AAJI Daily News - 3 September 2020


Tanggal terbit (03 / 09 / 2020)

Kamis, 3 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Serikat Pekerja Gugat OJK Karena Lalai Tangani Bumiputera
  2. 3 Juta Nasabah AJB Bumiputera Gugat OJK, Ada Apa Nih?
  3. Nasib 3 Juta Pemegang Polis AJB Bumiputera Menggantung
  4. Restrukturisasi Jadi Cara Efisien untuk Kasus Jiwasraya
  5. Investor Buat Indosurya Life
  6. Serikat Pekerja AJB Bumiputera Menggugat OJK
  7. Restrukturisasi dinilai cara paling efisien atasi persoalan Jiwasraya
  8. Benarkah Kresna Life Mulai Bayar Polis? Ini Pengakuan Nasabah
  9. Ini Update Pembayaran Polis Nasabah Kresna Life
  10. Utang Klaim Tembus Rp 5,2 T, Bumiputera Catat Rugi Rp 49 M
  11. Karyawan dan Nasabah AJB Bumiputera Gugat OJK
  12. Pengumuman, Indosurya Life lagi cari investor baru untuk perkuat modal
  13. Manulife Indonesia Berikan Donasi ke Beberapa Zona Merah Baru COVID-19
  14. Restrukturisasi Jiwasraya Jadi Cara Paling Efisien
  15. Pegawai OJK Tersangka Kasus Jiwasraya, Penyidik Periksa Eks Bos Corfina Capital
  16. Kejagung Periksa 8 Saksi Terkait Korupsi Jiwasraya
  17. Kasus Jiwasraya, DPR Minta Kejagung Tetap Sita Aset Benny Tjokro
  18. Beda Nasib antara Asuransi Umum dan Jiwa di Masa Pandemi

TENTANG AAJI

Serikat Pekerja Gugat OJK Karena Lalai Tangani Bumiputera

Serikat Pekerja (SP) Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi (NIBA) AJB Bumiputera 1912 menggugat OJK. Mereka menilai OJK lalai karena telah melakukan pembiaran terhadap kondisi Bumiputera yang terlunta-lunta memenuhi kewajibannya terhadap pemegang polis. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat SP AJB Bumiputera 1912 Rizky Yudha mengatakan kelalaian OJK dikategorikan sebagai tindakan maladministrasi. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) juga menyatakan kekhawatiran terkait persoalan Bumiputera dan Jiwasraya. AAJI khawatir kondisi kedua perusahaan bisa mempengaruhi kepercayaan nasabah terhadap industri asuransi jiwa secara umum.

Cnnindonesia.com / 02-09-2020

3 Juta Nasabah AJB Bumiputera Gugat OJK, Ada Apa Nih?

Federasi Serikat Pekerja NIBA (Niaga, Bank, Jasa dan Asuransi) AJB Bumiputera 1912 meminta perhatian pemerintah dan bantuan atas nasib dari ribuan karyawan beserta keluarganya, serta nasib 3 juta orang lebih nasabah atau pemegang polis di AJB Bumiputera 1912. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat SP NIBA AJB Bumiputera 1912 Rizky Yudha P memandang OJK lalai serta melakukan pembiaran terhadap kondisi AJB Bumiputera 1912 yang sedang mengalami permasalahan dan berdampak kerugian pada konsumen, dan kelalaian OJK ini ini termasuk kategori maladministrasi.

Cnbcindonesia.com / 02-09-2020

Nasib 3 Juta Pemegang Polis AJB Bumiputera Menggantung

Nasib ribuan karyawan serta 3 juta lebih nasabah pemegang polis AJB Bumiputera 1912 masih menggantung. Kondisi ini terungkap dari pernyataan yang disampaikan oleh Serikat Pekerja (SP) Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi (NIBA) Bumiputera.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat SP AJB Bumiputera 1912 Rizky Yudha meminta OJK mendorong seluruh (stakeholder) AJB Bumiputera 1912 mencari solusi bersama demi menyelamatkan kepentingan pemegang polis, karyawan, dan perusahaan.

Cnnindonesia.com / 02-09-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Restrukturisasi Jadi Cara Efisien untuk Kasus Jiwasraya

Restrukturasi PT Asuransi Jiwasraya dinilai menjadi cara paling efisien mengatasi permasalahan di tengah pandemi Covid-19. Menurut Pengamat Asuransi Irfan Raharjo, Jiwasraya sebenarnya memiliki cara lain seperti melalui penerbitan surat utang (obligasi) dan penjualan aset. Namun, dengan kondisi likuiditas di pasar yang masih ketat hal tersebut tidak memungkinkan. Sedangkan cara penjualan aset akan terkendala harus menunggu proses hukum kasus Jiwasraya rampung.

