AAJI Daily News - 1 Juli 2020


Tanggal terbit (01 / 07 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

 Rabu, 1 Juli 2020  

HEADLINE NEWS

  1. AAJI: Reformasi di IKNB Sudah Sangat Mendesak!
  2. Ukur Pentingnya Lembaga Pengawas IKNB, Ini Kata AAJI
  3. Alert! Dana Asuransi Rp 300 T di Pasar Modal, Harus Dijaga
  4. Geger Jiwasraya, Begini Dampak ke Industri Asuransi Jiwa
  5. Tugas Berat di Pundak Industri Asuransi Nasional
  6. Kejagung Periksa Fakhri Hilmi
  7. Kinerja Tugu Insurance
  8. Allianz Life Syariah Bukukan Premi Rp 1,2 Triliun
  9. 2019, Pertumbuhan Laba Tugu Insurance Melonjak 145%
  10. Nasabah Menggugat Wanaartha
  11. Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Jiwasraya
  12. Komisi VI DPR Setujui PNM Jiwasraya
  13. Prudential Indonesia Hadirkan PRUSolusi Sehat
  14. Kasus Jiwasraya: Beredar Tulisan Benny Tjokro yang Menyinggung Saham Grup Bakrie
  15. Jangan-jangan Ada BUMN Lain yang Bakal Terseret Jiwasraya?
  16. Forsawa Harapkan Masalah WanaArtha Life Masuk Agenda Panja Jiwasraya
  17. Nasabah WanaArtha Life Berharap Pada Panja Jiwasraya DPR
  18. Prudential Luncurkan Dua Produk Asuransi Murni Proteksi Kesehatan
  19. Pasar Saham Belum Stabil, Ini Antisipasi BNI Life
  20. BNI Life Mencatatkan RBC 779,33 Persen di Mei 2020
  21. BNI Life Paparkan Strategi Bisnis Selama Masa Pandemi COVID-19
  22. Tak bisa cairkan polis, nasabah menggugat Wanaartha Life
  23. Hati-hati! Reksa Dana Jangan Rusak Karena Jiwasraya
  24. Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Jiwasraya
  25. BPK Targetkan Audit Investigatif Jiwasraya Rampung Akhir 2020
  26. Dirut Jiwasraya Bakal Bersaksi di Persidangan
  27. Hari Ini, Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko Bersaksi di Persidangan
  28. Dewan Setujui Penyertaa Modal Jiwasraya
  29. Asuransi Syariah Perlu Genjot Inovasi
  30. Wapres Ingatkan Asuransi Syariah Waspada Potensi Gagal Bayar

TENTANG AAJI

AAJI: Reformasi di IKNB Sudah Sangat Mendesak!

AAJI menyebutkan reformasi di Industri keuangan non-bank (IKNB) sangat penting dilakukan, mengingat saat ini nasabah asuransi khusunya di asuransi jiwa mencapai 60 juta jiwa dengan total aset Rp 500 triliun dan Rp 300 triliun diantaranya diinvestasikan di pasar modal. Sehingga seiring dengan adanya kasus asuransi yang melibatkan aspek investasi membuat urgensi reformasi IKNB dan pasr modal menjadi sangat mendesak.

Cnbcindonesia.com / 30-06-2020

Ukur Pentingnya Lembaga Pengawas IKNB, Ini Kata AAJI

Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon menyebutkan bahwa pihaknya terus mendorong terbentuknya lembaga pengawas melalui diskusi dengan otoritas dan lembaga terkait. Dimana lembaga ini nantinya dapat mengawasi industri keuangan non-bank (IKNB) khususnya industri asuransi yang memiliki aset kelolaan yang sangat besar. Dengan adanya lembaga pengawasan ini diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada industri asuransi sehingga ke depan dapat menopang pertumbuhan industri asuransi.

