AAJI Daily News - 18 Mei 2020


Tanggal terbit (18 / 05 / 2020)

Senin, 18 Mei 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Tunggu Izin OJK, Prudential akan Jual PAYDI Secara Virtual
  2. Kresna Life Insurance Tunda Bayar Polis Hingga 2021
  3. BRI Menambah Likuiditas
  4. Keuangan Asuransi Mulai Terganggu
  5. Sun Life Indonesia Salurkan Donasi untuk Pejuang Kesehatan
  6. Astra Life Maksimalkan Layanan Dan Kanal Digital
  7. Premi Sun Life Menanjak
  8. Bhineka Life Raih Indonesia PR Award 2020
  9. OVO Gandeng Prudential Beri Perlindungan Jiwa Kecelakaan
  10. Allianz Life Bukukan Pertumbuhan Dua Digit di Kuartal I/2020
  11. Gandeng Prudential, OVO sediakan asuransi jiwa kecelakaan dan Covid-19
  12. PasarPolis mendonasikan masker dan menawarkan asuransi mikro Covid-19
  13. OVO Berkolaborasi dengan Prudential Indonesia Sediakan Perlindungan Jiwa Kecelakaan & Covid-19 Bebas Premi
  14. UU Covid-19, Asuransi Korban Jiwasraya Bisa Dapat Hibah dari Pemerintah
  15. Kasus Jiwasraya, DPR: OJK Tidak Berwenang Blokir Dana Nasabah
  16. Siasat Di Kala Sulit

TENTANG AAJI

Tunggu Izin OJK, Prudential akan Jual PAYDI Secara Virtual

Olehkarena itu, pihaknya berharap OJK segera merestui Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meluncurkan layanan virtual tersebut, sehingga kebutuhan masyarakat akan PAYDI bisa terpenuhi, khususnya di tengah pandemi Covid-19 dan kebutuhan di masa depan.

Investor.id / 17-05-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Kresna Life Insurance Tunda Bayar Polis Hingga 2021

PT Asuransi Jiwa Kresna menyampaikan kabar yang menggemparkan para pemegang polis. Pasalnya, dalam surat tertanggal 14 Mei 2020, Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Kresna, Kurniadi Sastrawinata mengatakan, wabah korona menyebabkan Kresna terhambat dalam memenuhi kewajiban polis K-LITA dan PIK. Kresna mengalami likuiditas portofolio investasi akibat krisis perekonomian dan pasar modal.

Kontan / 16-05-2020 Hal. 6

BRI Menambah Likuiditas

BRI mendapatkan komitmen pinjaman luar negeri US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,93 triliun (kurs Rp 14.932 per dolar AS). Dana ini menurut Direktur Utama BRI, Sunarso akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan likuiditas. Pinjaman tersebut berasal dari 13 bank asing dengan bunga yang rendah dengan rata-rata di bawah 2%. BRI diperkirakan akan mulai menarik fasilitas pinjaman tersebut pada Juni 2020.

Kontan / 16-05-2020 Hal. 6

Keuangan Asuransi Mulai Terganggu

Dampak pandemi Covid-19 telah mulai menerpa kondisi keuangan perusahaan asuransi. Direktur Utama Kresna Life Kurniadi Sastrawinata menjelaskan bahwa pihaknya tidak mampu memenuhi kewajiban polis K-LITA dan PIK karena terdapat masalah likuiditas porotofolio investasi. Dijelaskan, Kresna Life akan menunda setiap transaksi penebusan polis yang akan dan/ atau jatuh tempo sejak 11 Februari 2020 sampai dengan 10 Februari 2021. Perhitungan atas kewajiban penebusan polis itu dilakukan perseroan setelah 11 Februari 2021.

Bisnis Indonesia / 18-05-2020 Hal. 9

Sun Life Indonesia Salurkan Donasi untuk Pejuang Kesehatan

Perusahaan GP&E Co, Ltd menyumbangkan 1 ton zat antivirus atau anti bakterinya, G?SOL® kepada Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia. Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria br Simanungkalit mengatakan, dukungan dari perusahaan-perusahaan Korea ini sangat berarti bagi perusahaan kecil dan menengah di Indonesia. Terlebih, pemerintah tengah berupaya untuk menghidupkan kembali kegiatan UKM yang tertekan.

Investor Daily / 18-05-2020 Hal. 13

Astra Life Maksimalkan Layanan Dan Kanal Digital

PT Astra Aviva Life (Astra Life) memaksimalkan layanan dan kanal pemasaran alternatif berbasis digital ditengah pandemi Covid-19. Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menjelaskan, calon nasabah dapat memperoleh penjelasan mengenai manfaat produk melalui sambungan telepon yang direkam. Selanjutnya nasabah akan diarahkan untuk pengisian data pribadi melalui daring. Selain itu, Astra Life juga melakukan pemasaran secara daring melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life.

Investor Daily / 18-05-2020 Hal. 23

Premi Sun Life Menanjak

PT Sun Life Financial Indonesia mencatat pendapatan premi untuk kuartal pertama tahun ini meningkagt 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Nilainya mencapai Rp 938 miliar. Vice President Head of Marketing PT Sun Life Financial Indonesia Shierly Ge mengatakan, pertumbuhan serta kinerja perusahaan masih positif, kendati di bawah bayang-bayang pandemi virus korona.

