AAJI Daily News - 24 Agustus 2020


Tanggal terbit (24 / 08 / 2020)

Senin, 24 Agustus 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Titi Kamal dan Suami Ungkap Rahasia Jalani Kehidupan Dinamis
  2. AIA Fasilitasi Agen Asuransi Tanpa Tatap Muka
  3. Menko Polhukam: Berkas Perkara Djoko Tjandra dan Jiwasraya Aman
  4. Klarifikasi Pejabat Jiwasraya, Soal Dapat Jatah ke Hong Kong
  5. DPR: Muncul Titik Terang Kasus Gagal Bayar Jiwasraya
  6. AIA Financial Fasilitasi Agen Asuransi Tanpa Tatap Muka
  7. Sequis Life Luncurkan Asuransi Berpremi Murah
  8. Bikin Rugi Bandar! Ini Biang Kerok Asuransi Alami Gagal Bayar
  9. Gedung Kejagung Hangus, Nasib Berkas Djoko Tjandra Cs Gimana?
  10. Kasus-kasus Besar yang Sedang Ditangani Kejagung
  11. Gedung Kejaksaan Agung Terbakar, Bagaimana Dokumen Dugaan Kasus Korupsi Jiwasraya?
  12. Kejagung Terbakar, Said Didu: Semoga Berkas Jiwasraya dan Djoko Tjandra...
  13. Asuransi Saat Pandemi Covid 19

INDUSTRI & ASURANSI

Titi Kamal dan Suami Ungkap Rahasia Jalani Kehidupan Dinamis

Titi Kamal mengatakan, sebagai seorang pelaku di industri hiburan juga pengusaha, ditambah peran di rumah sebagai isteri juga orangtua, hal itu tentu membuat kehidupannya dan sang suami sangat dinamis. Untuk itu, ia mengatakan sangat memperhatikan pola hidup sehat serta perencanaan keuangan keluarga. Iya yakin hal itu perlu dilakukan juga oleh masyarakat agar dapat menjalani hidup dengan tenang.

Investor Daily / 24-08-2020 Hal. 5

AIA Fasilitasi Agen Asuransi Tanpa Tatap Muka

PT AIA Financial (AIA) berupaya membuka lapangan kerja sebagai Life Insurance Advisor atau agen asuransi di tengah kondisi ekonomi yang sangat menantang akibat pandemi Covid-19. Untuk mendukung kelancaran proses recruitment calon Life Insurance Advisor, AIA memperkenalkan aplikasi iRecruit yakni aplikasi digital yang berfungsi untuk menjalankan proses perekrutan tanpa perlu bertatap muka dan mengubah prosesnya menjadi paperless, sehingga lebih cepat dan efisien karena bisa diakses menggunakan mobile device.

HE Neraca / 24-08-2020 Hal. 13

Menko Polhukam: Berkas Perkara Djoko Tjandra dan Jiwasraya Aman

Dalam konferensi pers virtual, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan jika pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya bahwa berkas-berkas perkara yang sedang ditangani oleh Kejaksaan Agung di mana yang saat ini sangat menonjol ada dua perkara, yaitu kasus Djoko Tjandra yang melibatkan jaksa Pinanagki dan kasus Jiwasraya itu data-datanya, berkas-berkasnya 100% aman. Ia menyebut saat ini telah dilakukan penyelidikan atas kasus tersebut untuk mengetahui penyebab kebakaran. Penyidikan dilakukan Bersama Polri dan Kejagung.

Suara Pembaruan / 24-08-2020 Hal. 4

Klarifikasi Pejabat Jiwasraya, Soal Dapat Jatah ke Hong Kong

Tim Kuasa Hukum Direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) periode 2013-2018 menyampakan klaifikasi terkait kliennya yang disebutkan mendapat fasilitas berlibur ke Hong Kong dari salah satu manajer investasi (MI).  Dalam penjelasannya kepada CNBC Indonesia, berdasarkan fakta di persidangan Kamis, 23 Juli 2020, Komisaris Utama PT Pool Advista Asset Management, Ronald Sebayang menyatakan, fasilitas liburan ke Hong Kong itu tak diikuti oleh Syahmirwan, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 21-08-2020

DPR: Muncul Titik Terang Kasus Gagal Bayar Jiwasraya

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan dalam hal Jiwasraya, langkah-langkah yang dilakukan, sekarang sudah menimbulkan titik terang karena Menteri Negara BUMN sudah mengusulkan penyertaan modal negara 20 triliun untuk APBN 2021. Rapatnya akan dilakukan di Komisi XI awal September nanti. Terkait dengan kinerja OJK dalam menangani kasus-kasus gagal bayar tersebut, Hendrawan meminta masyarakat untuk bisa menilai secara proporsional.

Tagar.id / 21-08-2020

AIA Financial Fasilitasi Agen Asuransi Tanpa Tatap Muka

PT AIA Financial (AIA) berupaya membuka lapangan kerja sebagai Life Insurance Advisor atau agen asuransi di tengah kondisi ekonomi yang sangat menantang akibat pandemi Covid-19. Untuk mendukung kelancaran proses recruitment calon Life Insurance Advisor, AIA memperkenalkan aplikasi iRecruit yakni aplikasi digital yang berfungsi untuk menjalankan proses perekrutan tanpa perlu bertatap muka dan mengubah prosesnya menjadi paperless, sehingga lebih cepat dan efisien karena bisa diakses menggunakan mobile device.

