AAJI Daily News - 24 Maret 2020


Tanggal terbit (24 / 03 / 2020)

Selasa, 24 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Kementerian BUMN Rombak Direksi Jiwasraya
  2. Rombak Direksi Jiwasraya
  3. MNC Life Luncurkan Produk dengan Perlindungan Rp 50 Juta atas Risiko Corona
  4. MNC Life Luncurkan Produk Asuransi Covid-19
  5. Setoran Premi Digelapkan Agen Allianz Syariah, Mohon Tanggung Jawabnya!
  6. Nasabah Positif Covid-19, Manulife Siapkan Rp10 miliar Untuk Seluruh Pertangungan
  7. Erick Thohir merombak direksi Jiwasraya, berikut daftarnya
  8. Waspadai Pandemi Covid-19, Tetapi Jangan Abaikan TBC
  9. Klaim AJB Bumiputera di Tengah Corona, Dirut: Masih Diproses Regulator
  10. Pembayaran Klaim Jiwasraya Tak Perlu Izin DPR
  11. MNC Life Racik Produk Terkait Risiko Virus Corona
  12. OJK dan Rejuvenasi Asuransi
  13. Imbas corona, AAUI prediksi seluruh lini asuransi akan mengalami keterlambatan

INDUSTRI & ASURANSI

Kementerian BUMN Rombak Direksi Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memiliki tiga direksi baru yang sudah disusun oleh Kementerian BUMN melalui rapat umum pemegang saham (RUPS). Perombakan direksi tersebut diharapkan dapat mempercepat proses restrukturasi Jiwasraya.

Investor Daily / 24-03-2020 Hal. 23

Rombak Direksi Jiwasraya

Kementerian BUMN merombak jajaran direksi Asuransi Jiwasyara. Ada tiga nama baru yang mengisi posisi strategis di Jiwasraya. Mereka adalah Angger P. Yuwono (Direktur Teknik Jiwasraya), R. Mahelan Proboantarikso (Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia Jiwasraya) dan Farid Azhar Nasution (Direktur Keuangan dan Investasi Jiwasraya).

Kontan / 24-03-2020 Hal. 20

MNC Life Luncurkan Produk dengan Perlindungan Rp 50 Juta atas Risiko Corona

MNC Life melalui produk digital Haryo Apps meluncurkan program perlindungan tambahan bagi nasabah yang terpapar risiko virus corona. Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin mengatakan, pihaknya memberikan santunan senilai Rp 50 juta kepada nasabah yang meninggal akibat terpapar virus corona. Ada dua produk Hario Siaga, yaitu Hario Diamond dan Hario Platinum.

Halloindo.com / 22-03-2020

MNC Life Luncurkan Produk Asuransi Covid-19

MNC Life melalui produk digital Haryo Apps meluncurkan program perlindungan tambahan bagi nasabah yang terpapar risiko virus korona (Covid-19).  Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin mengatakan, perseroan memberikan santunan senilai Rp 50 juta kepada nasabah yang meninggal akibat terpapar virus korona.

Investor.id / 22-03-2020

Setoran Premi Digelapkan Agen Allianz Syariah, Mohon Tanggung Jawabnya!

Pemilik polis asuransi Alianz Syariah denga nomor polis 000013292453/A659 dan 000009023740 sejak tahun 2009 dan 2011 dengan agen yang bernama Noer Amalia Rachman yang dikabarkan telah mengundurkan diri dan dialihkan ke agen lain tanpa pemberitahuan. Selama dituduh tidak aktif, Allianz Syariah tidak pernah mengkonfirmasi melalui edaran, apalagi menelepon untuk konfirmasi. Kejadian ini baru diketahuai setelah agen yang baru konfirmasi perihal status premi.

Detik.com / 23-03-2020

Nasabah Positif Covid-19, Manulife Siapkan Rp10 miliar Untuk Seluruh Pertangungan

Manulife Indonesia mengumumkan berkomitmen untuk memperluas manfaat perlindungan bagi nasabah, khususnya mereka yang terpapar Covid-19. Untuk itu, Manulife telah mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar untuk seluruh pertanggungan. Komitmen Manulife memprioritaskan nasabah terlihat dari biaya perawatan yang ditanggung sesuai syarat dan ketentuan polis asuransi kesehatan nasabah, serta tambahan perlindungan sementara seperti perlindungan kesehatan langsung sejak polis terbit ketika terdiagnosa Covid-19.