Cnbcindonesia.com / 30-06-2020

Alert! Dana Asuransi Rp 300 T di Pasar Modal, Harus Dijaga

Ketua AAJI Budi Tampubolon mengatakan dengan munculnya kasus di industri asuransi jiwa perlu dibuat pengawasan khusus untuk mengawasi industri ini. Lantaran pengelolaan dana dalam jumlah besar ini membutuhkan tanggungjawab ekstra dari seluruh stakeholder. Dia mengungkapkan, pengawasan di sektor asuransi ini perlu ditingkatkan mengingat Rp 300 triliun dari Rp 500 triliun dana kelolaan industri ini ditempatkan di pasar modal.

Cnbcindonesia.com / 30-06-2020

Geger Jiwasraya, Begini Dampak ke Industri Asuransi Jiwa

AAJI menilai kasus hukum yang terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat berdampak pada kepercayaan publik terhadap industri asuransi jiwa Indonesia. Terlebih jika proses hukum yang sedang berjalan saat ini berlarut-larut. Ketua AAJI Budi Tampubulon mengatakan kasus Jiwasraya ini setidaknya telah terjadi sejak 2-3 tahun yang lalu, namun pada periode tersebut masih belum terjadi distrust masyarakat terhadap asuransi jiwa.

Cnbcindonesia.com / 30-06-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Tugas Berat di Pundak Industri Asuransi Nasional

Skandal yang membelit Jiwasraya dan Bumiputera diakui berpotensi mencoreng citra industri asuransi di Indonesia secara keseluruhan. Menyoal stigma masyarakat yang buruk, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Dalimunthe enggan menyalahkan publik. Baginya hal ini semacam “hukuman” dan perlu disikapi semua perusahaan asuransi.

Bisnis Indonesia / 01-07-2020 Hal. 7

Kejagung Periksa Fakhri Hilmi

Direktur Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah mengatakan Fakhri Hilmi dijadwalkan akan diperiksa di Gedung Bundar Kejagung, Rabu (1/7). Menurutnya, penjabat di OJK itu akan diperiksa penyidik tarkait dengan perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya yang merugikan keuangan negara Rp16,81 triliun.

Bisnis Indonesia / 01-07-2020 Hal. 12

Kinerja Tugu Insurance

Tugu Insurance mencatatkan pertumbuhan laba tahun berjalan konsolidasi hingga 145,7 % (year-on-year/yoy).

Investor Daily / 01-07-2020 Hal. 23

Allianz Life Syariah Bukukan Premi Rp 1,2 Triliun

Unit Usaha Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia, berhasil mencatatkan kinerja positif pada 2019 dengan perolehan pendapatan premi bruto sebesar Rp1,2 triliun, meningkat 10,2% dibanding tahun sebelumnya. Total aset juga tumbuh sebesar 17,2% atau meningkat dari Rp2,9 triliun pada 2018 menjadi Rp3,4 triliun.

Investor Daily / 01-07-2020 Hal. 23

2019, Pertumbuhan Laba Tugu Insurance Melonjak 145%

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Membukukan laba bersih konsolidasian tahun 2019 mencapai Rp505,7 miliar atau tumbuh signifikan sebesar 145,7% secara tahunan. Kinerja positif itu didukung dari sisi finansial maupun operasional. Presiden Dikektur Tugu Insurance Indra Baruna menuturkan, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp458,7 miliar atau meningkat 84,1% (yoy).

Investor Daily / 01-07-2020 Hal. 24

Nasabah Menggugat Wanaartha

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha digugat tiga nasabahnya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Mereka menggugat Wanaartha karena tidak bisa mencairkan polis asuransi mereka. Tim Kuasa Hukum Nasabah, Marianus Mendrofa menjelaskan, klienya menempuh jalur hukum karena Wanartha Life tidak memberikan penjelasan dan kepastian kapan pembayaran polis mereka.

Kontan / 01-07-2020 Hal. 10

Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Jiwasraya

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono mengatakan Kejaksaan Agung RI kembali memeriksa tiga orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya. Ia menjelaskan, pemeriksaan itu dilakukan guna mencari alat bukti terkait perkara tersebut. Adapun ketiga saksi yang diperiksa ialah pejabat dari OJK.

