AAJI Daily News - 7 Desember 2020


Tanggal terbit (07 / 12 / 2020)

Senin, 7 Desember 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Skema Restrukturisasi Polis Siap
  2. Nasabah Korporasi Jadi Prioritas
  3. Merger FWD Life Rampung
  4. Jiwasraya Siapkan Tiga Produk Baru Realisasikan Restrukturisasi
  5. IFG Life Berpotensi Jadi Perusahaan Asuransi Besar Di Indonesia
  6. IFG Life Mulai Beroperasi Januari 2021
  7. Manulife Fokus Masalah Kesehatan Nasabah
  8. Karena Pandemi, Masyarakat Merasa Perlu Memiliki Asuransi
  9. Dear Nasabah, Ini Skenario Restrukturisasi Polis Jiwasraya
  10. Dapat PMN Rp 22 T Buat Jiwasraya, Dananya Untuk Apa?
  11. AJB Bumiputera Janji Segera Bayar Klaim Jatuh Tempo
  12. Bumiputera Janji Bakal Bayar Klaim Polis Asalkan...
  13. Manfaatkan artificial intelligence, Allianz Indonesia telah bayar klaim Rp 490 miliar
  14. Restrukturisasi Jalan, Nasabah Jiwasraya Punya Harapan
  15. Terkait Jiwasraya, Kejaksaan Periksa Lagi Dirut Sinarmas Asset Management
  16. Manulife Peduli Kesehatan Nasabah
  17. Manulife Tingkatkan Digitalisasi Layanan Saat Pandemi Covid-19
  18. Allianz Maksimalkan Teknologi AI untuk Percepat Proses Klaim
  19. Bikin Nasabah Bahagia! Inovasi Teknologi Allianz Percepat Proses Klaim Nasabah
  20. Percepat Proses Klaim Nasabah, Allianz Indonesia Maksimalkan Penggunaan AI
  21. Menghadapi Ketidakpastian Hidup di Masa Pandemi
  22. Nasabah Jiwasraya Minta OJK dan Bank Ikut Tanggung Jawab
  23. BPKN: Restrukturisasi Jiwasraya Utamakan Perlindungan Konsumen
  24. Restrukturisasi Bisnis Model, Langkah Penyelamatan Jiwasraya
  25. Restrukturisasi Jiwasraya Utamakan Perlindungan Nasabah
  26. Oktober, Allianz Indonesia Bayar Klaim Rp 490 Miliar
  27. Persiapan Asuransi Kesehatan Prudential untuk Pandemi Covid-19
  28. AJB Bumiputera berjanji membayar klaim polis di bawah Rp 10 juta
  29. Realisasi Restrukturisasi Jiwasraya Bakal Tentukan Kredibilitas OJK

TENTANG AAJI

Skema Restrukturisasi Polis Siap

Restrukturisasi polis PT Asuransi JIwasraya ke IFG Life akan ditawarkan kepada seluruh nasabah dengan pembayaran klaim penuh secara dicicil hingga 15 tahun. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengonfirmasi bahwa akan terdapat manfaat asuransi kecelakaan bagi nasabah yang memilih restrukturisasi polis. Jiwasraya telah menyiapkan tiga produk asuransi baru yang menjadi pengganti polis bagi nasabah yang menyetujui program restrukturisasi ke IFG Life antara lain Tata Masa Depan, Manfaat Bertahap, dan Pendanaan Hari Tua. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan bahwa restrukturisasi polis merupakan skema yang lumrah terjadi untuk menyelamatkan dana nasabah. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menjelaskan bahwa restrukturisasi menjadi jalan tengah yang dapat memberikan keuntungan bagi pemegang polis dan perusahaan.

