AAJI Daily News - 18 Maret 2020


Tanggal terbit (18 / 03 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 18 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Momentum Tingkatkan Kesadaran Berasuransi di Tengah Pandemi
  2. Respons Isu Corona, Ini yang Bisa Dilakukan Asuransi Jiwa
  3. Ragam Proteksi 5 Perusahaan Asuransi Terkait Virus Corona
  4. Wabah Corona, AIA Tetap Berikan Proteksi Kepada Nasabah
  5. Covid-19 AIA Berikan Proteksi Tambahan kepada Nasabah
  6. Tanggapan Jiwasraya
  7. Klaim Asuransi Via Mobile
  8. Kejaksaan Agung Pasang Plang Penyitaan Di 458 Tanah Bentjok
  9. Kejagung Sita 458 Tanah Milik Benny Tjokro
  10. Asuransi Jiwa Generali Resmi Buka Kantor Keagenan di Jambi
  11. Tekan Penyebaran Corona, AASI Terapkan Work From Home
  12. Meski berstatus pandemi, AXA Mandiri tetap lindungi nasabah akibat virus corona
  13. AIA Berikan Proteksi Lebih Kepada Nasabah dalam Upaya Menghadapi Covid-19
  14. Prudential Indonesia berikan perlindungan kepada nasabah yang terkena corona
  15. Meski berstatus pandemi, asuransi ini masih beri perlindungan Covid-19
  16. Tanggap Pandemi COVID-19, AIA Beri Proteksi Lebih Kepada Nasabah
  17. Gali Keterangan Tambahan, Kejagung Kembali Periksa Dua Eks Direktur Jiwasraya
  18. Kejagung Periksa 5 Saksi Usut Dugaan Korupsi Jiwasraya
  19. Regulasi Qanun Perlu Dibarengi Edukasi

TENTANG AAJI

Momentum Tingkatkan Kesadaran Berasuransi di Tengah Pandemi

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai kondisi saat ini bukan hanya berisi ancaman, tetapi memiliki peluang yang perlu dioptimalkan oleh para pelaku bisnis asuransi. Kondisi pandemi seperti saat ini dinilai sebagai momentum tepat untuk meningkatkan kesadaran berasuransi masyarakat dengan menyosialisasikan pentingnya perlindungan jiwa.

Bisnis.com / 17-03-2020

Respons Isu Corona, Ini yang Bisa Dilakukan Asuransi Jiwa

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan bahwa penyebaran Covid-19 akan mempengaruhi perekonomian, baik bagi pekerja maupun pengusaha. Togar pun menilai bahwa kondisi saat ini bukan hanya berisi ancaman, tetapi terdapat peluang yang perlu dioptimalkan para pelaku bisnis asuransi. Kondisi pandemi dinilai sebagai momentum yang tepat untuk menyosialisasikan pentingnya perlindungan jiwa.

Bisnis.com / 17-03-2020

Ragam Proteksi 5 Perusahaan Asuransi Terkait Virus Corona

Sejumlah perusahaan asuransi  mengumumkan memiliki perlindungan terhadap infeksi virus corona atau Covid-19 yang dapat menyebabkan wabah. Berikut rangkuman proteksi asuransi terkait infeksi virus corona: Prudential Pastikan Perlindungan dan Tes Corona, AIA Financial berikan manfaat tambahan, Sequis beri perlindungan termasuk cashback, Manulife beri manfaat penuh, Simas Jiwa bayar manfaat tutup usia.

Bisnis.com / 17-03-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Wabah Corona, AIA Tetap Berikan Proteksi Kepada Nasabah

Menanggapi ditetapkannya Covid-19 sebagai Pandemi oleh World Health Organization (WHO), PT AIA Financial (AIA) memastikan untuk tetap memproteksi nasabah guna memberikan ketenangan atas merebaknya Covid-19 di Indonesia. AIA memastikan bahwa nasabah akan tetap mendapatkan proteksi mulai dari perawatan inap dan biaya tes Covid-19 selama nasabah diharuskan untuk menjalani rawat inap, hingga perlindungan jika nasabah mengalami komplikasi penyakit kritis yang diakibatkan virus Covid-19.

