AAJI Daily News - 28 Februari 2020


Tanggal terbit (28 / 02 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Jumat, 28 Februari 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Pembatasan Bancassurance Ganggu Bisnis Asuransi
  2. OJK Siap Batasi Bancassurance, AAJI Tuntut Penjelasan
  3. 5 Berita Populer Finansial, Stimulus OJK Demi Tangkal Dampak Virus Corona dan Pesona Bank Permata di Tangan Bank Bangkok
  4. Benarkah Dampak Jiwasraya Cuma 'Butiran Debu' di Industri?
  5. Asuransi Mau OJK Batalkan Niat Batasi Produk yang Dijual Bank
  6. Cegah Kasus Jiwasraya Terulang, Asosiasi Harap Ada Komisioner Khusus Asuransi di OJK
  7. Dibantah, Rencana Pemerintah Suntik Rp15 Triliun Jiwasraya
  8. Pemerintah Bakal Berikan Suntikan Modal Ke Jiwasraya
  9. OJK Ingatkan Bumiputera tentang Transisi
  10. Program Love Life Hero Campaign
  11. Bayar Klaim Jiwasraya Jual Aset Rp2,7 T
  12. Wimboh Masih Tunggu Surat Resmi dari Erick Soal Holding Asuransi
  13. Ekonomi global melambat, OJK nilai stabilitas jasa keuangan terjaga
  14. Dewan Asuransi Indonesia: Banyak Perusahaan Alami Masalah Seperti Jiwasraya
  15. PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri Bantah Karyawannya Jadi Saksi Kasus Jiwasraya
  16. DAI Sebut Ada Perusahaan Asuransi Bermasalah Mirip Jiwasraya
  17. Sinergi BNI Life-BNI Berikan Perlindungan Asuransi Jiwa kepada 2.046 Debitur
  18. Berkaca dari Kasus Jiwasraya, OJK Perketat Penjualan Produk Bancassurance
  19. Industri Asuransi Kumpul Bahas Masa Depan Usai Kasus Jiwasraya Cs
  20. OJK Tunggu Surat Resmi Pemerintah soal Holding Jiwasraya
  21. Jiwasraya Bukan Satu-satunya Asuransi Bermasalah
  22. Cegah Kasus Jiwasraya, OJK Reformasi Aturan IKNB
  23. DAI: Banyak Industri Asuransi Bermasalah seperti Jiwasraya Tapi..
  24. Tata Kelola Jadi Kunci
  25. DPR Akan Fokus Selesaikan Kasus Jiwasraya

TENTANG AAJI

Pembatasan Bancassurance Ganggu Bisnis Asuransi

Rencana OJK memperketat produk asuransi oleh perbankan alias bancassurance membuat cemas para pemain. Pasalnya, ketentuan tersebut dikhawatirkan menghambat pertumbuhan bisnis asuransi jiwa. Ketua Umum Asosiasi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mempertanyakan rencana regulator meninjau ulang aturan terkait bancassurance.

Kontan / 28-02-2020 Hal. 20

OJK Siap Batasi Bancassurance, AAJI Tuntut Penjelasan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meminta Otoritas Jasa Keuangan menjelaskan rencana pembatasan produk asuransi melalui bancassurance. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menuturkan kanal penjualan melalui bank merupakan salah satu penyumbang premi terbesar bagi industri. Alih-alih membatasi penjualan, otoritas seharusnya memberikan stimulus tambahan agar industri asuransi terus membesar di Tanah air.

Bisnis.com / 27-02-2020

5 Berita Populer Finansial, Stimulus OJK Demi Tangkal Dampak Virus Corona dan Pesona Bank Permata di Tangan Bank Bangkok

Kelima berita tersebut beliputi: 1. Resmi, OJK Luncurkan Dua Stimulus Tangkal Dampak Virus Corona ke Perbankan. 2. Masih Mengilapkah Kinerja Bank Permata Usai Masuknya Bangkok Bank?. 3. OJK Siap Batasi Bancassurance, AAJI Tuntut Penjelasan. 4. BRI Sinergi dengan Pegadaian dan PNM, Erick Thohir Kasih Kode Keras, 'Beli Saham Bank BRI (BBRI)'. 5. Tabungan Monas Bank DKI Sabet Penghargaan

Bisnis.com / 27-02-2020

Benarkah Dampak Jiwasraya Cuma 'Butiran Debu' di Industri?

The Financial Services Authority (FSA) confirms the case of default on PT Asuransi Jiwasraya (Persero) is now a 'virus' for the national financial market ecosystem. However, OJK stressed that Jiwasraya's contribution was only 1% of investment assets in the financial sector.

Cnbcindonesia.com / 27-02-2020

Asuransi Mau OJK Batalkan Niat Batasi Produk yang Dijual Bank

Industri asuransi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengurungkan rencana untuk membatasi produk asuransi yang ditawarkan melalui perbankan (bancassurance). Sebab, hal itu akan mempengaruhi kinerja dari perusahaan asuransi ke depannya.