HE Neraca / 03-09-2020 Hal. 5

Investor Buat Indosurya Life

PT Asuransi Jiwa Indosurya Sukses membuka peliang mencari investor untuk memperkuat permodalan tahun ini. di antaranya melalui rights issue atau penerbitan saham baru maupun akuisisi pemegang saham lama. Nantinya, jumlah dan nilai saham yang dijual ditentukan berdasarkan valuasi dari due diligence (uji tuntas) serta kesepakatan pihak terkait. Jika nilai dana yang dibidik sesuai, pemegang saham lama bisa memberikan restrukturisasi untuk melepaskan seluruh sahamnya.

Kontan / 03-09-2020 Hal. 10

Serikat Pekerja AJB Bumiputera Menggugat OJK

Persoalan nasabah AJB Bumiputera belum selesai. Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa dan Asuransi Jiwa Bersama (SP NIBA AJB) Bumiputera 1912 menggugat OJK di Pengadilan Jakarta Pusat. Dalam petitum gugatan itu menyebutkan, OJK dinilai telah melakukan perbuatan melanggar hukum yang merugikat penggugat. Mereka meminta OJK membayar ganti rugi senilai Rp300 miliar.

Kontan / 03-09-2020 Hal. 10

Restrukturisasi dinilai cara paling efisien atasi persoalan Jiwasraya

Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinilai menjadi cara paling efisien mengatasi permasalahan BUMN asuransi itu ditengah pandemi Covid-19. Pengamat Asuransi Irfan Raharjo mengatakan, Jiwasraya sebenarnya memiliki cara lain untuk mendapatkan dana seperti melalui penerbitan surat utang (obligasi) dan penjualan aset. Namun, dengan kondisi likuiditas di pasar yang masih ketat penerbitan surat utang tidak memungkinkan, sedangkan jika dengan cara penjualan aset akan terkendala harus menunggu proses hukum Jiwasraya rampung.

Antaranews.com / 02-09-2020

Benarkah Kresna Life Mulai Bayar Polis? Ini Pengakuan Nasabah

Salah satu nasabah Thomas Azali mengaku satu polis Kresna Life senilai Rp 50 juta miliknya telah dibayarkan. Dia mengaku aka da kesulitan dalam proses pencairan polis miliknya tersebut. Thomas merinci bahwa pada awalnya dia memiliki 4 buah polis, yakni atas nama istrinya, kedua anaknya dan dirinya sendiri. Total polis yang dia miliki senilai Rp 900 juta. Nasabah yang lain, Andri Hadi mengaku polisnya senilai Rp 6 miliar hingga kini belum dibayar. Namun, Andri mengaku tak khawatir mengenai hal tersebut karena komunikasi dengan Kresna Life terus dilakukan.

Cnbcindonesia.com / 02-09-2020

Ini Update Pembayaran Polis Nasabah Kresna Life

Ketua Tim Penyelesaian Polis Kresna Life Supriyadi menjelaskan sebanyak 1.722 polis nasabah telah dibayarkan oleh Kresna Life. Polis yang dibayarkan terlebih dahulu adalah yang memiliki nilai klaim Rp 50 juta. Ia mengatakan jika jumlah polis yang harus dibayarkan sudah sekitar 20% dari total polis. Tapi pihaknya masih menunggu data yang masuk. Dia melanjutkan untuk polis di atas Rp 50 juta, pembayaran akan terus dilakukan secara berkala sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan perusahaan.

Cnbcindonesia.com / 02-09-2020

Utang Klaim Tembus Rp 5,2 T, Bumiputera Catat Rugi Rp 49 M

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 mencatatkan rugi bersih tahun 2019 sebesar Rp 48,98 miliar, berkurang 98% dibanding periode tahun sebelumnya yakni rugi bersih sebesar Rp 1,99 triliun. Penurunan rugi bersih tersebut seiring dengan total manfaat klaim dan manfaat dibayar yang menurun. Pada tahun lalu, pos ini tercatat sebesar Rp 2,38 triliun, turun hingga 48% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang membengkak mencapai Rp 4,57 triliun.

Cnbcindonesia.com / 02-09-2020

Karyawan dan Nasabah AJB Bumiputera Gugat OJK

Serikat Pekerja bersama pemegang polis asuransi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 memperkarakan OJK ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. OJK sebagai regulator dinilai lalai dalam tugasnya. Ketua Serikat Pekerja NIBA AJB Bumiputera, Rizky Yudha Pramata mengatakan, OJK gagal menjalankan fungsinya sebagai pengawas. Menurut Rizky, saat ini nasib karyawan perusahaan tidak jelas akibat kelalaian OJK. Yang lebih parah, kepastian soal penyelesaian klaim tiga juta nasabah lebih terkatung-katung.

