AAJI Daily News - 29 Juli 2020


Tanggal terbit (29 / 07 / 2020)

Rabu, 29 Juli 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Bumiputera Mencicil Klaim Rp 5,3 Triliun
  2. Allianz Ajak Gabung di Allianz Smart Point
  3. Lanjutan Drama Sidang Jiwasraya
  4. Nasabah Jiwasraya Desak Kemenkeu Bayaran Polis Sebelum Restrukturisasi
  5. Nasabah Jiwasraya Minta Kemenkeu Siapkan Dana Sebelum Restrukturisasi
  6. Suntikan Modal Jiwasraya, Sri Mulyani: Saya Masih Fokus Covid-19
  7. Alasan Pemegang Polis WanaArtha Layangkan Gugatan Class Action
  8. Raih WTP, Gus Jazil: Dua PR Kejagung, Djoko Tjandra & Jiwasraya
  9. Kejaksaan Agung Periksa 25 Saksi Terkait Kasus Korupsi Jiwasraya
  10. Jejak Dana Rp 8,6 M Jiwasraya yang Diduga Ditempatkan di Saham Bermasalah
  11. Dalami Peran Broker & MI Jiwasraya, Kejagung Periksa 25 Saksi
  12. Sri Mulyani soal Suntikan Modal ke Jiwasraya: Saya Masih Fokus Covid-19
  13. Periksa 25 Saksi, Kejagung Dalami Korupsi Jiwasraya
  14. Menkeu Sibuk Urus Ekonomi, Suntikan Dana untuk Jiwasraya Masih Gelap
  15. Mulai September Nanti, Bumiputera Mencicil Klaim Rp 5,3 Triliun

INDUSTRI & ASURANSI

Bumiputera Mencicil Klaim Rp 5,3 Triliun

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 berjanji akan mencicil pembayaran ke nasabah. Rencananya, outstanding klaim sebesar Rp5,3 triliun mulai dibayar September 2020, kata Direktur Utama AJB Bumiputera, Faizal Karim. Bumiputera memprioritaskan pembayaran ke klaster atau kelompok polis dengan klaim bernilai rendah. Faizal membaginya dalam lima klaster dan paling rendah bernilai Rp1 juta – Rp10 juta. Sumber dana utama berasal dari internal perusahaan seperti klaim reasuransi dan factoring atau piutang polis. Perusahaan juga memiliki reksadana penyertaan terbatas (RDPT), kontrak investasi kolektif efek beragun aset (KIK-EBA) dan lainnya. Dari dana pasar modal, Faizal memperkirakan Bumiputera bisa melunasi utang antara 35% - 40% dari total klaim.

Kontan, hal. 19/ 29-07-2020

Allianz Ajak Gabung di Allianz Smart Point

Allianz mengajak nasabah yang merupakan pengusaha UKM untuk bergabung jadi merchant Allianz Smart Point. Allianz Smart Point adalah loyalty program berbasis Aplikasi, yang memberikan poin kepada nasabah yang memenuhi kriteria dan poin yang telah dikumpulkan bisa ditukar (redeem) dengan beragam promo dan e-voucher menarik dari berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan Allianz. “Program ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami kepada Nasabah atas kepercayaannya dalam memilih Allianz sebagai mitra dalam memberikan perlindungan asuransi," kata Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2015, Allianz Smart Point telah bekerja sama dengan lebih dari 80 merchant dari berbagai jenis usaha.

Warta Kota, hal. 5/ 29-07-2020

Lanjutan Drama Sidang Jiwasraya

Sidang Jiwasraya dari hari ke hari mengungkapkan fakta-fakta persidangan. Salah satunya hari ini beberapa saksi mengungkapkan proses penggunaan jasa broker dan nomineeu untuk transaksi saham. Dalam persidangan terungkap bahwa ada beberapa nama atau nominee yang digunakan Benny Tjokrosaputro dalam bertransaksi saham. Ada nama-nama lain yang dipakai yang berasal dari lingkungan keluarga Benny Tjokrosaputro sendiri, mulai dari istri, adik kandung, sepupu hingga kerabat keluarga lainnya.

Cnbcindonesia.com / 27-07-2020

Nasabah Jiwasraya Desak Kemenkeu Bayaran Polis Sebelum Restrukturisasi

Nasabah pemegang polis saving plan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menagih komitmen Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selaku ultimate shareholders Jiwasraya. Nasabah meminta Kemenkeu menyiapkan uang pengembalian dana nasabah, sebelum rencana restrukturisasi di tubuh Jiwasraya berjalan. Salah satu nasabah Jiwasraya Machril mengatakan, pihaknya menunggu adanya negosiasi dari Kemenkeu terkait rencana restrukturisasi. Ia meminta pemerintah harus memastikan terkait kepastian pembayaran polis terlebih dahulu.

Jawapos.com / 28-07-2020

Nasabah Jiwasraya Minta Kemenkeu Siapkan Dana Sebelum Restrukturisasi

Jelang restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya, pemerintah diharapkan sudah menyiapkan dana untuk mengganti investasi nasabah pemegang polis. Salah satu pemegang polis produk JS Saving Plan Jiwasraya, Machril mengatakan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus berkomitmen menyiapkan dana sebelum restrukturisasi polis dilakukan mulai Agustus 2020. Sebab, Kemenkeu merupakan ultimare shareholder Jiwasraya.