Bisnis Indonesia / 07-12-2020 Hal. 20

INDUSTRI & ASURANSI

Nasabah Korporasi Jadi Prioritas

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menargetkan restrukturisasi polis nasabah korporasi ke IFG Life menjadi prioritas sehingga bisa tuntas pada kuartal II/2021. Adapun, proses restrkturisasi nasabah Jiwasraya baru bisa dimulai setelah mendapat restu dari OJK. Koordinator Tim Satgas Restrukturisasi sekaligus Direktur Kepatuhan dan SDM Jiwaraya, R. Mahelan Prabantarikso menjelaskan bahwa proses restrukturisasi polis nasabah korporasi telah dimulai sejak Agustus 2020.

Bisnis Indonesia / 05-12-2020 Hal. 3

Merger FWD Life Rampung

Upaya penggabungan PT FWD Life Indonesia dan PT FWD Insurance Indonesia akhirnya rampung. Aksi korporasi tersebut telah mendapat persetujuan dari OJK sebagai regulator perasuransian. Selain itu, penggabungan tersebut telah disetujui oleh rapat umum pemegang saham luar biasa oleh masing-masing perusahaan yang dilaksanakan pada 5 November 2020. Sejak 1 Desember 2020, PT FWD Life Indonesia telah efektir bergabung dalam perseroan (FWD Insurance). Dengan perubahan ini maka semua aktiva dan pasiva FWD Life Indonesia akan beralih ke FWD Insurance.

Kontan / 05-12-2020 Hal. 6

Jiwasraya Siapkan Tiga Produk Baru Realisasikan Restrukturisasi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyiapkan tiga produk baru dalam rangka merealisasikan restrukturisasi untuk menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya. Direktur Teknik Jiwasraya Angger Yuwono menjelaskan, tiga produk tersebut bernama Tata Masa Depan (Tampan), Manfaat Bertahap (Mantap) dan Pendanaan Hari Tua (PHT), akan dirilis bersamaan dengan sosialisasi Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya pada Desember nanti.

Investor Daily / 05-12-2020 Hal. 8

IFG Life Berpotensi Jadi Perusahaan Asuransi Besar Di Indonesia

IFG Life berpotensi menjadi perusahaan asuransi besar di Indonesia. Manajemen IFG semakin optimistis setelah pemerintah dan Komisi VI DPR RI menyetujui penyertaan modal negara Rp22 triliun bagi IFG untuk mendirikan IFG Life. Direktur Bisnis IFG Pantro Silitonga mengatakan, pendirian IFG Life merupakan bagian dari peta jalan IFG untuk memiliki bisnis di sektor asuransi jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun.

Kompas / 07-12-2020 Hal. 10

IFG Life Mulai Beroperasi Januari 2021

IFG Life ditargetkan mulai beroperasi pada Januari 2021. IFG Life bakal menjadi pemain dengan potensi bisnis yang besar dan berkelanjutan di industri asuransi jiwa. Direktur Bisnis IFG Pantro Silitonga menuturkan, wacana IFG menjadi pemain besar pada industri asuransi jiwa dan kesehatan di Indonesia mulai memperlihatkan sinyal yang kuat. Pantro menerangkan, proyeksi tersebut semakin terlihat ketika pemerintah bersama jajaran Komisi VI DPR RI telah menyetujui PMN senilai Rp22 triliun kepada IFG untuk mendirikan perusahaan asuransi baru bernama IFG Life.

Investor Daily / 07-12-2020 Hal. 23

Manulife Fokus Masalah Kesehatan Nasabah

Presiden Direktur dan CEO PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia), Ryan Charland di Jakarta, beberapa waktu lalu, mengatakan, masalah kesehatan dan tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu fokus perhatian Manulife Indonesia. Dia menambahkan pada 2021, Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait dengan biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga mengingat pandemi Covid-19 masih akan mewarnai perjalanan pada tahun depan. Hingga 9 November 2020, jumlah klaim yang dibayarkan Manulife tercatat sebesar 54,5 miliar rupiah. Jumlah tersebut termasuk manfaat rawat inap dan perlindungan jiwa. Sedangkan, klaim keseluruhan Manulife Indonesia (konsolidasi) per Oktober 2020 year to date tercatat sebesar 4 triliun rupiah. “Dengan menggunakan teknologi informasi ini diharapkan daya jangkau industri asuransi kepada nasabah akan lebih efektif dan efisien,” ujar Anggota Dewan Komisioner, Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi.

