AAJI Daily News - 19 Mei 2020


Tanggal terbit (19 / 05 / 2020)

Selasa, 19 Mei 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Countercyclical Jurus Asuransi Menangkis Dampak Covid-19
  2. Axa Mandiri Asuransikan 35.000 Tenaga Medis Senilai Rp 1 Triliun
  3. Manulife Luncurkan Mission
  4. Bidik Kalangan Milenial, Manulife Luncurkan 'Mission'
  5. Bidik Top 15 Asuransi Indonesia, Avrist Assurance Perkuat Asuransi Kumpulan
  6. Ovo Gandeng Prudential Beri Perlindungan Jiwa Kecelakaan
  7. Bank Danamon Salurkan Asuransi Bagi 10.000 Relawan Medis dan Nonmedis
  8. Bank Danamon Salurkan Asuransi bagi 10.000 Relawan Medis dan Nonmedis
  9. MAKI Apresiasi Kejaksaan Agung Selesaikan Berkas Lima Tersangka Jiwasraya
  10. KABAR EMITEN: Keuangan Asuransi Mulai Terganggu, Kontrak Baru Bisa Nihil
  11. Asuransi Astra dan Astra Life Bergerak Lawan COVID-19
  12. Keuangan Membengkak karena WFH, Begini Cara Mengaturnya
  13. OVO kolaborasi dengan Prudential sediakan perlindungan dari Covid-19
  14. MAKI Desak Kejaksaan Agung Segera Tuntaskan Kasus Korupsi Jiwasraya
  15. Gandeng Prudential, OVO siapkan asuransi jiwa kecelakaan dan Covid-19 bebas premi
  16. Galang Double Donation Lawan Covid, Astra Life Gandeng Kitabisa.com
  17. Survei Prudential: Sebanyak 58% masyarakat tertarik memiliki asuransi Syariah
  18. Tanggapan Manulife atas Surat Ibu Marfin Jona Lekatompessy
  19. Astra Life Berikan Perlindungan Terhadap Dampak Virus Corona
  20. OVO Tawarkan Asuransi Covid-19 Bebas Premi
  21. Berakhir 31 Mei 2020, OVO Sediakan Asuransi bagi Pasien COVID-19
  22. Selesaikan Berkas 5 Tersangka Korupsi Jiwasraya, Kejagung Diapresiasi
  23. Premi dan Laba Turun itu Wajar, Tapi Asuransi Harus Jaga Kinerja

TENTANG AAJI

‘Countercyclical’ Jurus Asuransi Menangkis Dampak Covid-19

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesa (AAJI) juga menyambut baik keluarnya surat OJK tersebut. Ketua Umum AAJI Budi Tampubolon menyatakan kebijakan countercyclical memberikan beberapa relaksasi untuk mendukung kinerja perusahaan asuransi.

Majalah Investor / Ed. April 2020 Hal. 45-47

INDUSTRI & ASURANSI

Axa Mandiri Asuransikan 35.000 Tenaga Medis Senilai Rp 1 Triliun

PT Bank Mandiri (persero) Tbk dan Kementerian BUMN mempercayakan PT AXA Mandiri Financial Service untuk memberikan perlindungan jiwa kepada sekitar 35 ribu tenaga kesehatan yang tengah menangani kasus penyebaran Covid-19. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G Kusuma mengungkapkan, AXA Mandiri berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk berperan aktif dalam menghadapi tantangan di bidang kesehatan saat ini.

Majalah Investor / Ed. April 2020 Hal. 14

Manulife Luncurkan Mission

Direktur & Chief Marketing Manulife Indonesia Novita Rumngangun di sela peluncuran MiSmart Insurance Solution (MISSION) di Jakarta pada Kamis (26/3). MISSION yang menyasar berbagai kalangan terutama milenial, dilengkapi dengan pilihan premi sesuai kebutuhan mulai dari Rp 4.000.000/ USD400 per tahun.

Majalah Investor / Ed. April 2020 Hal. 12

Bidik Kalangan Milenial, Manulife Luncurkan ‘Mission’

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia menghadirkan MiSmart Insurance Solution (Mission), produk baru asuransi yang memiliki perlindungan lengkap untuk memenuhi keutuhan finansial dan kenyamanan hidup dalam berbagai tahapan. Produk ini ditawarkan untuk berbagai kalangan, terutama generasi milenial. Mission menawarkan premi sesuai dengan kebutuhan tertanggung, dengan premi mulai dari Rp 4.000.000/USD400 per tahun.

Majalah Investor / Ed. April 2020 Hal. 14&15

Bidik Top 15 Asuransi Indonesia, Avrist Assurance Perkuat Asuransi Kumpulan

PT Avrist Assurance menargetkan masuk jajaran 15 perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia pada 2021. Salah satu upaya mencapai target tersebut, Avrist Assurance okum memperluas kemitraan dan meningkatkan kualitas pelayanan jalur distribusi Employee Benefits Division (EBD), yang merupakan jalur distribusi yang menangani asuransi kumpulan.

Majalah Investor / Ed. April 2020 Hal. 14&15

Ovo Gandeng Prudential Beri Perlindungan Jiwa Kecelakaan

OVO menggandeng Prudential Indonesia untuk memberikan perlindungan jiwa kecelakaan dan Covid-19 bebas premi. Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, layanan tersebut dapat diakses melalui aplikasi OVO. Menurut dia, program tersebut sudah berjalan sejak pertengahan April 2020 dengan respon masyarakat yang begitu antusias.  Program inipun diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran para pengguna OVO dan merasa lebih tenang di masa sulit sekarang ini.

Investor Daily / 19-05-2020 Hal. 4

Bank Danamon Salurkan Asuransi bagi 10.000 Relawan Medis dan Nonmedis

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) menyalurkan donasi perlindungan bagi 10.000 relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam bentuk premi asuransi jiwa dan jaminan kecelakaan kerja yang dikelola oleh Jamsostek. Penyerahan donasi ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan CSR memperingati satu tahun investasi MUFG di Bank Danamon dan bentuk kepedulian serta terima kasih kepada relawan yang merupakan garda terdepan.

Kompas / 19-05-2020 Hal. 4

Bank Danamon Salurkan Asuransi Bagi 10.000 Relawan Medis dan Nonmedis

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) menyalurkan donasi perlindungan bagi 10.000 relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam bentuk premi asuransi jiwa dan jaminan kecelakaan kerja yang dikelola oleh Jamsostek. Penyerahan donasi ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan CSR memperingati satu tahun investasi MUFG di Bank Danamon dan bentuk kepedulian serta terima kasih kepada relawan yang merupakan garda terdepan.

Kontan / 19-05-2020 Hal. 6

MAKI Apresiasi Kejaksaan Agung Selesaikan Berkas Lima Tersangka Jiwasraya

Kejaksaan Agung menyatakan berkas lima tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya‎ (Persero) telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat formil maupun materiil untuk dilimpahkan ke pengadilan (P-21). Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman mengapresiasi Kejaksaan Agung yang telah menyelesaikan berkas 5 tersangka dugaan kasus korupsi PT Jiwasraya (Persero).

Beritasatu.com / 18-05-2020

KABAR EMITEN: Keuangan Asuransi Mulai Terganggu, Kontrak Baru Bisa Nihil

Berita mengenai dampak okumic Covid-19 terhadap perusahaan asuransi dan prospek kontrak baru emiten konstruksi, antara lain, menjadi topik halaman korporasi dan market edisi harian Bisnis Indonesia diantaranya seperti; PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life Insurance menyatakan akan menunda sementara waktu kewajiban pembayaran polis asuransi dan Perolehan nilai kontrak baru emiten konstruksi berpotensi nihil pada awal kuartal II/2020 seiring dengan maraknya penundaan proses tender di periode tersebut.

Bisnis.com / 18-05-2020

Asuransi Astra dan Astra Life Bergerak Lawan COVID-19

Asuransi Astra menyalurkan dana okum peserta Asuransi Astra okumi dalam bentuk 10.000 paket sembako dengan total nilai donasi sebesar Rp 2 miliar. Donasi ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan karena terdampak wabah corona. Sementara itu, Astra Life okumi dengan kitabisa.com mengajak masyarakat untuk membantu okum melawan COVID-19 dengan berdonasi melalui  laman Kitabisa.com/astralifelawancovid.

Carvaganza.com / 18-05-2020

Keuangan Membengkak karena WFH, Begini Cara Mengaturnya

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Krizia Maulana, tak memungkiri tinggal di rumah untuk batas waktu yang tidak ditentukan memunculkan sejumlah persoalan baru. Berikut tips supaya keuangan rumah tangga kembali normal: Gunakan Dana Darurat, Buat Daftar Pengeluaran, Bijak dalam Berbelanja dan Tetap Berinovasi.

Dream.co.id / 18-05-2020

OVO kolaborasi dengan Prudential sediakan perlindungan dari Covid-19

OVO okumi dengan Prudential Indonesia menyediakan perlindungan serta Perlindungan Jiwa Kecelakaan & COVID-19 bebas premi. Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra optimistis kolaborasi strategis antara perusahaan asuransi jiwa seperti Prudential Indonesia dengan OVO yang merupakan platform fintech dapat semakin mempercepat penetrasi asuransi di Indonesia dan memungkinkan masyarakat luas menikmati akses keuangan yang sama.

Indotelko.com / 18-05-2020

MAKI Desak Kejaksaan Agung Segera Tuntaskan Kasus Korupsi Jiwasraya

Koordintor Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman mengapresiasi Kejaksaan Agung yang telah menyelesaikan berkas lima tersangka dugaan kasus korupsi PT Jiwasraya (Persero). Boyamin juga menantikan jalannya proses okum di pengadilan, dengan harapan Jaksa dapat membuktikan dakwaan terhadap para terdakwa. Kemudian, terdakwa juga melalui penasihat hukumnya bisa membantah apa yang dituduhkan.

Jawapos.com / 18-05-2020

Gandeng Prudential, OVO siapkan asuransi jiwa kecelakaan dan Covid-19 bebas premi

OVO bekerja sama dengan Prudential Indonesia untuk menyediakan asuransi jiwa kecelakaan & Covid-19 bebas premi dalam platform. Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra optimistis kolaborasi Prudential Indonesia dan OVO dapat mempercepat penetrasi asuransi di Indonesia dan memungkinkan masyarakat luas menikmati akses keuangan yang sama. OVO melihat layanan asuransi merupakan hal yang penting, selain layanan pembayaran digital yang sudah dijalankan OVO sejak awal berdiri.

Kabarbisnis.com / 18-05-2020

Galang Double Donation Lawan Covid, Astra Life Gandeng Kitabisa.com

Bersama dengan kitabisa.comAstra Life mengajak masyarakat untuk membantu okum melawan COVID-19 dengan berdonasi melalui  laman Kitabisa.com/astralifelawancovid . Donasi yang diberikan melalui laman tersebut, akan digandakan dua kali lipat selama Hari Donasi Online (HARDOLNAS) yang berlangsung mulai 18-23 Mei 2020.

Kontan.co.id / 18-05-2020

Survei Prudential: Sebanyak 58% masyarakat tertarik memiliki asuransi Syariah

Survei yang dilakukan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mencatat pemahaman masyarakat terhadap asuransi okumi di tahun 2020 mengalami peningkatan. Government Relations and Community Investment Director Prudential Nini Sumohandoyo menjelaskan sebelumnya, pengetahuan masyarakat terhadap asuransi okumi hanya 31%, namun di tahun ini Prudential melihat pemahaman masyarakat terus meningkat. Menariknya, di tahun ini sebanyak 58% masyarakat tertarik untuk memiliki asuransi okumi.

Kontan.co.id / 18-05-2020

Tanggapan Manulife atas Surat Ibu Marfin Jona Lekatompessy

Sehubungan dengan keluhan yang dimuat pada Media Konsumen, tanggal 28 April 2020 yang berjudul “Asuransi Manulife Sampai Masa Akhir Pertanggungan, Dana Dikembalikan Tidak 100%,” dengan ini dapat disampaikan bahwa Manulife Indonesia telah menerima keluhan Ibu Marfin dan saat ini Manulife telah memproses transfer dana pembatalan polis. Dengan demikian permasalahan ini telah terselesaikan dengan baik.

Mediakonsumen.com / 18-05-2020

Astra Life Berikan Perlindungan Terhadap Dampak Virus Corona

Sejumlah perusahaan asuransi memberikan proteksi terhadap dampak Covid-19, salah satunya adalah Astra Life. Direktur Astra Life Sri Agung Handayani mengatakan, asuransinya memberikan perlindungan menyeluruh atas berbagai risiko, baik sakit maupun kematian. Berbagai jenis produk disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, termasuk di dalamnya proteksi atas risiko dari Covid-19, baik biaya perawatan kesehatan maupun uang pertanggungan ketika meninggal dunia.

Republika.co.id / 18-05-2020

OVO Tawarkan Asuransi Covid-19 Bebas Premi

OVO menggandeng Prudential Indonesia menyediakan perlindungan jiwa kecelakaan dan Covid-19 bebas premi. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi OVO yang diperuntukkan membantu masyarakat dan pemerintah dalam menanggulangi okumic Covid-19. Program ini sudah berjalan sejak pertengahan April 2020 dengan respon masyarakat yang begitu antusias. Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra berharap, program ini dapat mengurangi kekhawatiran para pengguna OVO dan merasa lebih tenang di masa sulit ini. 

Rmco.id / 18-05-2020

Berakhir 31 Mei 2020, OVO Sediakan Asuransi bagi Pasien COVID-19

OVO menjalin kolaborasi dengan Prudential Indonesia untuk menyediakan perlindungan jiwa kecelakaan & COVID-19 bebas premi. Melalui program ini, jika pihak yang ditanggung asuransi terdiagnosis positif COVID-19 selama periode inisiatif, yakni 28 Januari-31 Mei 2020, serta harus menjalani rawat inap, maka Prudential Indonesia akan memberikan santunan tunai tambahan sebesar Rp1 juta per hari, selama maksimal 30 hari sejak tanggal awal rawat inap.

Sindonews.com / 18-05-2020

Selesaikan Berkas 5 Tersangka Korupsi Jiwasraya, Kejagung Diapresiasi

Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman mengapresiasi Kejaksaan Agung (Kejagung) yang telah menyelesaikan berkas lima tersangka dugaan kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dia menantikan jalannya proses okum di pengadilan dengan harapan jaksa dapat membuktikan dakwaan terhadap para terdakwa. Terdakwa pun melalui penasihat hukumnya bisa membantah apa yang dituduhkan.

Sindonews.com / 18-05-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Premi dan Laba Turun itu Wajar, Tapi Asuransi Harus Jaga Kinerja

Industri asuransi dinilai mesti mengoptimalkan penjualan produk korporasi dan pemasaran secara digital untuk mempertahankan kinerja. Penurunan perolehan premi dan laba dinilai wajar saat ini, tetapi harus diminimalisir. Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Risiko dan Asuransi (STIMRA) Hotbonar Sinaga menjelaskan bahwa perusahaan-perusahaan asuransi memiliki fokus bisnis masing-masing, tetapi dalam kondisi pandemi virus corona ini, perusahaan dinilai harus mengoptimalkan penjualan produk korporasi.

Bisnis.com / 18-05-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.850

IHSG (per 18 Mei 2020)

 4.511,06

BI Rate

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Majalah Investor, Investor Daily, Kompas, Kontan, Beritasatu.com, Bisnis.com, Carvaganza.com, Dream.co.id, Indotelko.com, Jawapos.com, Kabarbisnis.com, Kontan.co.id, Mediakonsumen.com, Republika.co.id, Rmco.id, Sindonews.com.

DOWNLOAD PDF