Cnnindonesia.com / 27-02-2020

Cegah Kasus Jiwasraya Terulang, Asosiasi Harap Ada Komisioner Khusus Asuransi di OJK

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Budi Tampubolon, mengusulkan pembentukan komisioner di tubuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menangani segala hal terkait industri asuransi. Hal tersebut dilakukan agar kasus gagal bayar beberapa perusahaan asuransi seperti Jiwasraya, Bumiputera hingga isu goyahnya Asabri tidak kembali terjadi.

Merdeka.com / 27-02-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Dibantah, Rencana Pemerintah Suntik Rp15 Triliun Jiwasraya

Kementerian BUMN menepis kabar bahwa penyelamatan Asuransi Jiwasraya akan menggunakan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN), bail out ataupun bail  in. Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinuligga mengatakan, bahwa PMN tidak menjadi prioritas penyelamatan Jiwasraya.

Harian Terbit / 26-02-2020 Hal. 10

Pemerintah Bakal Berikan Suntikan Modal Ke Jiwasraya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka opsi penyehatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) melalui suntikann dana anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) dengan skema penyertaan modal negara (PMN). Ia mengatakan, opsi tersebut tetap akan melihat dan menungggu keputusan final dari Kementerian BUMN serta DPR yang sedang membahas skema penyelesaian gagal bayar Jiwasraya.

Harian Terbit / 27-02-2020 Hal. 10

OJK Ingatkan Bumiputera tentang Transisi

OJK mengingatkan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 untuk segera menyiapkan mekanisme perubahan anggaran dasar dan pemilihan rapat umum anggota atau RUA guna memenuhi ketentuan asuransi mutual yang baru.

Bisnis Indonesia / 28-02-2020 Hal. 14

Program Love Life Hero Campaign

Chief Partnership Officer Astra Life Sri Agung Handayani dan Marketing Director PT Blue Bird, Tbk, Amelia Nasution, berbincang-bincang saat peluncuran program Love Life Hero Campaign.

Media Indonesia / 28-02-2020 Hal. 11

Bayar Klaim Jiwasraya Jual Aset Rp2,7 T

Jiwasraya akan menjual salah satu asetnya yakni Mal Cilandak Town Square. Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, aset Jiwasraya tersebut akan dibeli PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Nilai aset itu akan dihargai sekitar Rp 2,7 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membayar pemegang polis yang jatuh tempo.

Kontan / 28-02-2020 Hal. 20

Wimboh Masih Tunggu Surat Resmi dari Erick Soal Holding Asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunggu surat resmi Kementerian BUMN atau PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terkait opsi pembentukan perusahaan induk (holding) untuk menyehatkan BUMN asuransi itu. Sebelumnya, ada tiga opsi untuk penyehatan keuangan di Jiwasraya yakni skema "holding", anak perusahaan, dan penjualan aset. Terkait tiga opsi tersebut, Wimboh mengaku masih belum mengetahui skema penyehatan yang akan diambil oleh pemilik yakni Kementerian BUMN dan pengurus Jiwasraya.

Akurat.co / 27-02-2020

Ekonomi global melambat, OJK nilai stabilitas jasa keuangan terjaga

Rapat Dewan Komisioner (RDK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai berdasarkan data Januari 2020, stabilitas sektor jasa keuangan masih dalam kondisi terjaga dengan intermediasi sektor jasa keuangan membukukan kinerja positif dan profil risiko industri jasa keuangan tetap terkendali di tengah perlambatan ekonomi global. Selain itu, meskipun tingkat konsumsi masih tumbuh stabil, indikator-indikator sektor riil domestik masih menunjukkan tren yang relatif mixed, kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Antaranews.com / 27-02-2020

Dewan Asuransi Indonesia: Banyak Perusahaan Alami Masalah Seperti Jiwasraya

Dewan Asuransi Indonesia (DAI) menyebutkan banyak perusahaan asuransi di Tanah Air yang mengalami masalah seperti PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ketua DAI Dadang Sukresna menuturkan, berbeda dengan Jiwasraya yang berakhir gagal bayar, kondisi perusahaan asuransi lainnya relatif dapat diselesaikan.

Bisnis.com / 27-02-2020

PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri Bantah Karyawannya Jadi Saksi Kasus Jiwasraya

Melalui hak jawab yang disampaikan PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Kamis (27/2/2020), disebutkan bahwa tidak ada karyawan/karyawati, tenaga pemasar atau Sales Asuransi Jiwa dari PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri yang bernama Bambang Wicaksono dengan profesi sebagai Sales Asuransi Jiwa Tugu Mandiri.

Bisnis.com / 27-02-2020

DAI Sebut Ada Perusahaan Asuransi Bermasalah Mirip Jiwasraya

Dewan Asuransi Indonesia (DAI) mengungkapkan terdapat banyak perusahaan asuransi yang mengalami persoalan keuangan seperti PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Beberapa masalah dianggap sistemik, tetapi ada juga yang disebut non sistemik dengan skala dan dampak yang masih bisa dikendalikan jadi tidak menjadi kasus.