Koran Jakarta /07-12-2020 Hal. 5

Karena Pandemi, Masyarakat Merasa Perlu Memiliki Asuransi

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia bergegas melakukan adaptasi digital dari cara berkomunikasi dengan nasabah dan tenaga pemasar, penawaran produk, proses klaim, layanan medis, hingga pembayaran premi dan klaim. “Digital membuka peluang besar karena kami bisa menjangkau lebih banyak orang,” ujar CEO Generali, Edy Thuirman. Semua proses pengajuan polis sudah bisa dilakukan secara daring melalui beragam aplikasi seperti iPropose, Gen iClick, Dokter Leo, iRecruit, dan JANE. Sejak Januari 2019, Generali sudah memanfaatkan fitur Robo ARMS untuk mengoptimalkan kinerja investasi nasabah. 

Koran Tempo / 7-12-20 Hal. 10

Batal Berlibur, Manfaatkan Dana Liburan Akhir Tahun

Jika Anda sudah menyiapkan dana liburan akhir tahun, manfaatkan dana tersebut dengan baik. Krizia Maulana, Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) akan memberikan tips memanfaatkan dana liburan yang tidak terpakai: 1) Simpan untuk liburan yang lebih baik. 2) Penuhi dana darurat. 3) Self-reward. 4) Berbagi kebahagiaan.

Beritamoneter.com / 04-12-2020

Dear Nasabah, Ini Skenario Restrukturisasi Polis Jiwasraya

Direktur Utama Asuransi Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko memastikan bahwa Jiwasraya akan transparan dalam menyelesaikan persoalan tunda bayar nasabah Jiwasraya. Saat ini Jiwasraya membutuhkan peranan dari pemegang saham untuk menyelamatkan Jiwasraya karena kemampuan internal sudah tidak ada. Saat ini tim penyelamatan menyusun dua skenario yaitu polis akan direstrukturisasi dengan ketentuan baru, dimana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 22 Triliun di perusahaan baru akan digunakan untuk investasi sekaligus untuk mencicil polis.

Cnbcindonesia.com / 04-12-2020

Dapat PMN Rp 22 T Buat Jiwasraya, Dananya Untuk Apa?

Pemerintah akan menyuntikkan dana senilai total Rp 22 triliun dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada IFG. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Trisasongko mengatakan dana senilai Rp 22 triliun tersebut akan digunakan untuk mencicil pembayaran kepada polis nasabah dan diinvestasikan lebih lanjut untuk menjadi aset di perusahaan asuransi baru, IFG Life. Dia menjelaskan, PMN ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk melakukan restrukturisasi polis nasabah.

Cnbcindonesia.com / 04-12-2020

AJB Bumiputera Janji Segera Bayar Klaim Jatuh Tempo

AJB Bumiputera 1912 berjanji akan segera membayar klaim nasabah yang jatuh tempo. Asisten Direktur Pemasaran Bumiputera Jaka Irwanta mengatakan saat aksi damai, manajemen, perwakilan nasabah serta sekretaris BPA Bumiputera melakukan diskusi. Hasil diskusi, pembayaran klaim jatuh tempo akan diprioritaskan bagi nasabah berstatus habis kontrak (HK) dengan nilai di bawah Rp10 juta, status HK dana kelangsungan belajar (DKB) atau meninggal dunia, dan polis berstatus paling lama.

Cnnindonesia.com / 04-12-2020

Bumiputera Janji Bakal Bayar Klaim Polis Asalkan…

Koordinator nasabah korban gagal bayar Bumiputera Jabodetabek dan Jawa Barat Fien Mangiri mengungkapkan     pihaknya sudah bertemu dengan Sekretaris Ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) Nurhasanah, Direktur SDM Dena Chaerudin, Sekretaris Direksi dan Asisten Direktur Pemasaran Jaka Irwanta. Dari hasil pertemuan tersebut Fien mengungkapkan jika pengurus Bumiputera menawarkan pencairan klaim nasabah yang berstatus habis kontrak dengan nilai di bawah Rp 10 juta.