Industry.co.id / 23-03-2020

Erick Thohir merombak direksi Jiwasraya, berikut daftarnya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi Asuransi Jiwasraya. Sejumlah nama-nama baru mengisi posisi penting di Jiwasraya. Dari surat keputusan yang diterima Kontan.co.id menyebutkan, nama pejabat baru yang diangkat adalah Angger P. Yuwono (Direktur Teknik Jiwasraya), R. Mahelan Proboantarikso (Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia Jiwasraya) dan Farid Azhar Nasution (Direktur Keuangan dan Investasi Jiwasraya).

Kontan.co.id / 23-03-2020

Waspadai Pandemi Covid-19, Tetapi Jangan Abaikan TBC

Di tengah situasi pandemi COVID-19, Indonesia juga masih bergelut melawan penyakit Tuberculosis (TBC). Penyakit ini masih menjadi persoalan kesehatan karena tingginya jumlah pengidap TBC dan berpotensi menyebabkkan kematian. Bahayanya adalah penyakit ini bersifat menular karena seseorang yang terkena TBC, jarang menyadari bahwa tubuhnya telah terinfeksi dan kuman TBC telah berkembang biak.

Kontan.co.id / 23-03-2020

Klaim AJB Bumiputera di Tengah Corona, Dirut: Masih Diproses Regulator

Persoalan klaim Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera hingga saat ini masih terkesan jalan di tempat. Di tengah pandemi corona yang menguras perhatian pemerintah, nasabah AJB Bumiputera harus kembali pasrah menunggu kepastian dananya kembali. Hal ini pun tak ditampik  Direktur Utama AJB Bumiputera Dirman Pardosi. Dia menyampaikan bahwa hingga akhir Maret 2020, pihaknya belum bisa mencicil klaim nasabahnya.

Malangtimes.com / 23-03-2020

Pembayaran Klaim Jiwasraya Tak Perlu Izin DPR

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa membayarkan klaim asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tanpa harus rapat kerja bersama Komisi VI DPR. Kewenangan tersebut merupakan domain korporasi. Selain itu, Herman menyampaikan jika pemerintah memiliki beberapa opsi sumber dana pembayaran klaim asuransi Jiwasraya, yakni, bail in, bail out, dan likuidasi. Dewan turut mengkaji pilihan terbaik bagi negara, perusahaan, dan nasabah.

Medcom.id / 23-03-2020

MNC Life Racik Produk Terkait Risiko Virus Corona

Sebagai upaya perlindungan kepada masyarakat Indonesia, MNC Life melalui produk digital Haryo Apps meluncurkan program perlindungan tambahan bagi nasabah yang terpapar risiko virus corona. Direktur Utama MNC Life Lilis Samsudin mengatakan MNC Life memberikan santunan senilai Rp50 juta kepada nasabah yang meninggal akibat terpapar virus corona.

Wartaekonomi.co.id / 23-03-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

OJK dan Rejuvenasi Asuransi

Rantai kejadian menimbulkan tudingan lemahnya efektivitas peran OJK, bahkan menimbulkan pendapat agar OJK dibubarkan dan mengembalikan pengawasan jasa keuangan ke BI. Namun yang terbaik adalah mengkaji seberapa jauh OJK telah memenuhi fungsinya dan apa yang perlu dibenahi. Harapan lain agar OJK memiliki komisioner khusus untuk jasa asuransi, paling tidak terdapat deputi khusus untuk jasa asuransi, pengaturan yang terintegrasi, kebijakan yang mendorong pertumbuhan vis a vis.

Kompas / 24-03-2020 Hal. 6

Imbas corona, AAUI prediksi seluruh lini asuransi akan mengalami keterlambatan

AAUI memprediksi pada kuartal I-2020 seluruh lini asuransi akan mengalami keterlambatan, hal itu dikarenakan adanya wabah corona yang masih belum mereda. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe mengatakan, AAUI berencana untuk menurunkan pertumbuhan pendapatan asuransi premi umum. Namun, ia menegaskan AAUI masih belum membuat kajian teknis kuantitatif terkait revisi pertumbuhan di tahun 2020.

Kontan.co.id / 23-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

16.575

IHSG ( per 23 Maret 2020 )

   3.989,52

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Investor Daily, Kontan, Kompas, Detik.com, Halloindo.com, Investor.id, Industry.co.id, Kontan.co.id, Malangtimes.com, Medcom.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF