AAJI Daily News - 19 Maret 2020


Tanggal terbit (19 / 03 / 2020)

Kamis, 19 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. [Foto] Asuransi Jiwa Tumbuh Positif
  2. Asuransi Tetap Mengandalkan Bancassurance
  3. Kanal bancassurance masih jadi penopang industri asuransi jiwa
  4. 90 Persen Asuransi Jiwa Komitmen Cover Nasabah yang Positif Corona
  5. 90 Persen Asuransi Jiwa Komitmen Cover Nasabah yang Positif Corona
  6. Tanah Benny Tjokro Disita
  7. Penyehatan Jiwasraya Jalan Terus
  8. Allianz Kerjasama dengan Bank QNB Indonesia untuk Pasarkan Produk
  9. Asuransi BRI Life Terapkan Work From Home di Seluruh Unit Kerja
  10. DPR Janji Segera Bahas Klaim Jiwasraya
  11. Gandeng Allianz Life, QNB Pasarkan Produk Unit Link
  12. Antisipasi Korona, BRI Life Terapkan Work From Home
  13. Kementerian BUMN: COVID-19 tidak ubah rencana Jiwasraya bayar klaim
  14. Allianz Life Kontrak Bancassurance dengan Bank QNB (BKSW) 10 Tahun
  15. Ada Corona, Bagaimana Pembayaran Klaim Nasabah Jiwasraya?
  16. Allianz Gandeng Bank QNB Indonesia untuk Pasarkan Asuransi Jiwa
  17. Sediakan saluran bancassurance, Allianz Indonesia gandeng Bank QNB Indonesia
  18. Pembayaran Klaim Nasabah Jiwasraya Tak Terganggu Korona
  19. Rencana Pengembalian Dana Nasabah Jiwasraya Tetap Maret
  20. Allianz Life Gandeng QNB Indonesia Perluas Pasar
  21. Allianz & Bank QNB Jalin Kerja Sama Rilis 2 Produk Asuransi Jiwa
  22. Asuransi Syariah dan UUS Bersiap Masuk Pasar Aceh
  23. Pemain asuransi syariah siap menadah bisnis dari penerapan Qanun Aceh
  24. AAUI: Asuransi umum bisa manfaatkan unit syariah dalam penerapan Qanun Aceh
  25. OJK mulai persiapkan asuransi untuk terapkan Qanun Aceh

TENTANG AAJI

[Foto] Asuransi Jiwa Tumbuh Positif

AAJI mencatat pertumbuhan positif di industri asuransi jiwa pada 2019. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon menyebutkan premi berkala tumbuh 14%, premi baru tumbuh 11,1% dan total premi tumbuh 6% dengan total aset industri hampir mencapai Rp570 triliun, selain itu AAJI juga melakukan pembayaran manfaat kepada nasabah sebesar lebih dari Rp140 triliun.

Investor Daily / 19-03-2020 Hal. 24

Asuransi Tetap Mengandalkan Bancassurance

Bancassurance masih menjadi penopang bisnis asuransi jiwa. AAJI mencatat, kanal bancassurance menyumbang 42,7% dari total premi industri yakni Rp 84,08 triliun pada tahun lalu. Jumlah tersebut meningkat 5,4% dari realisasi 2018 sebesar Rp 79,77 triliun. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyebut, bancassurance menjadi jalur distribusi penting serta efektif memasarkan produk asuransi kepada masyarakat secara luas dan cepat melalui bank.

Kontan / 19-03-2020 Hal. 20

Kanal bancassurance masih jadi penopang industri asuransi jiwa

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, kanal bancassurance menyumbang 42,7% dari total premi industri yakni Rp 84,08 triliun pada tahun lalu. Jumlah tersebut meningkat 5,4% dari realisasi 2018 sebesar Rp 79,77 triliun. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyebut, bancassurance menjadi jalur distribusi penting serta efektif memasarkan produk asuransi kepada masyarakat secara luas dan cepat melalui bank.

Kontan.co.id / 18-03-2020

90 Persen Asuransi Jiwa Komitmen Cover Nasabah yang Positif Corona

Sebanyak 90 persen dari total 60 perusahaan asuransi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berkomitmen untuk memberikan perlindungan nasabahnya terhadap virus corona atau Covid-19. Demikian yang disampaikan Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu.

Wartaekonomi.co.id / 18-03-2020

90 Persen Asuransi Jiwa Komitmen Cover Nasabah yang Positif Corona

Sebanyak 90 persen dari total 60 perusahaan asuransi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berkomitmen untuk memberikan perlindungan nasabahnya terhadap virus corona atau Covid-19. Demikian yang disampaikan Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu.

Investing.com / 18-03-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Tanah Benny Tjokro Disita

Kejagung diketahui telah melakukan penyitaan terhadap 458 bidang tanah atas nama Benny Tjokrosaputro terkait dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi penempatan dana investasi di PT Asuransi Jiwasraya. Lembaga hukum itu juga telah memberi tanda penyitaan terhadap bidang tanah yang disita itu.