Detik.com / 04-12-2020

Manfaatkan artificial intelligence, Allianz Indonesia telah bayar klaim Rp 490 miliar

Allianz Indonesia telah membayarkan sebanyak 150.000 kasus klaim, dengan total nilai klaim lebih dari Rp 490 miliar hingga Oktober 2020. Realisasi komitmen dalam pembayaran klaim itu tak luput dari peran Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI yang dikembangkan oleh perusahaan sejak 2019 ini memberikan insight yang lebih dalam, membantu perusahaan dalam memprediksi penjualan, mendukung pelayanan nasabah, hingga mempercepat analisis dan pengambilan keputusan di proses klaim.

Kontan.co.id / 04-12-2020

Restrukturisasi Jalan, Nasabah Jiwasraya Punya Harapan

Pemerintah dan DPR RI sepakat untuk menjalankan program restrukturisasi dalam menyelesaikan masalah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Caranya, dengan mendirikan entitas baru, yaitu IFG Life. Modalnya, pemerintah akan menyuntikkan modal melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) mencapai Rp 22 triliun. Menanggapi hal ini, Pengamat BUMN Toto Pranoto mengaku, apa yang sudah disepakati tersebut saat ini merupakan langkah terbaik. Baik untuk kelangsungan kesehatan asuransi di Indonesia dan juga baik untuk kepastian pengembalian klaim nasabah.

Liputan6.com / 04-12-2020

Terkait Jiwasraya, Kejaksaan Periksa Lagi Dirut Sinarmas Asset Management

Tim penyidik Kejaksaan Agung kembali memeriksa Alex Setyawan, Dirut PT Sinarmas Asset Management, terkait perkara korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Pemeriksaan saksi tersebut dimaksudkan mencari pembuktian terhadap tersangka korporasi terkait dengan dugaan korupsi Jiwasraya. Keterangan dari saksi tersebut dianggap perlu untuk mengungkap sejauh mana peran saksi selaku pengurus/karyawan perusahaan manajer investasi PT Sinarmas Asset Management.

Sinarharapan.co / 04-12-2020

Manulife Peduli Kesehatan Nasabah

Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland mengungkapkan, masalah kesehatan dan tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu fokus perhatian Manulife Indonesia. Pada 2021, Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait dengan biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga mengingat pandemi Covid-19 masih akan mewarnai perjalanan pada tahun depan. Pelaku industri asuransi jiwa juga dituntut untuk menjaga keselamatan masyarakat. Manulife Indonesia pun menerapkan layanan non face to face.

Sindonews.com / 04-12-2020

Manulife Tingkatkan Digitalisasi Layanan Saat Pandemi Covid-19

Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland mengungkapkan, masalah kesehatan dan tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu fokus perhatian Manulife Indonesia. Pada 2021, Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait dengan biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga mengingat pandemi Covid-19 masih akan mewarnai perjalanan pada tahun depan. Pelaku industri asuransi jiwa juga dituntut untuk menjaga keselamatan masyarakat. Manulife Indonesia pun menerapkan layanan non face to face.

Swa.co.id / 04-12-2020

Allianz Maksimalkan Teknologi AI untuk Percepat Proses Klaim

Allianz Indonesia terus memaksimalkan teknologi di seluruh kegiatan operasional perusahaan, bukan hanya di proses penjualan, tetapi juga di proses bisnis back-end. Salah satunya yaitu dengan memaksimalkan Artificial Intelligence (AI) untuk mempercepat proses klaim. Sejak diimplementasikan di tahun 2019, penggunaan teknologi AI ini turut berdampak positif terhadap peningkatan kepuasan Nasabah. Data terbaru di Oktober tahun ini, Nasabah memberikan rating 4.4/5.0 untuk tingkat kepuasan nasabah (customer satisfaction score) terhadap layanan klaim asuransi kesehatan Allianz Indonesia.

