AAJI Daily News - 4 Juni 2020


Tanggal terbit (04 / 06 / 2020)

Kamis, 4 Juni 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Melihat Peluang dan Memulai Usaha Baru di Tengah Pandemi Covid-19
  2. [Foto] Sidang Dakwaan Korupsi Jiwasraya
  3. Dakwaan Berlapis Jerat Benny Tjokro
  4. Dukung Kampanye #DiRumahAja, Cigna Sediakan Layanan Digital
  5. Lee Yuan Siong Jabat Group Chief Executive and President AIA Group
  6. Panda-Pak Haji di Sidang Jiwasraya
  7. [Foto] Sidang Perdana
  8. Benny Cs Didakwa Korupsi dan TPPU
  9. Kasus Jiwasraya Mulai Disidang
  10. Pengacara Sebut Dakwaan Jaksa Terkait Perkara Jiwasraya Cacat Hukum
  11. Mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Didakwa Rugikan Negara Rp16,8 Triliun
  12. Nasabah Korban Jiwasraya Tagih Janji Pembayaran Klaim
  13. 6 Tersangka Kasus Jiwasraya Hadapi Sidang Dakwaan Hari Ini
  14. Dukung Kampanye #DiRumahAja, Cigna Sediakan Layanan Digital
  15. SIDANG KASUS JIWASRAYA: Pengacara Bentjok dan Heru sudah hadir, sidang belum dimulai
  16. Sidang perdana Jiwasraya, nasabah Wanaartha Life kirim karangan bunga ke PN Jakpus
  17. Asuransi dinilai memiliki peran penting di tengah pandemi
  18. Sidang perdana kasus Asuransi Jiwasraya
  19. Mereka yang Diperkaya dari Kasus Dugaan Korupsi Jiwasraya
  20. Eks Dirut PT Asuransi Jiwasraya Didakwa Rugikan Negara Rp16,8 Triliun
  21. FORSAWA Minta WanaArtha Life Tak Abaikan Kewajiban kepada Nasabah

TENTANG AAJI

Melihat Peluang dan Memulai Usaha Baru di Tengah Pandemi Covid-19

Dalam sebuah musibah ada berkah dan hikmah. Peluang usaha baru di tengah pandemic ini pendekatannya pada bahan pokok (sandang, pangan, papan). Konsepnya yang kita tengahkan adalah yang bermodal minimal, dan yang lagi dibutuhkan pasar, semisal makanan. Selain dari sisi makanan, media social juga bisa dilihat dapat menjembatani antar bisnis. Selain itu juga peluang dari segi keterampilan atau permodalan lokal. Namun, disarankan jika bisnis yang ditemukan di tengah andemic sifatnya hanya darura, namun bisa jadi besar .

Tribunnews.com / 03-06-2020

INDUSTRI & ASURANSI

[Foto] Sidang Dakwaan Korupsi Jiwasraya

Terdakwa kasus dugaan korupsi pengelolaan dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang juga Direktur Utama PT Hanson Internasional Tbk. Benny Tjokrosaputro bersiap menjalani siding perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (3/6). Sidang tersebut beragendakan pembacaan dakwaan untuk sejumlah kasus Jiwasraya.

Bisnis Indonesia / 04-06-2020 Hal. 8

Dakwaan Berlapis Jerat Benny Tjokro

Direktur Utama PT Hanson Internasional Tbk. Benny Tjokrosaputro menghadapi dua dakwaan sekaligus dalam siding perdana kasus korupsi penempatan aset investasi milik PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Benny dijerat dengan dakwaan berlapis yakni melakukan tindak pidana korupsi dan melakukan pencucian uang.

Bisnis Indonesia / 04-06-2020 Hal. 8

Dukung Kampanye #DiRumahAja, Cigna Sediakan Layanan Digital

PT Asuransi Cigna berkomitmen mendukung nasabah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental selama masa pandemic Covid-19 dengan menyediakan beragam layanan khusus. Hal ini mulai dari telekonsultasi gratis, e-konsultasi dengan para ahli kesehatan serta pengantaran obat-obatannya, hingga layanan tambahan lainnya melalui portal nasabah Cigna, yaitu CignaKu.

