AAJI Daily News - 23 Oktober 2020


Tanggal terbit (23 / 10 / 2020)

Jumat, 23 Oktober 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. [Foto] Bhinneka Life Terima Rekor MURI
  2. Asuransi Generali Catat Pertumbuhan Laba 19%
  3. Zurich Sesuaikan Manfaat Rawat Inap Baru untuk Karyawan
  4. [Foto] Rekor MURI Pemberian Asuransi
  5. [Foto] Mission Syariah
  6. [Foto] Rekor Pemberian Polis
  7. [Foto] Asuransi Gratis
  8. [Foto] Mission Syariah Manulife
  9. Heru Heran e-mail Jadi Bukti
  10. Allianz Targetkan Top 25 sebagai Best Global Brands pada 2025
  11. Kejagung Periksa 4 Saksi Kasus Korupsi Jiwasraya
  12. Sempat Selamatkan Bumiputera, Emiten Ini Berakhir Delisting
  13. Kisah Pilu Nasabah Bumiputera: Polis Tak Cair, Anak Sulit Bayar Kuliah
  14. Bhinneka Life Sabet Rekor MURI Pembagian 4 Ribu Asuransi Kecelakaan Gratis
  15. Empat Fakta IFG Life, Jadi Holding BUMN Asuransi dan Pengganti Jiwasraya
  16. Manajemen Baru Jiwasraya Lakukan Transformasi Internal untuk Tingkatkan Kualitas Tata Kelola
  17. Bhinneka Life mendapatkan rekor MURI pemberian polis asuransi kecelakaan gratis
  18. Urus Dana Cadangan Rp 100 Miliar, Dirut Bumiputera Janji Bayar Klaim Pemegang Polis
  19. Bacakan Pleidoi, Heru Hidayat Bantah Nikmati Rp10 Triliun dari Jiwasraya
  20. Asuransi Jiwa Generali Catat Laba Bersih Rp 115 Miliar
  21. Ini 4 Fakta Menarik di Balik BUMN Pengganti Jiwasraya
  22. Allianz Dinobatkan Jadi Merek Asuransi Nomor 1 di Dunia
  23. Pandemi Dorong Perusahaan Asuransi Jiwa Berinovasi
  24. Tebar Asuransi Gratis ke 4.000 Masyarakat Indonesia, Bhinneka Life Peroleh Rekor MURI
  25. Digitalisasi Tingkatkan Penetrasi

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Bhinneka Life Terima Rekor MURI

Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono menerima piagam penghargaan pemecahan rekor dari MURI dari Senior Manager MURI Triyono atas Pemberian Polis Asuransi Jiwa di Lokasi Terbanyak senilai total manfaat Rp160 miliar di Jakarta, Kamis (22/10). Penghargaan ini diberikan atas kegiatan pemberian 4.000 Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 4.000 masyarakat Indonesia pada 1-7 Oktober 2020 melalui lebih dari 100 kantor pemasaran Bhinneka Life dalam rangka menyambut HUT ke empat Bninneka Life.

Bisnis Indonesia / 23-10-2020 Hal. 19

Asuransi Generali Catat Pertumbuhan Laba 19%

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 19 persen pada kuartal tiga 2020. Laba bersih perusahaan naik dari Rp115 miliar pada periode sama tahun lalu menjadi sebesar Rp136 miliar. Chief Executive Officer Edy Tuhirman mengatakan pendapatan premi perusahaan sebesar Rp1,7 triliun atau turun empat persen pada kuartal tiga 2020. Hal ini dipengaruhi rata-rata nilai premi yang dihimpun relatif lebih kecil dibandingkan situasi normal. Menurutnya, agen masih menjadi tulang punggung untuk memasarkan produk Generali.