HE Neraca / 18-03-2020 Hal. 5

Covid-19 AIA Berikan Proteksi Tambahan kepada Nasabah

PT AIA Financial (AIA) memberikan proteksi tambahan kepada nasabah guna memberikan ketenangan atas merebaknya virus korona. AIA memastikan bahwa nasabah akan tetap mendapatkan proteksi mulai dari perawatan inap dan biaya tes Covid-19 selama nasabah diharuskan untuk menjalani rawat inap, hingga perlindungan jika nasabah mengalami komplikasi penyakit kritis yang diakibatkan virus Covid-19.

Investor Daily / 18-03-2020 Hal. 23

Tanggapan Jiwasraya

Menanggapi surat pembaca di Harian Kompas pada Rabu (4/3)  perihal “Polis Belum Dibayar” atas nama Agung Wibowo, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Agung sebagai pemegang polis Asuransi Jiwasraya. Untuk klaim manfaat asuransi Dwi Guna Menaik, kami sampaikan permohonan maaf atas keterlambatat pembayaran klaim karena saat ini Jiwasraya sedang dalam proses penyehatan perusahaan.

Kompas / 18-03-2020 Hal. 7

Klaim Asuransi Via Mobile

Guna mencegah penyebaran virus corona 2019, PT BNI Life Insurance mengimbau para pemegang polis menggunakan layanan digital BNI Life Mobile dalam proses klaim. Hal ini guna mengurangi interaks langsung antara pemegang polis dan karyawan BNI.

Kontan / 18-03-2020 Hal. 20

Kejaksaan Agung Pasang Plang Penyitaan Di 458 Tanah Bentjok

Kejaksaan Agung memasang plang penyitaan terhadap ratusan bidang tanah milik Benny Tjokrosaputro, tersangka kasus korupsi pengelolaan investasi PT Asuransi Jiwasraya. Pemasangan plang sita ada di 458 titik tanah. Ratusan bidang tanah itu akan diserahkan kepada pemerintah untuk menutupi kerugian negara akibat kasus Jiwasraya.

Rakyat Merdeka / 18-03-2020 Hal. 3

Kejagung Sita 458 Tanah Milik Benny Tjokro

Kejaksaan Agung memasang plang sita atas 458 titik aset tak bergerak milik tersangka Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro yang berada di Lebak, Banten. Direktur Penyidikan (Dirdik) Pidsus di Kejakgung Febrie Andriansyah menerangkan, ratusan bidang tanah itu sudah terindentifikasi kepemilikannya.

Republika / 18-03-2020 Hal. 4

Asuransi Jiwa Generali Resmi Buka Kantor Keagenan di Jambi

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meresmikan kantor keagenan baru di Kota Jambi dengan nama AG- Jambi All Star yang terletak di Jalan Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro No. 5D. Peresmian ini dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus memperkuat jalur distribusi keagenan di wilayah Sumatera.

Berempat.com / 17-03-2020

Tekan Penyebaran Corona, AASI Terapkan Work From Home

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia atau AASI memberlakukan operasional kerja dari rumah atau work from home hingga akhir Maret 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif AASI Erwin Noekman melalui Panduan Bekerja Jarak Jauh (work from home atau WFH) bagi seluruh staf AASI. Panduan tersebut mulai disosialisasikan kepada seluruh staf pada Senin (16/3/2020).

Bisnis.com / 17-03-2020

Meski berstatus pandemi, AXA Mandiri tetap lindungi nasabah akibat virus corona

PT AXA Mandiri Financial Service (AXA Mandiri) memberikan proteksi diri terhadap virus corona walaupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menaikkan statusnya pandemi dan pemerintah menanggung biaya kesehatan pasien penyakit ini.