Bisnis Indonesia / 19-03-2020 Hal. 8

Penyehatan Jiwasraya Jalan Terus

Staff Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan bahwa pemerintah akan tetap melaksanakan proses penyehatan Jiwasraya dan pembayaran klaim sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Menurut Arya,, pembayaran awal tersebut akan tetap berlangsung pada akhir Maret 2020 karena telah disiapkan oleh Kementerian BUMN dan Jiwasraya.

Bisnis Indonesia / 19-03-2020 Hal. 14

Allianz Kerjasama dengan Bank QNB Indonesia untuk Pasarkan Produk

PT Asuransi Allianz Life Indonesia jalin kerjasama dengan PT Bank QNB Indonesia Tbk dalam penyedian fasilitas saluran distribusi bancassurance. Lewat kerjasama ini, Allianz Life Indonesia akan menjadi penyedia produk dan layanan asuransi jiwa bagi nasabah Bank QNB Indonesia untuk 10 tahun ke depan.

HE Neraca / 19-03-2020 Hal. 5

Asuransi BRI Life Terapkan Work From Home di Seluruh Unit Kerja

PT Asuransi BRI Life siap mematuhi arahan dan ketentuan regulator dan Pemerintah Republik Indonesia dalam mencegah penyebaran virus corona. Untuk itu, terkait dengan implementasi work from home, Asuransi BRI Life menerapkan hal tersebut di seluruh wilayah unit kerja kantor pusat Jl. Rasuna Said Jakarta dan kantor-kantor layanan baik di Jakarta dan di luar Jakarta.

HE Neraca / 19-03-2020 Hal. 11

DPR Janji Segera Bahas Klaim Jiwasraya

DPR RI menjanjikan seger membahas pembayaran klaim nasabah asuransi PT Jiwasraya (Persero). Dijadwalkan para wakil rakyat pada akhir Maret ini sekaligus menentukan opsi penyelamatan BUMN tersebut. Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza menjelaskan, penyelesaian kasus Jiwasraya terus berjalan. Namun, ketentuan pembayaran klaim baru akan ditetapkan setelah sidang gabungan pemerintah melalui BUMN, Komisi VI, Komisi XI, dan Komisi III DPR serta manajemen Jiwasraya pada akhir bulan ini.

Indopos / 19-03-2020 Hal.2

Gandeng Allianz Life, QNB Pasarkan Produk Unit Link

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank QNB Indonesia Tbk (Bank QNB Indonesia) mengumumkan peresmian kerja sama strategis untuk menyediakan solusi perlindungan asuransi melalui jalur distribusi bancassurance. Bentuk komitmen ini ditandai dengan peluncuran dua produk perlindungan asuransi jiwa unit link, First InvestShield dan First LifeShield.

Investor Daily / 19-03-2020 Hal. 23

Antisipasi Korona, BRI Life Terapkan Work From Home

Demi meminimalisir penyebaran virus corona. BRI Life menetapkan work from home (WFH) . Mekanismenya dengan menjalankan operasional sesuai kelompok kerja. Penerapan sistem WFH mengutamakan pegawai yang berusia lebih dari 50 tahun, tengah mengandung hingga pegawai yang berdomisili di daerah suspect korona.

Kontan / 19-03-2020 Hal. 20

Kementerian BUMN: COVID-19 tidak ubah rencana Jiwasraya bayar klaim

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan bahwa adanya wabah COVID-19 tidak mengubah rencana PT Asuransi Jiwasraya (Persero) membayarkan klaim nasabah pada akhir Maret ini.

Antaranews.com / 18-03-2020

Allianz Life Kontrak Bancassurance dengan Bank QNB (BKSW) 10 Tahun 

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) menggandeng PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW) dalam menyalurkan produk bancassurance. Allianz Life Indonesia akan menjadi penyedia produk dan layanan asuransi jiwa bagi nasabah Bank QNB Indonesia untuk 10 tahun ke depan. Kerja sama ini mulai efektif pada 24 Februari 2020 lalu.

Bisnis.com / 18-03-2020

Ada Corona, Bagaimana Pembayaran Klaim Nasabah Jiwasraya?

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan rencana pembayaran klaim nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada akhir Maret 2020 tidak berubah meskipun sejumlah sektor terhenti karena virus corona. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan pemerintah akan tetap melaksanakan proses penyehatan Jiwasraya dan pembayaran klaim sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Bisnis.com / 18-03-2020

Allianz Gandeng Bank QNB Indonesia untuk Pasarkan Asuransi Jiwa

PT Asuransi Allianz Life Indonesia dan PT Bank QNB Indonesia Tbk menjalin kerja sama dalam penyediaan produk asuransi melalui jalur distribusi perbankan alias bancassurance. Allianz Life Indonesia akan menjadi penyedia produk dan layanan asuransi jiwa bagi nasabah Bank QNB Indonesia selama 10 tahun ke depan. Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier mengatakan kerja sama ini mulai efektif pada 24 Februari 2020.

Katadata.co.id / 18-03-2020

Sediakan saluran bancassurance, Allianz Indonesia gandeng Bank QNB Indonesia

PT Asuransi Allianz Life Indonesia jalin kerjasama dengan PT Bank QNB Indonesia Tbk dalam penyedian fasilitas saluran distribusi bancassurance. Lewat kerjasama ini, Allianz Life Indonesia akan menjadi penyedia produk dan layanan asuransi jiwa bagi nasabah Bank QNB Indonesia untuk 10 tahun ke depan.

Kontan.co.id / 18-03-2020

Pembayaran Klaim Nasabah Jiwasraya Tak Terganggu Korona

Staf Ahli Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga memastikan pembayaran klaim nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tidak terhambat oleh pendemik virus korona (covd-19) yang terjadi di Tanah Air. Arya mengatakan keputusan pembayaran saat ini masing menunggu hasil rapat dengan panitia kerja (panja) DPR RI. Namun, ia menegaskan pihaknya konsisten untuk membayarkan di bulan ini.

Medcom.id / 18-03-2020

Rencana Pengembalian Dana Nasabah Jiwasraya Tetap Maret

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, Kementerian BUMN tetap berusaha mengupayakan pengembalian dana nasabah Jiwasraya pada Maret seperti rencana awal, meski saat ini pemerintah sedang fokus dalam penanganan penyebaran virus Korona jenis baru atau Covid-19.

Republika.co.id / 18-03-2020

Allianz Life Gandeng QNB Indonesia Perluas Pasar

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menggandeng Bank QNB Indonesia menyediakan solusi perlindungan asuransi karyawan QNB melalui jalur distribusi bancassurance untuk 10 tahun ke depan. Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, mengatakan kemitraan yang dibangun dengan Bank QNB Indonesia akan menyatukan dua kekuatan brand.

Swa.co.id / 18-03-2020

Allianz & Bank QNB Jalin Kerja Sama Rilis 2 Produk Asuransi Jiwa

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank QNB Indonesia Tbk (Bank QNB Indonesia) mengumumkan peresmian kerja sama strategis untuk menyediakan solusi perlindungan asuransi melalui jalur distribusi bancassurance. Bentuk komitmen ini ditandai dengan peluncuran dua produk perlindungan asuransi jiwa unit link, First InvestShield dan First LifeShield.

Tirto.id / 18-03-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Asuransi Syariah dan UUS Bersiap Masuk Pasar Aceh

Peraturan daerah atau Qanun Aceh telah mewajibkan lembaga keuangan non bank menerapkan prinsip syariah, tak terkecuali asuransi syariah. Ketua Umum AASI Ahmad Syaroni mengatakan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) dan para anggota siap untuk menangkap peluang bisnis ini. Beberapa bank sudah mulai merintis pelaksanaan dan lembaga keuangan syariah lain harus ikuti jejak itu.

Kontan / 19-03-2020 Hal. 20

Pemain asuransi syariah siap menadah bisnis dari penerapan Qanun Aceh

Peraturan daerah atau Qanun Aceh telah mewajibkan lembaga keuangan non bank menerapkan prinsip syariah, tak terkecuali asuransi syariah. Ketua Umum AASI Ahmad Syaroni mengatakan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) dan para anggota siap untuk menangkap peluang bisnis ini. Beberapa bank sudah mulai merintis pelaksanaan dan lembaga keuangan syariah lain harus ikuti jejak itu.

Kontan.co.id / 18-03-2020

AAUI: Asuransi umum bisa manfaatkan unit syariah dalam penerapan Qanun Aceh

Qanun nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah bakal mewajibkan perusahaan asuransi menerapkan prinsip syariah di Aceh. Kebijakan ini bakal efektif pada 4 Januari 2022 mendatang. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mulai melihat bagaimana anggota bisa memenuhi belied tersebut.

Kontan.co.id / 18-03-2020

OJK mulai persiapkan asuransi untuk terapkan Qanun Aceh

OJK mulai menyiapkan berbagai langkah guna memenuhi Qanun nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (Qanun LKS). Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan OJK telah menyososialisasi ketentuan Qanun LKS kepada para pelaku asuransi umum konvensional. Juga penilaian kesiapan perusahaan asuransi umum konvensional untuk menjalankan model bisnisnya sesuai syariah.

Kontan.co.id / 18-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.223

IHSG (per 18 Maret 2020)

   4.330,67

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Indopos, Investor Daily, Kontan, Antaranews.com, Bisnis.com, Investing.com, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Medcom.id, Republika.co.id, Swa.co.id, Tirto.id.

DOWNLOAD PDF