Media Indonesia / 01-07-2020 Hal. 4

Komisi VI DPR Setujui PNM Jiwasraya

Komisi VI DPR meresturi rencana Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan untuk menerbitkan penanaman modal negara (PNM) bagi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada tahun buku 2021. PMN tersebut akan digunakan untuk menyehatkan kondisi likuiditas Jiwasraya serta memenuhi kewajiban terhadap nasabah JS Saving Plan.

Republika / 01-07-2020 Hal.2

Prudential Indonesia Hadirkan PRUSolusi Sehat

Prudential Indonesia meluncurkan “PRUSolusi Sehat dan PRU Solusi Sehat Syariah” yakni asuransi kesehatan murni tanpa komponen investasi yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas dalam menghadapi tantangan kesehatan serta dampak finansial yang mungkin ditimbulkan.

Suara Pembaruan / 01-07-2020 Hal. 8

Kasus Jiwasraya: Beredar Tulisan Benny Tjokro yang Menyinggung Saham Grup Bakrie

Beredar tulisan tangan Benny Tjokrosaputro, tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya, di kalangan pelaku pasar. Dalam tulisan itu, BT menyebut Jiwasraya membeli saham-saham Grup Bakrie di harga tinggi. BT memastikan hal tersebut ada dasarnya. Sewaktu diperiksa Kejaksaan Agung dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), para penyidik membuka data isi investasi saham Jiwasraya. Ternyata, Jiwasraya banyak memegang saham Grup Bakrie dan diperoleh dengan harga jauh lebih tinggi.

Bisnis.com / 30-06-2020

Jangan-jangan Ada BUMN Lain yang Bakal Terseret Jiwasraya?

BPK mengungkapkan pihaknya dalam proses audit investigasi terhadap dugaan perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). BPK akan memperluas investigasi ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan pelat merah. Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan audit investigatif atas kasus Jiwasraya. Proses audit investigatif ini masih terus berjalan.

Cnbcindonesia.com / 30-06-2020

Forsawa Harapkan Masalah WanaArtha Life Masuk Agenda Panja Jiwasraya

Forsawa sangat berharap masalah yang sedang dihadapi oleh nasabah atau pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life), masuk dalam agenda rapat Panja Jiwasraya di DPR. Ketua Forsawa Parulian Sipahutar mengatakan Forsawa diundang oleh Komisi XI DPR untuk bertemu di Gedung DPR, Jakarta. Ia berharap OJK bisa mengawal proses pengembalian dana nasabah WanaArtha Life yang sudah lima bulan tertunda, sebab sebentar lagi sudah memasuki bulan Juli 2020

Investor.id / 30-06-2020

Nasabah WanaArtha Life Berharap Pada Panja Jiwasraya DPR

Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha yang tergabung dalam Forum Nasabah WanaArtha berharap kepada Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya di DPR. Tiga panja di DPR diharapkan dapat mencarikan solusi untuk dana nasabah yang diblokir dan disita Kejaksaan Agung karena terbelenggu kasus korupsi Jiwasraya. Forsawa berharap permasalahan yang mereka menjadi beban dapat dibahas dalam Panja Jiwasraya. Apalagi, dampak hukum kasus korupsi Jiwasraya telah dibahas Panja Penegakan Hukum yang dibentuk Komisi III DPR.

Medcom.id / 30-06-2020

Prudential Luncurkan Dua Produk Asuransi Murni Proteksi Kesehatan

Prudential Indonesia meluncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah: asuransi kesehatan murni tanpa komponen investasi yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas dalam menghadapi tantangan kesehatan serta dampak finansial yang mungkin. Dengan beragam keunggulannya, kedua produk ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat di tengah berbagai ketidakpastian ekonomi yang masih mungkin terus terjadi.