Kontan.co.id / 17-03-2020

AIA Berikan Proteksi Lebih Kepada Nasabah dalam Upaya Menghadapi Covid-19

Menanggapi ditetapkannya Covid-19 sebagai Pandemi oleh World Health Organization (WHO), PT AIA FINANCIAL (AIA) memastikan untuk tetap memproteksi nasabah guna memberikan ketenangan atas merebaknya Covid-19 di Indonesia. AIA memastikan bahwa nasabah akan tetap mendapatkan proteksi mulai dari perawatan inap dan biaya tes Covid-19 selama nasabah diharuskan untuk menjalani rawat inap, hingga perlindungan jika nasabah mengalami komplikasi penyakit kritis yang diakibatkan virus Covid-19.

Kontan.co.id / 17-03-2020

Prudential Indonesia berikan perlindungan kepada nasabah yang terkena corona

Prudential Indonesia tetap memberikan perlindungan sesuai dengan manfaat dan ketentuan Polis untuk seluruh produk yang dimiliki nasabah, termasuk kondisi-kondisi yang disebabkan oleh virus corona (covid-19) mesti statusnya telah ditetapkan sebagai pandemi serta memberikan perlindungan tambahan dan berbagai kemudahan yang dirancang secara khusus untuk kasus covid-19, yang berlaku dari 28 Januari hingga 30 April 2020.

Kontan.co.id / 17-03-2020

Meski berstatus pandemi, asuransi ini masih beri perlindungan Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus corona atau covid-19 sebagai pandemi. Artinya, pemerintah ikut menanggung biaya pengobatan akibat virus corona. Kendati demikian, beberapa perusahaan asuransi masih memberikan perlindungan bagi pemegang polis yang dinyatakan positif covid-19 seperti:  PT FWD Life Indonesia dan PT Prudential Life Assurance.

Kontan.co.id / 17-03-2020

Tanggap Pandemi COVID-19, AIA Beri Proteksi Lebih Kepada Nasabah

PT AIA FINANCIAL (AIA) memastikan untuk tetap memproteksi nasabah guna memberikan ketenangan di tengah ditetapkannya COVID-19 sebagai pandemi oleh WHO. Produk AIA telah dirancang untuk memberikan perlindungan tanpa pengecualian status pandemi seperti virus COVID-19, sehingga AIA memastikan bahwa nasabah akan tetap mendapatkan proteksi.

Kumparan.com / 17-03-2020

Gali Keterangan Tambahan, Kejagung Kembali Periksa Dua Eks Direktur Jiwasraya

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono merilis perkembangan penyidikan. Hari ini, diketahui ada lima orang diperiksa sebagai saksi terkait kasus ini. Dia menambahkan, kesaksian diberikan kelima orang tersebut adalah kesaksian tambahan, setelah sebelumnya Kejaksaan Agung sudah pernah meminta keterangan kepada mereka sebelumnya.

Merdeka.com / 17-03-2020

Kejagung Periksa 5 Saksi Usut Dugaan Korupsi Jiwasraya

Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pemeriksaan terhadap lima saksi, dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kelima saksi itu adalah, Hendrisman Rahun, Hari Prasetyo, MBA, Muhammad Harfan, Daniel Halim, Direktur PT. Asuransi Jiwa Adisarana Wana Artha, dan Edmond Setiadarma.

Okezone.com / 17-03-2020

Regulasi Qanun Perlu Dibarengi Edukasi

Regulasi qanun di Aceh yang mewajibkan operasional lembaga keuangan berbasis syariah, termasuk asuransi perlu dibarengi dengan edukasi. Pengamat Ekonomi Syariah Institut Pertanian Bogor, Irfan Syauqi Beik menyampaikan regulasi tanpa edukasi akan jadi tidak efektif.

Republika.co.id / 17-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.173

IHSG (per 17 Maret 2020)

   4.456,75

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Investor Daily, Kompas, Kontan, Rakyat Merdeka, Republika, Bisnis.com, Berempat.com, Kontan.co.id, Kumparan.com, Merdeka.com, Okezone.com, Republika.co.id.

DOWNLOAD PDF