Kontan / 18-05-2020 Hal. 10

Bhineka Life Raih Indonesia PR Award 2020

Implementasi strategi komunikasi perusahaan membawa Bhinneka Life berhasil meraih penghargaan Indonesia Corporate Public Relation Award (IPRA) 2020. Perseroan dinobatkan sebagai Popular Life Insurance Company Form Inform Activity Strategy Category Life Insurance. Seremoni Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual melalui live stream Youtube IPRA 2020 pada Selasa (12/05) lalu. Direktur Operational & Marketing Bhinneka Life, Lina Bong bangga atas penghargaan yang telah diterima perusahaan.

Sindonews.com / 16-05-2020

OVO Gandeng Prudential Beri Perlindungan Jiwa Kecelakaan

OVO sebagai platform pembayaran digital terdepan di Indonesia, menggandeng Prudential Indonesia, dalam memberikan perlindungan jiwa kecelakaan dan Covid-19 bebas premi. Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra mengatakan, OVO percaya bahwa upaya menanggulangi dampak pandemi Covid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi memerlukan kolaborasi antara pihak swasta dan publik. Oleh karena itu, OVO terus berupaya sekuat tenaga membantu di berbagai bidang.

Beritasatu.com / 17-05-2020

Allianz Life Bukukan Pertumbuhan Dua Digit di Kuartal I/2020

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz) mencatat pertumbuhan kinerja sebesar dua digit pada kuartal pertama tahun ini. Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier menjelaskan perseroan berhasil membukukan pertumbuhan positif dengan dukungan dari berbagai kanal distribusi. Joos menambahkan di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, prioritas Allianz Life adalah mempertahankan pertumbuhan bisnis dengan produk yang tepat.

Bisnis.com / 17-05-2020

Gandeng Prudential, OVO sediakan asuransi jiwa kecelakaan dan Covid-19

OVO menggandeng Prudential Indonesia dalam menyediakan asuransi Jiwa Kecelakaan & Covid-19 bebas premi dalam platform. Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra optimistis kolaborasi Prudential Indonesia dan OVO dapat mempercepat penetrasi asuransi di Indonesia dan memungkinkan masyarakat luas menikmati akses keuangan yang sama. OVO melihat layanan asuransi merupakan hal yang penting, selain layanan pembayaran digital yang sudah dijalankan OVO sejak awal berdiri.

Kontan.co.id / 17-05-2020

PasarPolis mendonasikan masker dan menawarkan asuransi mikro Covid-19

PasarPolis membagikan 10.000 masker kain filter gratis kepada mitra driver Gojek. Berkolaborasi dengan Gojek, PasarPolis telah memperluas lini produk melalui layanan GoSure yang kini mencakup enam kategori perlindungan, yakni perlindungan ponsel, perlindungan perjalanan, perlindungan motor, perlindungan kereta api, dan asuransi jiwa dengan tambahan layanan Asuransi Jiwa Mikro COVID-19 dan Asuransi Mikro Rawat Inap Rumah Sakit yang baru-baru ini diluncurkan.

Kontan.co.id / 17-05-2020

OVO Berkolaborasi dengan Prudential Indonesia Sediakan Perlindungan Jiwa Kecelakaan & Covid-19 Bebas Premi

OVO bersama dengan Prudential Indonesia menyediakan perlindungan serta Perlindungan Jiwa Kecelakaan & COVID-19 bebas premi. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi OVO. Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra optimistis kolaborasi strategis antara perusahaan asuransi jiwa seperti Prudential Indonesia dengan OVO yang merupakan platform fintech dapat semakin mempercepat penetrasi asuransi di Indonesia dan memungkinkan masyarakat luas menikmati akses keuangan yang sama.

Kontan.co.id / 17-05-2020

UU Covid-19, Asuransi Korban Jiwasraya Bisa Dapat Hibah dari Pemerintah

Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan menyebut perusahaan asuransi korban Jiwasraya bisa dapat hibah dari pemerintah asalkan perusahaan tersebut masuk kategori terdampak Corona sesuai Perppu 1/2020 dan PP 23/2020 dan POJK 11/2020. Lanjut dia, jika tidak memenuhi kategori mau tidak mau perusahaan wajib membayar klaim nasabah. Bila perusahaan tidak mampu, maka nasabah bisa menggugatnya bahkan bisa mengajukan pailit terhadap perusahaan tersebut.

Law-justice.co / 17-05-2020

Kasus Jiwasraya, DPR: OJK Tidak Berwenang Blokir Dana Nasabah

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mengatakan OJK tidak berwenang memblokir dana nasabah dalam kasus yang membelit perusahaan-perusahan asuransi imbas kasus Jiwasraya. Menurut Heri, bila asuransi tersebut murni, bukan unit link, seharusnya dana nasabah asuransi aman-aman saja. Karena di dalam UU Perasuransian, yakni UU No. 40 tahun 2014, jelas sekali dibedakan antara Dana Jaminan dengan Dana Asuransi.

Law-justice.co / 17-05-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Siasat Di Kala Sulit

Sebagaimana dikemukakan oleh CEO PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) Edy Tuhirman, pihaknya masih tetap berupaya untuk terus menjalankan roda bisnis, dengan tetap menjual produk walaupun tanpa tatap muka. End-to-End process juga sudah dilakukan secara digital sehingga mempermudah proses. Shierly Ge, Chief Marketing Officer PT Sun Life menjelaskan bahwa selama ini pihaknya berusaha memberi dukungan pada para agen berupa pemanfaatan teknologi dan aplikasi digital.

Bisnis Indonesia / 18-05-2020 Hal. 19

INFORMASI KEUANGAN

 

USD/IDR

14.860

IHSG (per 15 Mei 2020)

   4.507,61

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Beritasatu.com, Bisnis.com, Investor.id, Kontan.co.id, Law-justice.co, Sindonews.com.

DOWNLOAD PDF