Neraca.co.id / 30-06-2020

Pasar Saham Belum Stabil, Ini Antisipasi BNI Life

PT BNI Life Insurance mengantisipasi gejolak pasar saham di Indonesia dengan melakukan beberapa strategi dalam menghadapi kondisi pasar yang belum stabil. Eben Eser Nainggolan, Direktur Keuangan BNI Life, menjelaskan langkah yang diambil perseroan antara lain dengan melakukan monitoring atas pergerakan portofolio secara berkala. Adapun, BNI Life menyebutkan pertumbuhan hasil investasi yang dilakukan perseroan negatif 6,09 persen (unrealised), yakni dengan penurunan nilai yang tidak terlampau dalam bila dibandingkan dengan industri.

Bisnis.com / 30-06-2020

BNI Life Mencatatkan RBC 779,33 Persen di Mei 2020

Sepanjang kuartal I 2020 indeks harga saham gabungan anjlok 28 persen yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Sehingga, banyak investor pasar modal mulai menarik dananya dan tengah menanti dampak pandemi ini terhadap perekonomian global. Di samping saham yang anjlok pada bulan maret 2020 terjadi koreksi yang dalam pada harga mark to market obligasi. Sehingga mempengaruhi kinerja produk asuransi unit link pada industri asuransi lainnya yang memiliki produk unit link. Dengan kondisi pasar yang belum stabil dan pandemi yang belum usai, kata dia, BNI Life tetap optimis dengan rasio kecukupan modal atau risk-based capital (RBC) yang di periode Mei 2020 berada di posisi 779,33 persen. Sebab, masih lebih tinggi dari batas minimal ketentuan OJK yang sebesar 120 persen.

Tempo.co / 30-06-2020

BNI Life Paparkan Strategi Bisnis Selama Masa Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 menyebabkan indeks harga saham gabungan anjlok 28% sepanjang kuartal I 2020. Kondisi ini membuat banyak investor pasar modal mulai menarik dananya dan tengah menanti dampak pandemi ini terhadap perekonomian global. Di samping saham yang anjlok pada Maret 2020, terjadi koreksi yang dalam pada harga mark to market obligasi. Hal ini memengaruhi kinerja produk asuransi unit link pada industri asuransi lainnya yang memiliki produk unitlink. Berdasarkan data AAJI, pada kuartal I 2020 industri asuransi jiwa membukukan hasil investasi turun hingga 450,8% atau sebesar Rp 47,05 triliun. BNI Life negatif 6,09% (unrealise) yang tidak turun terlampau dalam dibandingkan dengan industri lain.

Detik.com / 01-07-2020

Tak bisa cairkan polis, nasabah menggugat Wanaartha Life

Nasib baik sedang tidak berpihak kepada PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life). Setelah keinginan Wanaartha Life untuk membuka rekening efek yang diblokir oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) kandas di sidang praperadilan, kini perusahaan justru digugat oleh nasabahnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Kuasa hukum nasabah, Marianus Mendrofa menjelaskan, kliennya menempuh jalur hukum karena Wanaartha Life tidak memberikan penjelasan dan kepastian kapan pembayaran polis mereka. Atas ketidakpastian pembayaran tersebut, pihaknya melakukan somasi karena dalam pertemuan pada 17 April 2020 kemudian surat yang ditunjukkan ke kliennya pada 23 Apil 2020, tidak terdapat penjelasan kapan pembayaran polis itu terealisasi.

Kontan.co.id / 30-06-2020

Hati-hati! Reksa Dana Jangan Rusak Karena Jiwasraya

Kasus megaskandal dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang kini melibatkan tersangka baru dari 13 perusahaan manajer inventasi (MI) diprediksi akan berdampak bagi industri reksa dana di Tanah Air.

Kendati Kejaksaan Agung (Kejagung) menegaskan yang disorot hanya produk reksa dana yang berkaitan dengan aliran dana Jiwasraya dan tidak semua produk perusahaan MI, tapi persepsi investor dinilai akan terpengaruh pada pembelian reksa dana baru.

Cnbcindonesia.com / 01-07-2020

Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Jiwasraya

TIM jaksa penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI kembali memeriksa tiga saksi terkait perkara dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya. “Kejaksaan Agung RI kembali memeriksa tiga orang saksi yang terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono, dalam keterangannya.

Mediaindonesia.com / 01-07-2020

BPK Targetkan Audit Investigatif Jiwasraya Rampung Akhir 2020

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menargetkan audit investigatif terhadap PT Asuransi Jiwasraya (Persero) rampung akhir 2020. Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan audit investigatif terhadap Jiwasraya bermula pada 2018. Audit dilakukan berskala luas untuk mengungkap konstruksi kasus dan pihak-pihak yang bertanggung jawab secara utuh.

Tribunnews.com / 30-06-2020

Dirut Jiwasraya Bakal Bersaksi di Persidangan

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (PT AJS), Hexana Tri Sasongko, dijadwalkan menjadi saksi kasus dugaan korupsi pengelolaan investasi saham dan reksadana PT AJS. Sejumlah mantan petinggi perusahaan pelat merah tersebut juga akan bersaksi. Selain Hexana, saksi lainnya yang dijadwalkan hadir ialah mantan Bagian Pengembangan Dana PT AJS Lusiana dan mantan Kepala Divisi PT AJS Dony Sudharmono Karyadi. Kemudian Kepala Divisi Investasi PT AJS Faisal Satria Gumay dan mantan Komisaris Utama PT AJS Djonny Wiguna.

Medcom.id / 01-07-2020

Hari Ini, Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko Bersaksi di Persidangan

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko dijadwalkan menjadi saksi kasus dugaan korupsi pengelolaan dana dan investasi saham PT AJS. Selain Hexana, sejumlah mantan petinggi perusahaan pelat merah itu pun turut dijadwalkan bersaksi di persidangan. Sejumlah mantan petinggi PT AJS yang dijadwalkan bersaksi di persidangan diantaranya adalah mantan Bagian Pengembangan Dana PT AJS Lusiana, mantan Kepala Divisi PT AJS Dony Sudharmono Karyadi. Kemudian Kepala Divisi Investasi PT AJS Faisal Satria Gumay dan mantan Komisaris Utama PT AJS Djonny Wiguna. Rencananya persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu bakal digelar pukul 10.00 WIB.

Jawapos.com / 01-07-2020

Dewan Setujui Penyertaan Modal Jiwasraya

Komisi VI DPR merestui rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Keuangan untuk menerbitkan penanaman modal negara (PMN) bagi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada tahun buku 2021. PMN tersebut akan digunakan untuk menyehatkan kondisi likuiditas Jiwasraya serta memenuhi kewajiban terhadap nasabah JS Saving Plan. Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung mengatakan, pihaknya mendorong pemberian PMN kepada Jiwasraya melalui PT Bahana Pembiayaan Usaha Indonesia (BPUI) yang merupakan holding BUMN keuangan. Hal itu sesuai dengan pembahasan Komisi VI dengan Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Republika.id / 01-07-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Asuransi Syariah Perlu Genjot Inovasi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan perlunya industri asuransi Syariah meningkatkan inovasi produk agar inklusi keuangan terus meningkat sekaligus mendukung pertumbuhan asuransi Syariah. Industri Syariah juga dituntut meningkatkan pengenalan produk-produk mereka agar makin dikenal masyarakat.

Media Indonesia / 01-07-2020 Hal. 10

Wapres Ingatkan Asuransi Syariah Waspada Potensi Gagal Bayar

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta industri asuransi Syariah memperhatikan aspek tata kelola yang baik atau good corporate governance (GCG) dalam usahanya. Ma’ruf menilai, GCGC mampu mencegah asuransi Syariah terkena masalah gagal bayar seperti yang terjadi di beberapa perusahaan asuransi. Selain itu, GCG juga akan meningkatkan kepercayaan dan memberikan jaminan keamanan bagi para konsumen.

Republika / 01-07-2020 Hal. 10

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.265

IHSG (per 30 Juni 2020)

   4.905,39

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Media Indonesia, Republika, Suara Pembaruan, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Investor.id, Medcom.id, Neraca.co.id.

 

DOWNLOAD PDF