AAJI Daily News - 10 November 2020


Tanggal terbit (10 / 11 / 2020)

Selasa, 10 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Digital Pacu Kinerja Kuartal III 2020
  2. BRI Life Jaga Kinerja di Tengah Pandemi
  3. Napas Sesak Jiwasraya, Dua Tahun Bertahan dengan Rp2,1 Triliun
  4. Generali Bayarkan Klaim Rp 2,6 Miliar ke Nasabah Sakit Kritis
  5. Dampak Positif Pandemi bagi Asuransi Jiwa dan Telemedik
  6. Nafas Sesak Jiwasraya, Dua Tahun Bertahan dengan Rp2,1 Triliun
  7. Jelang Pengumuman Penyelamatan Polis, Ini yang Harus Dilakukan Para Pemegang Polis
  8. Jiwasraya Sudah Kantongi Rp 2,1 T dari Penjualan Citos
  9. Dua Terpidana Kasus Jiwasraya Muncul dalam Dugaan Sengkarut Investasi Asabri
  10. Kurangi Kecemasan Selama Pandemi Covid-19 dengan Berasuransi
  11. Tujuh Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Itu Penting
  12. Asuransi Syariah Waspadai Ketidakpastian 2020

TENTANG AAJI

Digital Pacu Kinerja Kuartal III 2020

PT Prudential Life Assurance tercatat sebagai perusahaan asuransi jiwa dengan perolehan premi tertinggi pada kuartal III/2020 yakni Rp16,06 triliun atau turun 7,64% yoy dan laba Rp3,5 triliun, tumbuh 13,19% yoy. PT Asuransi Allianz Life Indonesia menempati posisi kedua dengan perolehan premi Rp10,86 triliun, naik 28,45% yoy kemudian disusul PT AIA Financial dengan premi Rp9,63 triliun. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai capaian kinerja sejumlah perusahaan pada kuartal III/2020 menunjukkan harapan bagi industri asuransi jiwa yang sempat terperosok pada pertengahan tahun. OJK menerapkan relaksasi bagi perusahaan asuransi jiwa sehingga pemasaran produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi atau unit linked bisa dilakukan secara digital.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 09-11-2020

INDUSTRI & ASURANSI

BRI Life Jaga Kinerja di Tengah Pandemi

PT Asuransi BRI Life menyambut hari jadi ke-33 dengan menggelar berbagai lomba yang diikuti karyawan BRI Life dan terbuka untuk umum. Dengan mengambil tema “Bergerak Maju dengan Satu BRILiaN”, seluruh kegiatan dimulai dari 6 Oktober hingga 1 November 2020. Direktur Utama Asuransi BRI Life Iwan Pasila mengatakan pandemi Covid-19 memengaruhi masa depan usaha secara global. Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto memaparkan pandemi menyebabkan multikrisis baik kesehatan dan ekonomi. Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menyampaikan rasa syukurnya karena BRI Life tetap dapat merayakan ulang tahun dengan suasana berbeda tetapi tidak mengurangi kemeriahan dan khidmat acara yang diselenggarakan.

Koran Sindo, hal. 6/ 10-11-2020

Napas Sesak Jiwasraya, Dua Tahun Bertahan dengan Rp2,1 Triliun

Sekitar dua tahun PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bertahan dengan uang Rp2,1 triliun untuk menjaga operasional dan menanggung klaim para pensiunan, tanpa mampu membayar klaim jumbo dari polis saving plan. Kondisi keuangan Jiwasraya sudah sangat kritis sebagai perusahaan asuransi jiwa. Per 30 September 2020, liabilitas perseroan mencapai Rp54,5 triliun sedangkan jumlah aset hanya Rp16,0 triliun. Direktur Keuangan Jiwasraya Farid Azhar Nasution menjelaskan bahwa pihaknya masih rutin membayar klaim bagi para pensiunan, pemegang polis anuitas.

Bisnis.com / 09-11-2020

Generali Bayarkan Klaim Rp 2,6 Miliar ke Nasabah Sakit Kritis

PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) kembali membuktikannya komitmen pembayaran klaim kepada nasabah yang tengah terkena penyakit kritis. Total klaim yang sudah dibayarkan selama masa pengobatan nasabah dengan penyakit kritis tersebut mencapai Rp2,6 Miliar. Sebagai apresiasi, manajemen Generali yang diwakili oleh Jutany Japit selaku Director dan Chief Operation Officer, didampingi financial planner Generali, Siwan menyerahkan bingkisan sehat kepada nasabah yaitu Edison dan Susi, istrinya. Keduanya telah menjadi nasabah di Generali selama hampir 4 tahun.

Jakrev.com / 09-11-2020

Dampak Positif Pandemi bagi Asuransi Jiwa dan Telemedik

Survei yang dilakukan Inventure terhadap konsumen Indonesia mengungkapkan, sebesar 78,7% dari 629 responden berpendapat, bahwa memiliki asuransi jiwa dan kesahatan menjadi hal yang dianggap penting. Hal ini diamini oleh Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, yang mengatakan, bahwa sejak Maret 2020 lalu masyarakat mulai banyak yang menanyakan apakah polis yang akan mereka beli meng-cover Covid-19 atau tidak. Menanggapi tren tersebut, Yuswohady, Managing Partner Inventure, melihatnya sebagai peluang luar biasa bagi para pelaku asuransi.

Marketing.co.id / 09-11-2020

Nafas Sesak Jiwasraya, Dua Tahun Bertahan dengan Rp2,1 Triliun

Sekitar dua tahun PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bertahan dengan uang Rp2,1 triliun untuk menjaga operasional dan menanggung klaim para pensiunan, tanpa mampu membayar klaim jumbo dari polis saving plan. Kondisi keuangan Jiwasraya sudah sangat kritis sebagai perusahaan asuransi jiwa. Per 30 September 2020, liabilitas perseroan mencapai Rp54,5 triliun sedangkan jumlah aset hanya Rp16,0 triliun. Direktur Keuangan Jiwasraya Farid Azhar Nasution menjelaskan bahwa pihaknya masih rutin membayar klaim bagi para pensiunan, pemegang polis anuitas.

Matain.id / 09-11-2020

Jelang Pengumuman Penyelamatan Polis, Ini yang Harus Dilakukan Para Pemegang Polis

Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah menyiapkan sejumlah saluran seiring dengan pengkinian data seluruh pemegang polis yang menjadi kegiatan rutin, sekaligus persiapan dalam pelaksanaan program penyelamatan polis Jiwasraya. Direktur Pemasaran Ritel Jiwasraya Fabiola Sondakh menjelaskan, pembaruan dana diperlukan untuk memvalidasi serta melengkapi data-data terbaru para pemegang polis. Hal ini akan mempermudah akses seluruh pemegang polis memperoleh informasi sampai pada sosialisasi dari program penyelamatan polis.

Portalmakassar.com / 09-11-2020

Jiwasraya Sudah Kantongi Rp 2,1 T dari Penjualan Citos

Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Farid Azhar Nasution mengatakan nilai penjualan pusat perbelanjaan Cilandak Town Square atau Citos mencapai Rp 2,2 triliun. Hingga saat ini, pihaknya sudah menerima Rp 2,1 triliun atau sekitar 95 persen dari transaksi yang bermula pada dua tahun lalu. Menurut dia, penjualan Citos menjadi salah satu sumber dana bagi Jiwasraya dalam menjalankan operasionalnya. Selain itu, dana segar tersebut digunakan untuk membayar klaim bagi para pensiunan pemegang polis anuitas.

Tempo.co / 09-11-2020

Dua Terpidana Kasus Jiwasraya Muncul dalam Dugaan Sengkarut Investasi Asabri

Nama Benny Tjokosaputro dan Heru Hidayat terseret dalam dugaan korupsi PT Asuransi Sosial Angkatan Darat Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri. Keduanya diduga menyelewengkan dana investasi Asabari. Benny dan Heru merupakan terpidana dalam kasus Jiwasraya. Badan Reserse Kriminal Polri menemukan adanya potensi perebutan aset dalam penanganan kasus Jiwasraya oleh penyidik kejaksaan dan perkara Asabri yang sedang ditangani. Alhasil, kedua lembaga ini mulai berkoordinasi dalam beberapa waktu terakhir.

Tempo.co / 09-11-2020

Kurangi Kecemasan Selama Pandemi Covid-19 dengan Berasuransi

Content Creator Kesehatan Mental Dimas Alwin mengatakan pandemi Covid-19 mengubah aktivitas masyarakat yang awalnya bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah. Psikiater dan Ahli Psikosomatis RS OMNI Hospital Alam Sutera Andri mengungkapkan kecemasan sosial adalah kondisi ketika seseorang merasa cemas dan takut ketika bersosialisasi dengan orang lain. Head of Digital Channel Sequis Life Evan Tanotogono mengatakan terganggunya kesehatan bisa menimbulkan kecemasan baru. Bagi yang memiliki asuransi, rasa cemas akan tagihan rumah sakit masih bisa dikendalikan sebab biayanya ditanggung perusahaan asuransi. Sequis Life terus berionvasi untuk Super You, yakni fitur pembayaran baru untuk pembayaran premi pertama dan lanjutan dengan menggunakan GpPay serta menambah produk asuransi kesehatan My Hospital Protection.

Investor Daily, hal. 20/ 10-11-2020

Asuransi Syariah Waspadai Ketidakpastian 2020

Asuransi syariah akan mewaspadai sejumlah hal di tengah kondisi tak menentu tahun ini. Direktur Eksekutif AASI Erwin Noekman menyebut kewaspadaan akan ditingkatkan termasuk di antaranya dari sisi tata kelola perusahaan dan kinerja. Dari sisi tata kelola, perusahaan perlu terus memenuhi unsur GCG dan kesesuaian syariah. Untuk itu diperlukan pemberdayaan dewan pengawas syariah (DPS) yang wajib mempunyai kompetensi untuk melakukan pengawasan di perusahaan asuransi syariah. Selain itu, dari sisi kinerja, perusahaan juga perlu mewaspadai adanya potensi gagal bayar.

Republika.co.id / 09-11-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Tujuh Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Itu Penting

Asuransi jiwa bisa dikatakan kalah populer bila dibandingkan asuransi kesehatan. Tak heran kalau banyak orang yang masih belum punya asuransi jiwa. Namun, kenyataannya asuransi jiwa memberi berbagai manfaat. Berikut alasan mengapa asuransi jiwa itu penting dimiliki mulai dari sekarang: 1. Sebagai penopang keuangan keluarga, 2. Uangnya dapat digunakan untuk membayar utang, 3. Dapat mengatasi ketergantungan finansial, 4. Berfungsi sebagai simpanan jangka Panjang, 5. Modal untuk pendidikan anak, 6. Untuk mengkover biaya pemakaman, 7. Pas untuk berjaga-jaga.

Republika.co.id / 09-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.760

IHSG (per 09 November 2020)

   5.882,26

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Koran Sindo, Bisnis.com, Jakrev.com, Marketing.co.id, Matain.id, Portalmakassar.com, Tempo.co, Republika.co.id.

DOWNLOAD PDF