Cnnindonesia.com / 27-02-2020

Sinergi BNI Life-BNI Berikan Perlindungan Asuransi Jiwa kepada 2.046 Debitur

PT BNI Life Insurance dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk  telah melaksanakan Penandatanganan Kerjasama perihal Pemberian Perlindungan Asuransi Jiwa Proteksi  Kecelakaan Digi Micro Protection untuk 2.046 Debitur KPR Sejahtera BNI. Direktur Utama BNI Life Shadiq Akasya mengatakan Debitur yang akan menerima perlindungan tersebut sebagai bentuk edukasi dan literasi asuransi dan memperkenalkan produk digital BNI Life Digi Micro Protection.

Investor.id / 27-02-2020

Berkaca dari Kasus Jiwasraya, OJK Perketat Penjualan Produk Bancassurance

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menjelaskan, OJK bakal membatasi produk bancassurance yang masuk kategori investasi. Berkaca dari kasus Jiwasraya, Wimboh bilang ada celah yang bisa dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab untuk melakukan kecurangan. Alasannya industri keuangan non bank memang tak diatur seketat perbankan.

Kontan.co.id / 27-02-2020

Industri Asuransi Kumpul Bahas Masa Depan Usai Kasus Jiwasraya Cs

Dewan Asuransi Indonesia (DAI), Asosiasi-Asosiasi Perasuransian dengan Lembaga Pendidikan Asuransi Indonesia (LPAI) dan Sekolah Tinggi Manajemen Resiko dan Asuransi (STIMRA) menyelenggarakan Sarasehan Industri Asuransi di kawasan Setiabudi untuk membahas masa depan industri asuransi setelah merebaknya kasus-kasus di industri asuransi.

Liputan6.com / 27-02-2020

OJK Tunggu Surat Resmi Pemerintah soal Holding Jiwasraya

(OJK) menunggu surat resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terkait opsi pembentukan perusahaan induk (holding). Langkah tersebut untuk menyehatkan BUMN asuransi itu.

Medcom.id / 27-02-2020

Jiwasraya Bukan Satu-satunya Asuransi Bermasalah

Dewan Asuransi Indonesia (DAI) mengungkapkan terdapat banyak perusahaan asuransi yang mengalami persoalan keuangan seperti PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Beberapa masalah dianggap sistemik, tetapi ada juga yang disebut non sistemik dengan skala dan dampak yang masih bisa dikendalikan jadi tidak menjadi kasus.

Tagar.id / 27-02-2020

Cegah Kasus Jiwasraya, OJK Reformasi Aturan IKNB

(OJK) akan mereformasi pengaturan dan pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) melalui penyempurnaan peraturan yang sudah ada menyusul kasus gagal bayar klaim nasabah perusahaan asuransi, salah satunya PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Tagar.id / 27-02-2020

DAI: Banyak Industri Asuransi Bermasalah seperti Jiwasraya Tapi..

Dewan Asuransi Indonesia (DAI) menyebutkan bahwa banyak perusahaan asuransi yang memiliki masalah sama dengan Jiwasraya, Bumiputera, dan Bakri Life tapi dampaknya masih bisa dikendalikan. Namun, Dadang enggan menyebutkan jumlah perusahaan asuransi bermasalah selain tiga perusahaan asuransi yang disebut itu serta dampak yang sempat timbul tapi bisa dikendalikan.

Tempo.co / 27-02-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Tata Kelola Jadi Kunci

Ketua Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Dadang Sukresna menjelaskan bahwa akhir-akhir ini industri asuransi nasional mengalami guncangan yang cukup besar pasca terjadinya sejumlah kasus gagal bayar klaim. Menurut dia, otoritas dapat melibatkan pelaku industri untuk melakukan analisa berbagai masalah IKNB agar berbagai permasalahan dapat diselesaikan dan reformasi ke depan dapat berjalan optimal, sehingga mendorong pertumbuhan industri.

Bisnis Indonesia / 28-02-2020 Hal. 14

DPR Akan Fokus Selesaikan Kasus Jiwasraya

Ketua Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Dadang Sukresna menjelaskan bahwa akhir-akhir ini industri asuransi nasional mengalami guncangan yang cukup besar pasca terjadinya sejumlah kasus gagal bayar klaim. Menurut dia, otoritas dapat melibatkan pelaku industri untuk melakukan analisa berbagai masalah IKNB agar berbagai permasalahan dapat diselesaikan dan reformasi ke depan dapat berjalan optimal, sehingga mendorong pertumbuhan industri.

Koran Jakarta / 28-02-2020 Hal. 3

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.025

IHSG (per 27 Februari 2020)

   5.535,69

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Harian Terbit, Kontan, Koran Jakarta, Media Indonesia, Akurat.co, Antaranews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Merdeka.com, Investor.id, Kontan.co.id, Liputan6.com, Medcom.id, Tagar.id, Tempo.co.

DOWNLOAD PDF