Inews.id / 02-09-2020

Pengumuman, Indosurya Life lagi cari investor baru untuk perkuat modal

PT Asuransi Jiwa Indosurya Sukses (Indosurya Life) buka peluang mencari investor untuk memperkuat permodalan tahun ini. Di antaranya melalui rights issue penerbitan saham baru maupun akuisisi pemegang saham lama. Menurut Direktur Utama Indosurya Life Lucky Siahaan, sudah ada beberapa investor baik asing maupun lokal tertarik mengakuisisi Indosurya Life. Bahkan ada yang menjajaki melalui financial advisor atau perencana keuangan. Rencananya, dana tersebut untuk mendukung bisnis perusahaan seperti ekspansi produk baru serta kantor pemasaran.

Kontan.co.id / 02-09-2020

Manulife Indonesia Berikan Donasi ke Beberapa Zona Merah Baru COVID-19

Manulife Indonesia melanjutkan komitmen berbagi kebaikan melalui Program Kemanusiaan berupa APD dan set komputer. Untuk penyaluran APD dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama sudah dilakukan pada bulan Juli untuk enam rumah sakit rujukan COVID-19 di Jabodetabek. Sementara itu, tahap dua dilakukan pada Agustus 2020 untuk sembilan rumah sakit di beberapa wilayah yang termasuk dalam zona merah baru COVID-19. Daerah tersebut antara lain Bali, Sumsel, Sumut, Kalsel, Sulsel, dan Jateng.

Kumparan.com / 02-09-2020

Restrukturisasi Jiwasraya Jadi Cara Paling Efisien

Pengamat Asuransi Irfan Raharjo berpendapat, restrukturisasi Jiwasraya untuk saat ini dinilai langkah yang paling tepat. Sebab, hal ini menjadi upaya yang paling realistis di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Memang, ada cara lain Jiwasraya untuk mendapatkan dana, yaitu melalui penerbitan surat utang (bond). Hanya saja dengan kondisi likuiditas di pasar yang masih ketat, upaya ini menjadi tidak realistis. Selain itu, masih ada cara penjualan aset. Namun, upaya ini harus menunggu proses hukum kasus Jiwasaraya rampung.

Liputan6.com / 01-09-2020

Pegawai OJK Tersangka Kasus Jiwasraya, Penyidik Periksa Eks Bos Corfina Capital

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono, merilis perkembangan penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Terdapat 8 orang saksi diperiksa oleh penyidik kejaksaan tindak pidana khusus, pada Selasa 1 September 2020. Hari merinci, saksi pertama untuk tersangka pegawai OJK berinisial FH, bernama Bambang Rahardja, selaku Mantan Direktur PT Corfina Capital (2008-2017). Saksi Kedua, Galuh Lindra Lazuardi, selaku Staff Dealer dan Administrasi PT Corfina Capital November 2015-Desember 2016 untuk tersangka yang sama.

Merdeka.com / 02-09-2020

Kejagung Periksa 8 Saksi Terkait Korupsi Jiwasraya

Kejaksaan Agung RI kembali melakukan pemeriksaan terhadap 8 orang saksi terkait korupsi di tubuh PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pemeriksaan itu untuk pengembangan kasus korupsi yang merugikan negara hingga belasan triliun tersebut. Menurut Hari, saksi yang dihadirkan untuk dapat memberikan keterangan terhadap tersangka korporasi dan oknum pejabat OJK. Keterangan mereka dianggap perlu untuk mengetahui peran saksi dalam kasus korupsi Jiwasraya.

Tribunnews.com / 01-09-2020

Kasus Jiwasraya, DPR Minta Kejagung Tetap Sita Aset Benny Tjokro

Anggota Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan, meminta Kejaksaan Agung tetap melakukan penyitaan aset terdakwa kasus gagal bayar PT Jiwasraya Benny Tjokro meski berstatus pailit. Dia menyampaikan bahwa aset Benny sudah disita oleh Kejagung sebagai barang bukti. Trimedya menilai status kepailitan PT Hanson International Tbk yang dipimpin oleh Benny Tjokro hanyalah akal-akalan hukum agar yang bersangkutan terbebas dari penyitaan aset untuk mengganti kerugian nasabah Jiwasraya.

Viva.co.id / 02-09-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Beda Nasib antara Asuransi Umum dan Jiwa di Masa Pandemi

Industri asuransi umum dan jiwa mengalami kondisi yang berbeda pada masa pandemi Covid-19, di mana asuransi kerugian berhasil menumbuhkan rasio permodalannya tetapi asuransi jiwa masih menghadapi tantangan. Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, pihaknya terus berupata memberikan sejumlah stimulan agar sektor keuangan dapat terus bangkit di tengah tekanan akibat pandemi. Kebijakan pemerintah menjadi penting untk menjaga sektor tersebut karena pandemi Covid-19 tidak dapat dipastikan kapan akan berakhir.

Bisnis.com / 02-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.678

IHSG (per 02 September 2020)

   5.340,33

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Kontan, Antaranews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Inews.id, Kontan.co.id, Kumparan.com, Liputan6.com, Merdeka.com, Tribunnews.com, Viva.co.id.

 

DOWNLOAD PDF