HE Neraca / 23-10-2020 Hal. 5

Zurich Sesuaikan Manfaat Rawat Inap Baru untuk Karyawan

Zurich Insurance Group menilai Kesehatan dan kesejahteraan semua karyawan adalah yang terpenting, terlebih saat pandemic Covid-19. Terkait itu, Zurich meluncurkan penyesuaian manfaat rawat inap baru yang tersedia untuk semua karyawan Zurich di seluruh grup jika seorang karyawan atau keluarga dekat mereka dirawat di rumah sakit. Director of Human Resources PT Zurich Topas Life Tini Nurianto mengatakan, perusahaan menyediakan dukungan keuangan secara global bagi karyawan yang mengalami situasi tekanan akibat pengeluaran tak terduga di tengah pandemi.

Investor Daily / 23-10-2020 Hal. 23

[Foto] Rekor MURI Pemberian Asuransi

Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono menerima piagam penghargaan pemecahan rekor dari MURI dari Senior Manager MURI Triyono atas Pemberian Polis Asuransi Jiwa di Lokasi Terbanyak senilai total manfaat Rp160 miliar di Jakarta, Kamis (22/10). Penghargaan ini diberikan atas kegiatan pemberian 4.000 Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 4.000 masyarakat Indonesia pada 1-7 Oktober 2020 melalui lebih dari 100 kantor pemasaran Bhinneka Life dalam rangka menyambut HUT ke empat Bninneka Life bertemakan Empati Bhinneka Life Untuk Negeri.

Investor Daily / 23-10-2020 Hal. 23

[Foto] Mission Syariah

Manulife meluncurkan MiSmart Insurance Solution (MISSION) Syariah untuk berbagai kalangan nasabah, terutama para milenial sebagai solusi 3-in-1 guna memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa dan Kesehatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah. Produk ini juga dilengkapi dengan Manfaat Loyalitas total 750% dari Kontribusi Dasar di tahun pertama Polis, dibayarkan di akhir tahun ke-10 dan akhir tahun polis ke-25.

Investor Daily / 23-10-2020 Hal. 23

[Foto] Rekor Pemberian Polis

Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono menerima piagam penghargaan pemecahan rekor dari MURI dari Senior Manager MURI Triyono atas Pemberian Polis Asuransi Jiwa di Lokasi Terbanyak senilai total manfaat Rp160 miliar di Jakarta, Kamis (22/10). Penghargaan ini diberikan atas kegiatan pemberian 4.000 Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 4.000 masyarakat Indonesia pada 1-7 Oktober 2020.

Media Indonesia / 23-10-2020 Hal. 11

[Foto] Asuransi Gratis

Bhinneka Life mendapatkan penghargaan atas pemberian 4.000 asuransi kecelakaan gratis untuk masyarakat Indonesia dengan nilai total manfaat Rp160 miliar.

Republika / 23-10-2020 Hal. 6

[Foto] Mission Syariah Manulife

Manulife Indonesia melakukan inovasi dan terobosan dengan meluncurkan Mission Syariah untuk berbagai kalangan nasabah, terutama para milenial sebagai solusi 3-in-1 guna memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa dan Kesehatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah. Produk ini juga dilengkapi dengan Manfaat Loyalitas total 750% dari Kontribusi Dasar di tahun pertama polis, dibayarkan di akhir tahun ke-10 dan akhir tahun Polis ke-25.

Suara Pembaruan / 23-10-2020 Hal. 9

Heru Heran e-mail Jadi Bukti

Komisaris Utama PT Trada Alam Minera, Heru Hidayat menyampaikan pledoi, Kamis (22/10). Heru merupakan terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Dalam pledoi itu, Heru mengaku tidak memiliki harta sebanyak Rp10 triliun. Hal itu untuk menanggapi tuntutan membayar uang penggati Rp10.728 triliun. Heru juga membantah bukti e-mail permintaan transfer uang ratusan miliar kepada terdakwa lain, Benny Tjokrosaputro. Ia mempertanyakan bukankan jika orang dituduh menerima transfer harus dibuktikan dengan slip transfer atau rekening koran.

Warta Kota / 23-10-2020 Hal. 7

Allianz Targetkan Top 25 sebagai Best Global Brands pada 2025

Allianz menargetkan untuk berada di posisi Top 25 pada 2025 sebagai best global brands, setelah untuk kedua kali berturut-turut Allianz tercatat sebagai merek asuransi teratas di dunia dalam “Interbrand Best Global Brands Ranking”. Sedangkan Chief Executive Officer (CEO) Allianz SE Oliver Bäte menuturkan bahwa fokus perusahaan pada ketahanan, integritas, dan customer centricity telah membuahkan hasil. Bagi Allianz, peringkat ini lebih dari sekadar simbol berkembangnya kekuatan merek. Hal ini juga memotivasi kami untuk meningkatkan peran dalam kehidupan masyarakat.

Beritasatu.com / 22-10-2020

Kejagung Periksa 4 Saksi Kasus Korupsi Jiwasraya

Kejagung kembali melakukan pemeriksaan terhadap empat saksi terkait perkara dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (persero). Empat orang saksi sebagai pengurus maupun sebagai karyawan koorporasi atau perusahaan manager investasi keterangan yang diambil dari saksi dianggap perlu untuk mengungkap sejauh mana peran para saksi dalam menjalankan perusahaannya dan kaitannya dengan jual beli saham dari pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang terjadi di Bursa Efek Indonesia.

Beritasatu.com / 22-10-2020

Sempat Selamatkan Bumiputera, Emiten Ini Berakhir Delisting

BEI memutuskan untuk melakukan penghapusan pencatatan efek (delisting) PT Evergreen Invesco Tbk (GREN), perusahaan perdagangan, dari papan bursa dan efektif pada 23 November 2020. Sebelum akan efektif per 23 November, perdagangan di pasar negosiasi dilakukan selama 20 hari bursa mulai 1 Oktober 2020 sampai dengan 20 November 2020. Selain itu, delisting bisa dilakukan jika saham perusahaan tercatat yang akibat suspensi di pasar reguler dan pasar tunai, hanya di diperdagangkan di pasar negosiasi sekurang-kurangnya selama 24 bulan terakhir.

Cnbcindonesia.com / 22-10-2020

Kisah Pilu Nasabah Bumiputera: Polis Tak Cair, Anak Sulit Bayar Kuliah

Sebagian dari ratusan nasabah tadi begitu bergantung dari pencairan klaim AJB Bumiputera 1912 tersebut. Untuk itu, mereka rela sampai menggelar aksi massa di depan gedung Wisma Bumiputera pagi tadi demi mendapatkan hak mereka. Salah seorang nasabah korban gagal bayar AJB Bumiputera 1912 Faurina bercerita ia sudah mempercayakan dananya sampai 17 tahun. Namun, saat dibutuhkan dan sudah jatuh tempo malah tak bisa dicairkan. Padahal dana itu rencananya mau ia gunakan untuk membiayai kuliah anaknya.

Detik.com / 22-10-2020

Bhinneka Life Sabet Rekor MURI Pembagian 4 Ribu Asuransi Kecelakaan Gratis

Merayakan ulang tahun ke-4, Bhinneka Life mengusung tema ”Empati Bhinneka Life Untuk Negeri”. Itu sebagai bentuk kepedulian Bhinneka Life kepada masyarakat Indonesia di tengah kondisi pandemi. Wujud nyata empati Bhinneka Life disampaikan melalui program Pemberian 4 ribu Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 4 ribu Masyarakat Indonesia dengan total nilai manfaat senilai Rp160 miliar. Program pemberian manfaat asuransi kecelakaan gratis itu, mendapat apresiasi dan pengakuan MURI sebagai Pemberian Polis Asuransi Jiwa di Lokasi Terbanyak.

Indopos.co.id / 22-10-2020

Empat Fakta IFG Life, Jadi Holding BUMN Asuransi dan Pengganti Jiwasraya

IFG Life telah resmi ditetapkan sebagai holding Badan Usaha Milik BUMN perasuransian dan penjaminan. Sebagai holding BUMN, IFG Life diyakini mampu menghadirkan perubahan di bidang keuangan, khususnya asuransi, investasi dan penjaminan. Terdapat sejumlah fakta terkait pembentukan IFG Holding BUMN asuransi dan penjaminan tersebut, yakni: 1. Pengganti PT Asuransi Jiwasraya (Persero), 2. Dapat Suntikan Dana dari Pemerintah, dan 3. Memiliki 9 Anggota Holding, 4. Fokus Pada 3 Lini Bisnis Utama.

Inews.id / 22-10-2020

Manajemen Baru Jiwasraya Lakukan Transformasi Internal untuk Tingkatkan Kualitas Tata Kelola

Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus melakukan transformasi dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola dan manajemen risiko perusahaan. Selain mendukung core value Kementerian BUMN melalui program Amanah, Direktur Kepatuhan dan SDM yang juga Tim Satuan Tugas Restrukturisasi Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso menjelaskan, transformasi dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola dan manajemen risiko difokuskan pada penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibility, independensi, hingga asas keadilan (fairness).

Kompas.com / 22-10-2020

Bhinneka Life mendapatkan rekor MURI pemberian polis asuransi kecelakaan gratis

Bhineka Life perusahaan asuransi jiwa nasional menyelenggarakan program pemberian 4.000 Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 4000 Masyarakat Indonesia dengan total nilai manfaat senilai 160 miliar rupiah. Pemberian manfaat asuransi kecelakaan gratis ini dilakukan secara serentak selama tujuh hari berturut yaitu sejak tanggal 1 oktober  sampai 7 Oktober 2020 lalu oleh agen pemasar Bhinneka Life melalui kantor pemasaran regional dan diteruskan ke lebih dari 100 kantor pemasaran Bhinneka Life yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Kontan.co.id / 22-10-2020

Urus Dana Cadangan Rp 100 Miliar, Dirut Bumiputera Janji Bayar Klaim Pemegang Polis

Pemegang polis asuransi Bumiputera meminta kejelasan dan kepastian waktu pembayaran klaim yang dilakukan sejak 2 tahun lalu. Mereka pun menggelar aksi unjuk rasa damai di trotoar Wisma Bumiputera, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (21/10). Faizal Karim, Direktur Utama Bumiputera, merepons baik aksi unjuk rasa damai yang dilakukan pemegang polis. Dena Chaerudin, Direktur SDM Bumiputera, menambahkan direksi sedang mempersiapkan surat ke OJK untuk meminta pencairan kelebihan dana cadangan 2019. Nilainya diperkirakan sekitar Rp 100 miliar.

Liputan6.com / 22-10-2020

Bacakan Pleidoi, Heru Hidayat Bantah Nikmati Rp10 Triliun dari Jiwasraya

Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk, Heru Hidayat, membantah tuntutan JPU dalam dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Hal itu disampaikan Heru, saat membacakan pledoi. Menegaskan pembelaannya, Heru mengutip pernyataan BPK yang mengatakan hitungan tersebut diperoleh dari selisih uang yang dikeluarkan Jiwasraya dengan nilai dari saham dan reksadana per tanggal 31 Desember 2019. Karenanya, selama persidangan tak tampak adanya bukti atas tuduhan yang dialamatkan kepadanya terkait penerimaan dana lebih dari Rp 10 triliun tersebut.

Merdeka.com / 22-10-2020

Asuransi Jiwa Generali Catat Laba Bersih Rp 115 Miliar

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 19 persen pada kuartal tiga 2020. Laba bersih perusahaan naik dari Rp 115 miliar pada periode sama tahun lalu menjadi sebesar Rp 136 miliar. Chief Executive Officer Generali Edy Tuhirman mengatakan pendapatan premi perusahaan sebesar Rp 1,7 triliun atau turun empat persen pada kuartal tiga 2020. Penurunan itu dipengaruhi rata-rata nilai premi yang dihimpun relatif lebih kecil dibanding situasi normal.

Republika.co.id / 22-10-2020

Ini 4 Fakta Menarik di Balik BUMN Pengganti Jiwasraya

IFG Life telah resmi ditetapkan sebagai holding Badan Usaha Milik BUMN perasuransian dan penjaminan. Sebagai holding BUMN, IFG Life diyakini mampu menghadirkan perubahan di bidang keuangan, khususnya asuransi, investasi dan penjaminan. Terdapat sejumlah fakta terkait pembentukan IFG Holding BUMN asuransi dan penjaminan tersebut, yakni: 1. Pengganti PT Asuransi Jiwasraya (Persero), 2. Dapat Suntikan Dana dari Pemerintah, dan 3. Memiliki 9 Anggota Holding, 4. Fokus Pada 3 Lini Bisnis Utama.

Sindonews.com / 22-10-2020

Allianz Dinobatkan Jadi Merek Asuransi Nomor 1 di Dunia

Allianz kembali tercatat sebagai merek asuransi teratas di dunia menurut Interbrand Best Global Brands Ranking. Oliver Bäte, Chief Executive Officer Allianz SE mengatakan, fokus pihaknya pada ketahanan, integritas, dan customer centricity telah membuahkan hasil. Allianz sekali lagi diakui sebagai merek asuransi teratas secara global dan hal ini menegaskan bahwa pihaknya berada di jalur yang benar. Bagi Allianz, peringkat ini lebih dari sekadar simbol berkembangnya kekuatan merek. Hal ini juga memotivasi untuk meningkatkan peran dalam masyarakat.

Tirto.id / 22-10-2020

Pandemi Dorong Perusahaan Asuransi Jiwa Berinovasi

Bhineka Life, menyelenggarakan program pemberian 4.000 Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 4000 Masyarakat Indonesia dengan total nilai manfaat senilai 160 miliar rupiah. Pemberian manfaat asuransi kecelakaan gratis ini dilakukan secara serentak selama tujuh hari berturut yaitu sejak tanggal 1 - 7 Oktober 2020 lalu oleh agen pemasar melalui kantor pemasaran regional dan diteruskan ke lebih dari 100 kantor pemasaran yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Program ini pun mendapat apresiasi dan pengakuan dari MURI sebagai pemberian polis asuransi jiwa di lokasi terbanyak.

Tribunnews.com / 22-10-2020

Tebar Asuransi Gratis ke 4.000 Masyarakat Indonesia, Bhinneka Life Peroleh Rekor MURI

Bhineka Life, menyelenggarakan program pemberian 4.000 Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 4000 Masyarakat Indonesia dengan total nilai manfaat senilai 160 miliar rupiah. Pemberian manfaat asuransi kecelakaan gratis ini dilakukan secara serentak selama tujuh hari berturut yaitu sejak tanggal 1 - 7 Oktober 2020 lalu oleh agen pemasar melalui kantor pemasaran regional dan diteruskan ke lebih dari 100 kantor pemasaran yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Program ini pun mendapat apresiasi dan pengakuan dari MURI sebagai pemberian polis asuransi jiwa di lokasi terbanyak.

Wartaekonomi.co.id / 22-10-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Digitalisasi Tingkatkan Penetrasi

Riswinandi, Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Merangkap Dewan Komisioner OJK mengatakan, pelaku usaha perlu melakukan berbagai penyesuaian strategi bisnis untuk tetap bertahan di tengah situasi pandemi Covid-19. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi. Riwsinandi menuturkan, OJK sedang mempersiapkan peraturan OJK terkait manajemen risiko teknologi informasi sektor industri keuangan nonbank. Kehadiran itu diharapkan dapat mendukung pemanfaatan teknologi pada sektor IKNB.

Bisnis Indonesia / 23-10-2020 Hal. 3

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.660

IHSG (per 22 Oktober 2020)

   5.091,82

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Media Indonesia, Republika, Suara Pembaruan, Warta Kota, Beritasatu.com, Bisnis.com, Detik.com, Indopos.co.id, Inews.id, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Merdeka.com, Republika.co.id, Sindonews.com, Tirto.id, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

 

DOWNLOAD PDF