Investor Daily / 04-06-2020 Hal. 23

Lee Yuan Siong Jabat Group Chief Executive and President AIA Group

Lee Yuan Siong resmi menjabat sebagai group chief executive and President AIA Group Limited (AIA) dan bergaung dengan dewan direksi perusahaan. Lee Yuan Siong menggantikan Ng Keng Hooi, yang telah pensiun dari posisi eksekutif perusahaan. Independent Non-Executive Chairman AIA Edmund Tse mengatakan, Lee Yuan Siong memiliki catatan prestasi yang luar biasa di seluruh pasar asuransi Asia sehingga menjadikannya pemimpin yang ideal, untuk meneruskan keberhasilan Ng Keng Hooi dan menjadi bagian penting dari sejarah AIA.

Investor Daily / 04-06-2020 Hal. 23

Panda-Pak Haji di Sidang Jiwasraya

Jaksa Penuntut Umum Bima Suprayoga mengungkapkan taktik keenam terdakwa kasus Jiwasraya guna memuluskan komunikasi mereka terkait dengan investasi saham. Jaksa menyebut keenam terdakwa menggunakan nama samaran untuk membantu komunikasi mereka dan digunakan terdakwa saat berkomunikasi via chatting. Nama samaran digunakan untuk mengaburkan identitas pihak yang terlibat.

Media Indonesia / 04-06-2020 Hal. 4

[Foto] Sidang Perdana

Terdakwa siding kasus dugaan korupsi Jiwasraya, Hendrisman Rahim, bersiap menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (3/6). Sidang tersebut beranggendakan pembacaan dakwaan untuk enam orang terdakwa, yaitu Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat, Hary Prasetyo, Hendrisman Rahim, Syahmirwan dan Joko Hartono Tirto.

Republika / 04-06-2020 Hal. 1

Benny Cs Didakwa Korupsi dan TPPU

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung mendakwa enam terduga korupsi dan pencucain uang PT Asuransi Jiwasraya di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat pada Rabu (3/6). Keenam terdakwa seragam dikenakan pasal memperkaya diri sendiri dan orang lain yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 16,8 triliun. Jaksa juga menebalkan sangkaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terhadap dua terdakwa.

Republika / 04-06-2020 Hal. 2

Kasus Jiwasraya Mulai Disidang

Enam terdakwa kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan, Rabu (3/6). Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Agung membacakan surat dakwaan atas nama Komisaris Utama PT Trada Alam Minera, Heru Hidayat. Heru dan lima terdakwa lainnya didakwa merugikan negara dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya sebesar Rp 16,8 triliun.

Warta Kota / 04-06-2020 Hal. 8

Pengacara Sebut Dakwaan Jaksa Terkait Perkara Jiwasraya Cacat Hukum

Penasihat Hukum Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat, Soesilo Aribowo menilai penerapan pasal dalam surat dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait perkara dugaan korupsi pengelolaan dana PT Asuransi Jiwasraya tidak tepat atau cacat idin. Soesilo menegaskan, perbuatan kliennya merupakan domain atau ranah pasar modal bukan tindak pidana korupsi seperti yang didakwa Jaksa. Untuk itu, penyelesaian kasus ini seharusnya menggunakan UU pasar modal dan OJK.

Beritasatu.com / 03-06-2020

Mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Didakwa Rugikan Negara Rp16,8 Triliun

Mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim didakwa merugikan negara senilai Rp16,8 triliun. Hal tersebut disampaikan oleh jaksa penuntut umum (JPU) saat membacakan surat dakwaan Hendrisman, terdakwa kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Bisnis.com / 03-06-2020

Nasabah Korban Jiwasraya Tagih Janji Pembayaran Klaim

Nasabah kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kembali menagih pencairan klaim asuransi kepada pemerintah. Hingga saat ini, mereka mengaku belum menerima uang yang dijanjikan, khususnya nasabah saving plan yang bekerja sama dengan bank (bancassurance).

Cnnindonesia.com / 03-06-2020

6 Tersangka Kasus Jiwasraya Hadapi Sidang Dakwaan Hari Ini

Sebanyak enam tersangka kasus korupsi Jiwasraya akan menghadapi iding perdana hari ini. Sidang diagendakan mendengarkan dakwaan dari jaksa penuntut umum. Untuk mekanisme iding, Jaksa penuntut umum, Bima Suprayoga mengatakan keenam terdakwa akan hadir dalam persidangan. Dia mengaku belum tahu apakah nanti pembacaan dakwaan dilakukan secara bersamaan atau terpisah.

Detik.com / 03-06-2020

Dukung Kampanye #DiRumahAja, Cigna Sediakan Layanan Digital

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) berkomitmen mendukung nasabah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental selama masa pandemi Covid-19 dengan menyediakan beragam layanan khusus. Hal ini mulai dari telekonsultasi gratis, e-konsultasi dengan para ahli kesehatan beserta pengantaran obat-obatannya, hingga layanan tambahan lainnya melalui portal nasabah Cigna, yaitu CignaKu.