Republika.co.id / 22-08-2020

Sequis Life Luncurkan Asuransi Berpremi Murah

PT Asuransi Jiwa Sequis Life meluncurkan produk asuransi berpremi murah, yaitu Asuransi Mikro Sequis Sejahtera, menyambut HUT ke-75 RI.  Produk ini bertujuan agar masyarakat Indonesia bebas memilih dan dapat memiliki asuransi jiwa untuk dirinya, keluarga, sahabat, dan orang-orang yang mereka kasihi dengan cara yang mudah dan harga terjangkau. Produk ini pun tersedia di JD.ID. Premi Asuransi Mikro Sequis Sejahtera dipasarkan dengan premi mulai dari Rp75 ribu per tahun.

Tagar.id / 22-08-2020

Bikin Rugi Bandar! Ini Biang Kerok Asuransi Alami Gagal Bayar

Pengamat asuransi, Irvan Rahardjo, menjelaskan bahwa banyaknya kasus gagal bayar di industri asuransi karena tidak jelasnya batas-batas antara industri perbankan dan asuransi alias melenceng dari bidang bisnisnya. Hal tersebut karena asuransi juga ditugaskan untuk mencari funding/dana dari grupnya. Contohnya, Kresna Life mereka mengumpulkan dana untuk grupnya. Kemudian, dalam kasus jiwasraya memang dia tidak ada grup, tetapi dia mencari dana untuk menambal solvabilitas dan likuiditas permintaan suntikan dana ke Kementerian Keuangan pada 2008 ditolak.

Wartaekonomi.co.id / 22-08-2020

Gedung Kejagung Hangus, Nasib Berkas Djoko Tjandra Cs Gimana?

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono menyampaikan, dengan terbakarnya gedung utama Kejagung itu tidak mempengaruhi terhadap penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) seperti yang saat ini sedang ditangani Kejagung, antara kasus buronan cessie Bank Bali, ‘Joker’ alias Djoko Tjandra dan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ia pun meminta agar publik tidak membuat spekulasi yang tak bertanggungjawab.

Cnbcindonesia.com / 23-08-2020

Kasus-kasus Besar yang Sedang Ditangani Kejagung

Kejagung saat ini tengah menangani banyak perkara berkaitan dengan pidana umum ataupun pidana khusus seperti kasus tindak pidana korupsi (Tipikor). Ada sekitar 4 kasus yang saat ini masih didalami Kejagung, diantaranya: Kasus Jiwasraya, Kasus Djoko Tjandra yang menyeret Jaksa Pinangki, Kasus TPPU Danareksa Sekuritas, dan Kasus Importasi Tekstil.

Detik.com / 23-08-2020

Gedung Kejaksaan Agung Terbakar, Bagaimana Dokumen Dugaan Kasus Korupsi Jiwasraya?

Di tengah kasus Jiwasraya yang belum tuntas, Gedung Kejagung ludes terbakar. Seperti diketahui bahwa di Kantor Kejagung menyimpan dokumen kasus yang sedang ditangani. Namun, terkait dengan dokumen dokumen kasus yang berada di gedung itu, Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono memastikan bahwa semuanya aman. Terkait kebakaran gedung yang menyimpan dokumen dokmen kasus, Mahfud MD selaku Menko Polhukam 2019-2024 dalam akun twitternya mengimbau bahwa masyarakat jangan mengembangkan spekulasi terlalu jauh.

Pikiran-rakyat.com / 23-08-2020

Kejagung Terbakar, Said Didu: Semoga Berkas Jiwasraya dan Djoko Tjandra...

Peristiwa terbakarnya Gedung Kejaksaan Agung menuai sorotan, salah satunya dari Mantan Sekretaris BUMN Muhammad Said Didu. Dia berharap agar barang bukti kasus-kasus besar aman. Melalui akun Twitter pribadinya pada Minggu (23/8), M. Said Didu mengutarakan harapannya tersebut. Sampai tulisan ini dibuat, unggahan Said Didu tersebut sudah di-retweets lebih dari 100 kali dan disukai oleh lebih dari 300 akun pengguna Twitter. Tidak hanya itu, unggahan Said Didu tersebut pun dibajiri sejumlah komentar.

Suara.com / 23-08-2020

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Asuransi Saat Pandemi Covid 19

Sebanyak 72% nasabah asuransi di Indonesia tercatat memiliki rencana membeli tambahan asuransi akibat adaya pandemi Covid-19. Hal itu terjadi bersamaan dengan rendahnya optimism masyarakat terhadap perkembangan psnyebaran virus corona.

Kontan / 24-08-2020 Hal. 10

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.773

IHSG (per 19 Agustus 2020)

   5.272,81

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: HE Neraca, Investor Daily, Kontan Suara Pembaruan, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Republiks.co.id, Suara.com, Tagar.id, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF