Mauk, salah satu wilayah prasejahtera di Tangerang. Prudential memberikan bantuan total senilai Rp 5 miliar untuk berbagai program yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat di Mauk.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 14

Allianz dan GoPay Luncurkan #ProteksiCumaCuma

Allianz Indonesia bersama GoPay mengumumkan kerjasama lanjutan melalui peluncuran program #ProteksiCumaCuma, yang memberikan proteksi asuransi jiwa dengan premi gratis kepada seluruh pengguna GoPay Plus yang setia. Hal ini sejalan dengan misi Allianz Indonesia untuk mengasuransikan sebanyak mungkin orang Indonesia agar masyarakat Indonesia memiliki proteksi finansial yang cukup. Bagi GoPay, program tersebut merupakan bagian dari rangkaian inisiatif #UntungGoPayPlus yang memberikan berbagai layanan eksklusif dan keuntungan tambahan lainnya bagi pengguna GoPay Plus.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 15

FWD Life Beri Perlindungan Lebih Mudah Bersama Traveloka

PT FWD Life Indonesia dan Traveloka dengan dukungan PT Mitra Jasa Pratama meresmikan langkah bersama untuk membuat asuransi lebih mudah dijangkau melalui Traveloka Protect, salah satu unit bisnis Jasa Keuangan. Upaya ini dilakukan untuk melanjutkan kolaborasi yang sudah ada untuk menyederhanakan dan melakukan digitalisasi pengalaman berasuranasi nasabah. Sekarang, pengguna dapat secara online membeli produk asuransi FWD Life, Asuransi Bebaas Handal dan FWD Cancer Protection dengan mudah dan nyaman melalui aplikasi Traveloka.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 16

IFG Kekuatan Baru BUMN Asuransi dan Penjaminan

Carut marut yang terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan penataan asuransi BUMN yang sudah direncanakan sejak lama. Pembentukan holding asuransi, penjaminan, dan investasi ini menjadi jawaban atas teka-teki penyelamatan kasus Jiwasraya. Pembentukan IFG dapat menciptakan efisiensi, integrasi , juga sinergi antara sesama anggota holding yang sebelumnya memiliki bisnis sama. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, IFG berperan sebagai pilar penting dalam industri keuangan Indonesia.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 48-49

Prudential & Unicef Tingkatkan Literasi Keuangan Anak di Papua

PT Prudential Life Assurance bersama UNICEF meluncurkan lima buku Gemar Membaca Masa Depan Cemerlang (Gemilang) edisi literasi keuangan. Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 dan ditujukan untuk meningkatkan kecakapan keuangan dasar 11 ribu anak-anak di berbagai wilayah di Papua. Kegiatan ini sejalan dengan komitemen We Do Good yang dicanangkan Prudential Indonesia. Program yang dikembangkan oleh Prudence Foundation tersebut berisi empat konsep dasar pengelolaan keuangan; peroleh (earn), simpan (save), belanjakan (spend) dan sumbangkan (donate).

Investor / Ed. November 2020 Hal. 13

Allianz Optimilkan Al Untuk Percepat Proes Klaim

Allianz Indonesia terus memaksimalkan penggunaan teknologi di seluruh operasional perusahaan, salah satunya penggunaan AI. Chief Digital Officer Allianz Life Indonesia Mike Sutton mengatakan, sebagai bentuk realisasi komitmen perusahaan kepada seluruh nasabah, Allianz terus menambah dan meningkatkan infrastruktur digital yang dimiliki guna memberikan layanan yang cepat kepada nasabah. Saat ini Allianz Indonesia telah menerapkan otomasi proses klaim asuransi Kesehatan dari pengajuan sampai pembayaran klaim.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 14

Sosok Kreatif Yang Mengubah Wajah Tugu Insurance

Sejak bergabung dengan Tugu Insurance pada 2017, Indra Baruna sukses mengubah performa perusahaan dengan beberapa terobosan bisnis dan layanan, khususnya untuk mulai menggarap bisnis ritel secara lebih serius. Guna membuat Tugu Insurance kuat dalam bisnis ritel, sejumlah inovasi diluncurkan dengan berbasis teknologi digital. Di bawah komando Indra, kinerja Tugu Insurance selama dua tahun terakhir menunjukkan performa yang terus meningkat. Premi penutupan langsung naik dari Rp2,8 triliun menjadi Rp3,5 triliun.

Investor / Ed. November 2020 Hal. 44

Hadirkan Asuransi Lengkap dan Terjangkau, Astra Life Gandeng Traveloka

Astra Life, bersama Traveloka Protect menghadirkan produk perlindungan lengkap jiwa dan esehatan yang terjangkau di aplikasi Traveloka. Sinergi ini menyatukan konsep Love Life melalui perlindungan jiwa yang diusung PT Asuransi Jiwa Astra dengan Life experience yang ditawarkan oleh Traveloka. Kerjasama ini juga akan memperluas jangkauan distribusi produk asuransi jiwa Astra Life, selaras dengan visi perusahaan “Astra Life in every home”.

Beritasatu.com /21-12-2020

Jiwasraya ‘Pecat’ 9.200 Agen Penjual Sejak Kasus Gagal Bayar

Kasus yang menimpa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ikut berdampak pada nasib agen penjual polis. Tercatat, sekitar 9.200 orang agen penjual diberhentikan dari pekerjaan mereka sejak perusahaan mengalami gagal bayar pada Oktober 2018 lalu. Jiwasraya mengurangi sejumlah produk yang dinilai menarik nasabah hingga menyisakan 2 produk saja, yakni jenis unit link. Sekjen DPP Forum Komunikasi Pekerja Agen Asuransi Jiwasraya (FKPAAJ) Latin mengungkapkan kondisi tersebut menyulitkan para agen ketika menjual kepada nasabah, dampaknya mayoritas agen tidak mencapai target.

Cnnindonesia.com /21-12-2020

Restrukturisasi Jiwasraya Ditargetkan Tuntas Kuartal Kedua 2021

PT Asuransi Jiwasraya mempercepat proses restrukturisasi ke nasabah. Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya menargetkan program restrukturisasi polis Jiwasraya hingga proses migrasi polis ke IFG Life dapat rampung di kuartal II-2021. Indra Widjaja, Anggota Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya Jangka Menengah optimistis program restrukturisasi ini mendapat persetujuan dari seluruh pemegang polis, baik pemegang polis di kelompok ritel, bancassurance maupun korporasi.

Kontan.co.id /21-12-2020

Nasabah Harapkan Kehadiran OJK dalam PKPU Kresna Life

Para nasabah Kresna Life mengharapkan kehadiran OJK dalam sidang PKPU perusahaan asuransi jiwa tersebut. Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (20/12), salah seorang nasabah Nurlaila menceritakan sidang dijadwalkan pukul 9.00 WIB dan nasabah-nasabah sudah hadir pada waktunya. Hadir pula kuasa hukum beberapa nasabah antara lain LQ Law Firm, Sukisari, dan beberapa lainnya. Ia menceritakan suasana sidang menjadi panas dan riuh karena menurutnya hakim tampak membatasi waktu berbicara para nasabah atau kuasa nasabah.

Neraca.co.id /21-12-2020

Solusi Penyelesaian Gagal Bayar Jiwasraya

Semua tentu menginginkan agar kasus gagal bayar Jiwasraya ini segera mencapai titik temu. Menurut penulis yang dapat dilakukan agar tercapai kesepakatan bersama; pendirian holding BUMN penjaminan dan perasuransian (Persero) tidak boleh gagal. Pendirian PT IFG Life perlu segera dan dana bail-in dari Bahana dikucurkan. IFG Life membuat pertemuan dengan nasabah menjelaskan tentang kedudukan IFG Life sebagai perusahaan penerima peralihan portofolio dari Jiwasraya. IFG Life membuka dialog dengan nasabah untuk rencana pembayaran dengan pola restrukturisasi.

Sindonews.com /21-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.130

IHSG (per 21 Desember  2020)

   6.165,62

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Investor, Beritasatu.com, Cnnindonesia.com, Kontan.co.id, Neraca.co.id, Sindonews.com.

DOWNLOAD PDF