Investor.id / 03-06-2020

SIDANG KASUS JIWASRAYA: Pengacara Bentjok dan Heru sudah hadir, sidang belum dimulai

Sidang perdana kasus Jiwasraya segera digelar pada Rabu (3/6) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sebanyak lima tersangka akan mengikuti persidangan, salah satunya Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat. Hingga saat ini, nilai aset yang telah disita oleh penyidik Kejagung ditaksir melebihi Rp 17 triliun. Salah satu aset yang disita adalah rekening efek milik nasabah Wanaartha Life.

Kontan.co.id / 03-06-2020

Sidang perdana Jiwasraya, nasabah Wanaartha Life kirim karangan bunga ke PN Jakpus

Nasabah Wanaartha Life mengirim puluhan karangan bunga ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Rabu (3/6). Kiriman karangan ini sebagai reaksi terhadap iding perdana enam tersangka Jiwasraya di PN Jakpus. Karangan bunga yang berjejer di depan pengadilan tersebut, berisikan permintaan agar uang mereka bisa kembali setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) memblokir rekening nasabah karena diduga terkait kasus Asuransi Jiwasraya.

Kontan.co.id / 03-06-2020

Asuransi dinilai memiliki peran penting di tengah pandemi

Pandemi covid-19 membuat sebagian masyarakat beranggapan terlambat untuk melakukan investasi. Menanggapi hal itu, Co-Founder & Lead Advisor Halofina Eko Pratomo mengatakan, anggapan itu dikarenakan sampai saat ini investasi masih di lakukan oleh masyarakat yang berpenghasilan tinggi. CEO PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Edy Tuhirman menyebutkan, asuransi turut dinilai penting karena melalui asuransi masyarakat bisa mendapatkan perlindungan sekaligus melakukan investasi.

Kontan.co.id / 03-06-2020

Sidang perdana kasus Asuransi Jiwasraya

Sidang perdana kasus Asuransi Jiwasraya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2020). Hingga saat ini, nilai aset yang telah disita oleh penyidik Kejagung ditaksir mencapai sekitar Rp 17 triliun. Sementara itu, di halaman iding pengadilan terdapat puluhan karangan bunga yang dikirim oleh nasabah Wanaartha Life. Karangan bunga ini sebagai reaksi terhadap iding perdana enam tersangka Jiwasraya di PN Jakpus.

Kontan.co.id / 03-06-2020

Mereka yang Diperkaya dari Kasus Dugaan Korupsi Jiwasraya

Jaksa penuntut umum pada Kejagung menyatakan, keenam terdakwa telah melakukan korupsi dalam pengelolaan dana Jiwasraya dan didakwa merugikan negara senilai Rp 16,8 triliun berdasarkan audit BPK. Dugaan korupsi Jiwasraya tersebut juga memperkaya para terdakwa yakni: Benny Tjokro diduga menerima keuntungan senilai Rp 16.807.283.375.000, Heru sebesar Rp 16,8 triliun, Hendrisman diduga menerima senilai Rp 5.525.480.680, Hary diduga menerima Rp 2.446.290.077, Syahmirwan diduga menerima Rp 4.803.200.000.

Kumparan.com / 03-06-2020

Eks Dirut PT Asuransi Jiwasraya Didakwa Rugikan Negara Rp16,8 Triliun

Mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (AJS) Hendrisman Rahim didakwa merugikan negara Rp16,8 triliun. Perbuatan itu dilakukan bersama-sama dengan kelima terdakwa lainnya.Lima terdakwa tersebut yakni Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat, Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto, Direktur PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo dan eks Kepala Divisi Investasi PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan.

Merdeka.com / 03-06-2020

FORSAWA Minta WanaArtha Life Tak Abaikan Kewajiban kepada Nasabah

Forum Pemegang Polis Asuransi WanaArtha Life (FORSAWA) meminta agar PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) melaksanakan kewajibannya dalam memenuhi hak pemegang polis. Pemerintah pun diminta untuk memperhatikan nasib para nasabah yang terabaikan itu.

Sindonews.com / 03-06-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.095

IHSG (per 3 Juni 2020)

   4.941,01

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Investor Daily, Media Indonesia, Republika, Warta Kota, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Investor.id, Kontan.co.id, Kumparan.com, Merdeka.com, Sindonews.com.

DOWNLOAD PDF