Tirto.id / 04-12-2020

Bikin Nasabah Bahagia! Inovasi Teknologi Allianz Percepat Proses Klaim Nasabah

Untuk memastikan proses klaim asuransi kesehatan dapat dilakukan secara cepat, Allianz Indonesia telah sepenuhnya melakukan automasi proses klaim asuransi kesehatan–mulai dari pengajuan secara digital hingga proses pembayaran. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memproses lebih dari 95% klaim digital asuransi kesehatan dalam kurun waktu 48 jam. Lebih daripada itu, perusahaan juga terus meningkatkan performanya hingga saat ini, dimana lebih dari 30% klaim digital asuransi kesehatan telah berhasil dibayarkan dalam waktu 24 jam.

Industry.co.id / 05-12-2020

Percepat Proses Klaim Nasabah, Allianz Indonesia Maksimalkan Penggunaan AI

Untuk memastikan proses klaim asuransi kesehatan dapat dilakukan secara cepat, Allianz Indonesia telah sepenuhnya melakukan automasi proses klaim asuransi kesehatan–mulai dari pengajuan secara digital hingga proses pembayaran. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memproses lebih dari 95% klaim digital asuransi kesehatan dalam kurun waktu 48 jam. Lebih daripada itu, perusahaan juga terus meningkatkan performanya hingga saat ini, dimana lebih dari 30% klaim digital asuransi kesehatan telah berhasil dibayarkan dalam waktu 24 jam.

Investing.com / 05-12-2020

Menghadapi Ketidakpastian Hidup di Masa Pandemi

Chief Agency Officer Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) Jeffrey Kie mengatakan, pandemi memberikan dampak secara langsung dan tidak langsung kepada berbagai sektor. Penting mengantisipasi risiko ketidakpastian hidup yang sedang berlangsung saat ini. Menurut Jeffrey ada beberapa hal yang bisa dilakukan: 1) Siapkan dana darurat. 2) Siapkan perlindungan asuransi. 3) Mengelola uang belanja secara bijak. 4) Ciptakan sumber income baru.

Investor.id / 05-12-2020

Nasabah Jiwasraya Minta OJK dan Bank Ikut Tanggung Jawab

Menjelang penawaran program restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero), nasabah meminta pihak yang terlibat juga bertanggung jawab. Mereka ingin OJK dan pihak perbankan ikut bertanggung jawab dalam upaya pengembalian dana yang mengalami gagal bayar. Nasabah meminta pertanggung jawaban itu, di luar program restrukturisasi. Salah satu nasabah Jiwasraya asal Korea Selatan Lee Kang Hyun mengatakan pertanggungjawaban OJK dan perbankan didasari pada sikap tidak acuh kedua lembaga ini kepada nasabah Jiwasraya.

Katadata.co.id / 05-12-2020

BPKN: Restrukturisasi Jiwasraya Utamakan Perlindungan Konsumen

BPKN menilai bahwa kebijakan restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tentunya telah mengedepankan perlindungan konsumen atau nasabah para pemegang polis. Ketua BPKN Rizal E Halim menambahkan yang terpenting bagi konsumen adalah garansi atau jaminan bahwa dana nasabah dapat kembali. Sebelumnya, salah satu pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Oerianto Guyandi mengharapkan pemerintah segera merealisasikan program restrukturisasi yang telah disepakati dengan DPR untuk penyelamatan polis nasabah Jiwasraya.

Liputan6.com / 05-12-2020

Restrukturisasi Bisnis Model, Langkah Penyelamatan Jiwasraya

Direktur Utama Asuransi Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko menyebutkan persoalan tunda bayar di Jiwasraya harus mendapatkan penyelesaian fundamental, dimana saat ini manajemen masih berupaya menjaga agar Jiwasraya dapat terus beroperasi di tengah kondisi keuangan yang memprihatinkan. Hexana menyebutkan persoalan Jiwasraya sangat komplit, sehingga strategi jangka pendek yang harus dilakukan adalah efisiensi melalui digitalisasi, menata sistem agency hingga restrukturisasi bisnis model.

Cnbcindonesia.com / 06-12-2020

Restrukturisasi Jiwasraya Utamakan Perlindungan Nasabah

BPKN menyebut kebijakan restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah mengedepankan aspek perlindungan para pemegang polis. Rizal menilai pemerintah melalui Kementerian BUMN pun telah memberikan garansi dana nasabah dapat kembali. Mekanisme pengembalian dana nasabah juga telah dipaparkan Kementerian BUMN kepada DPR.

Harianaceh.co.id / 06-12-2020

Oktober, Allianz Indonesia Bayar Klaim Rp 490 Miliar

Allianz Indonesia membukukan klaim yang telah dibayarkan mencapai Rp 490 miliar sampai dengan Oktober 2020. Perseroan memaksimalkan penggunaan artificial intelligence (AI) dalam mempercepat proses klaim. Allianz Indonesia memastikan proses klaim asuransi kesehatan dapat dilakukan secara cepat. Karena proses klaim bagi perusahaan asuransi merupakan moment of truth terhadap nasabahnya. Kini perseroan telah sepenuhnya melakukan automasi proses klaim asuransi kesehatan, mulai dari pengajuan secara digital hingga proses pembayaran.

Investor.id / 06-12-2020

Persiapan Asuransi Kesehatan Prudential untuk Pandemi Covid-19

Siapapun tidak akan menjamin kesehatan untuk selamanya. Suatu saat sangat mungkin seseorang sakit. Apalagi di tengah wabah pandemi Covid-19. Untuk mencegah kerugian lebih dalam dari segi finansial akibat wabah virus corona yang terus merajalela maka anda bisa mempersiapkan diri dengan membeli Asuransi Kesehatan Prudential. Sehingga anda tak perlu risau biaya perawatan selama di rumah sakit. Karena semua biaya pengobatan ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan.

Jatimtimes.com / 06-12-2020

AJB Bumiputera berjanji membayar klaim polis di bawah Rp 10 juta

Manajemen Bumiputera akhirnya menemui para korban yang melakukan unjuk rasa Kamis (43/12) kemarin. Pertemuan menjanjikan pencairan klaim nasabah berstatus habis kontrak (HK) dengan nilai di bawah Rp 10 juta, status HK dana kelangsungan belajar (DKB) atau meninggal dunia, dan polis berstatus paling lama. Kami memberikan waktu satu pekan untuk realisasi komitmen tersebut. OJK sendiri sudah meminta Bumiputera agar menyelesaikan klaim secara komprehensif serta memperhatikan nasib seluruh nasabah. Klaim nasabah yang jatuh tempo ada 2,5 juta nasabah lain.

Kontan.co.id / 06-12-2020

Realisasi Restrukturisasi Jiwasraya Bakal Tentukan Kredibilitas OJK

OJK diminta DPR RI untuk membantu mempercepat realisasi restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sebagai otoritas, tentunya penanganan masalah perusahaan asuransi ini bisa meningkatkan kembali kepercayaan sejumlah pihak terhadap kinerja OJK. Pengamat Asuransi Kapler A Marpaung mengatakan, nasabah Jiwasraya tengah menanti kepastian kapan klaim polis asuransinya segera cair. Oleh karena itu, dirinya berharap tidak hanya OJK, pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk segera merealisasikan penyelamatan para nasabah Jiwasraya ini.

Liputan6.com / 06-12-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.105

IHSG (per 05 November 2020)

   5.810,48

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kompas, Kontan, Koran Jakarta, Koran Tempo, Beritamoneter.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Industry.co.id, Harianaceh.co.id, Investing.com, Investor.id, Jatimtimes.com, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Liputan6.com, Sinarharapan.co, Sindonews.com, Swa.co.id, Tirto.id.

 

DOWNLOAD PDF