Katadata.co.id / 28-07-2020

Suntikan Modal Jiwasraya, Sri Mulyani: Saya Masih Fokus Covid-19

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum bisa membahas mengenai suntikan modal ke PT Jiwasraya (Persero). Pasalnya kerugian Jiwasraya yang membuat nasabah belum bisa mendapatkan ganti rugi. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, suntikan dana untuk Jiwasraya belum bisa dibahas. Lantaran, masih fokus dalam menyusun anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Okezone.com / 28-07-2020

Alasan Pemegang Polis WanaArtha Layangkan Gugatan Class Action

Pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha (WAL) secara resmi mengajukan tuntutan class action (CA) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (23/7). Gugatan ini dilakukan usai upaya praperadilan yang ditempuh para pemegang polis atau nasabah dinyatakan gugur oleh PN Jaksel karena pokok perkara telah digelar di PN Jakarta Pusat yang menyidangkan perkara tindak pidana korupsi Asuransi Jiwasraya.

Tirto.id / 28-07-2020

Raih WTP, Gus Jazil: Dua PR Kejagung, Djoko Tjandra & Jiwasraya

Dalam pemeriksaan yang dilakukan, Kejaksaan Agung meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan hasil audit BPK terhadap laporan pengelolaan dan pertanggungjawaban penggunaan Keuangan Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2019. WTP yang diraih kembali, menurut ST Burhanuddin disebut bentuk kesadaran dan kewajiban untuk mematuhi setiap ketentuan. Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid berharap ke depan Kejagung semakin transparan dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran dan pelayanan publik.

Wartaekonomi.co.id / 28-07-2020

Kejaksaan Agung Periksa 25 Saksi Terkait Kasus Korupsi Jiwasraya

Tim Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung RI kembali melakukan pemeriksaan terhadap 25 saksi terkait kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (persero). Di antaranya, Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK, Hoesen, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edi Purnomo, dan Staf pada DPTE OJK Ayu Ardillah. Selain itu, ada dua saksi yang berasal dari perusahaan manajer investasi yang memberikan keterangan terhadap tersangka Fakhri Hilmi.

Tribunnews.com / 28-07-2020

Jejak Dana Rp 8,6 M Jiwasraya yang Diduga Ditempatkan di Saham Bermasalah

Dana senilai Rp 8,6 miliar milik PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diduga ditempatkan untuk membeli saham yang tak likuid di emiten minyak dan gas PT Sugih Energy Tbk berkode SUGI pada 23 Maret 2020. Penempatan dana itu merupakan bagian dari portofolio reksa dana OSO Fibres Equity Fund yang diterbitkan PT OSO Manajement Investasi. Kuasa Hukum mantan Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim, Maqdir Ismail, mempersoalkan penempatan reksa dana ini oleh manajer investasi. Musababnya, saham SUGI telah diketahui bermasalah beberapa bulan sebelum masuk dalam portofolio reksa dana OSO Fibres Equity Fund.

Tempo.co / 28-07-2020

Dalami Peran Broker & MI Jiwasraya, Kejagung Periksa 25 Saksi

Kejaksaan Agung kembali melakukan pemeriksaan terhadap 25 orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pemeriksaan ini berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor Print-33/F.2/Fd.1 /12/2019 tanggal 27 Desember 2019 dan pemeriksaan saksi perkara dengan Tersangka Korporasi dan oknum pejabat OJK.

Cnbcindonesia.com / 28-07-2020

Sri Mulyani soal Suntikan Modal ke Jiwasraya: Saya Masih Fokus Covid-19

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum bisa membahas mengenai suntikan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pasalnya, pemerintah masih fokus penanganan pandemi virus corona (Covid-19). Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) sangatlah besar sehingga pemerintah harus menetapkan prioritas utama.

Inews.id / 28-07-2020

Periksa 25 Saksi, Kejagung Dalami Korupsi Jiwasraya

Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pemeriksaan terhadap 25 saksi terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Heri Setiyono keterangan 25 orang saksi sebagai pengurus, karyawan perusahaan Manager Investasi, karyawan Jiwasraya, dan selaku pejabat atau pegawai pada OJK dianggap perlu.

Tagar.id / 28-07-2020

Menkeu Sibuk Urus Ekonomi, Suntikan Dana untuk Jiwasraya Masih Gelap

Kementerian Keuangan belum bisa membahas soal suntikan dana ke PT Jiwasraya. Pasalnya fokus utama Menteri Keuangan Sri Mulyani saat ini adalah menyusun anggaran untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sebagai informasi, laporan keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tahun buku 2019 telah diaudit dengan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh Kantor Akutansi Publik (KAP) Kanaka Puradiredja, Suhartono. Berdasarkan laporan keuangan tersebut, posisi aset perusahaan di akhir 2019 tercatat sebesar Rp 18,13 triliun. Sementara itu, posisi kewajiban pada tahun buku 2019 berada di angka Rp52,74 triliun, dengan nilai ekuitas tercatat minus Rp34,61 triliun.

Sindonews.com / 28-07-2020

Mulai September Nanti, Bumiputera Mencicil Klaim Rp 5,3 Triliun

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 berjanji akan mencicil pembayaran ke nasabah. Menurut rencana, mulai September 2020 nanti mereka akan membayar oustanding klaim sebesar Rp 5,3 triliun. Berbagai opsi pendanaan tengah dipersiapkan untuk bayar klaim dari 365.000 polis itu. "Jika Agustus (kesepakatan pendanaan) ada yang deal, maka uang bisa masuk. September 2020 mulai bayar klaim," kata Direktur Utama AJB Bumiputera, Faizal Karim, Senin (27/7).

Kontan.co.id / 29-07-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.535

IHSG (per 24 Februari 2020)

   5.112,99

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, Warta Kota, Akurat.co, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Gatra.com, Jawapos.com, Katadata.co.id, Okezone.com, Tirto.id, Wartaekonomi.co.id., Tribunnews.com, Tagar.id, Tempo.co, Inews.id, Sindonews.com, Nkriku.com

DOWNLOAD PDF