AAJI Daily News - 8 Juli 2020


Tanggal terbit (08 / 07 / 2020)

Rabu, 8 Juli 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Unit Link Topang Bisnis Asuransi Jiwa
  2. Jiwasraya Akan Ditutup, Polis Dipindah ke Nusantara Life
  3. Sinarmas Asset Management Inisiatif Bantu Kurangi Kerugian Jiwasraya
  4. Jaga Kepercayaan Nasabah
  5. Nusantara Life Terbentuk, Jiwasraya Akan Ditutup
  6. Kejagung Jamin Dana Nasabah di MI Jiwasraya Aman
  7. Kewajiban Jiwasraya Kian Membengkak
  8. Sinarmas Mengembalikan Kerugian Negara
  9. Sinar Mas Kembalikan Dana Jiwasraya
  10. Pembeli Astra Life Mayoritas Milenial
  11. Asuransi Jiwasraya Pernah Punya Deposito dan Aset Rp 5 T
  12. Utang Klaim Jiwasraya Membengkak jadi Rp18 Triliun
  13. Masyarakat Khawatir Terpapar Covid-19, Sun Life Luncurkan Produk Proteksi Keluarga
  14. Sinarmas AM Kembalikan Dana Kelolaan Jiwasraya Rp77 Miliar, Ini Rinciannya!
  15. 'Ending' Jiwasraya: Asuransi Tertua Ini Bakal Disuntik Mati!
  16. Kurangi Tekor Jiwasraya, Sinarmas Kembalikan Rp74 M ke Negara
  17. Utang Klaim Jiwasraya Tembus Rp18 T
  18. Total Utang Klaim Asuransi Jiwasraya Membengkak Jadi Rp 18 T
  19. Taspen akan Sulap Jiwasraya Putra
  20. Erick Targetkan Bayar Klaim Polis Jiwasraya Rp 1 Triliun
  21. Sun Life Luncurkan Produk Satu Polis untuk Satu Keluarga
  22. Wamen BUMN: Utang Klaim Asuransi Jiwasraya Jadi Rp18 Triliun
  23. Sempat Tertunda karena Terdakwa Reaktif Covid-19, Sidang Korupsi Jiwasraya Kembali Digelar
  24. Milenial Dominasi Pembelian Asuransi Astra Life via ilovelife.co.id, Nasabah Luar Jakarta Meningkat
  25. Prudential Luncurkan Asuransi Kesehatan Murni PRUSolusi Sehat, Harga Terjangkau Manfaat Komplit
  26. Sun Life Luncurkan Produk Asuransi Syariah untuk Sekeluarga
  27. Bayar Rp77 Miliar, SAM Kembalikan Semua Dana Jiwasraya
  28. Alami Perlambatan Premi Akibat Pandemi, Taspen Life Genjot Penjualan Produk Ini

TENTANG AAJI

Unit Link Topang Bisnis Asuransi Jiwa

Data AAJI menyebutkan meski kinerja unit link tertekan, produk ini masih menjadi penopang kinerja asuransi jiwa dengan pendapatan premi dari produk unit link sebesar Rp27,18 triliun yang berkontribusi sebesar 61,6 persen terhadap total premi senilai Rp44,11 triliun sedangkan pendapatan premi dari produk tradisional sebesar Rp16,93 triliun yang berkontribusi sebesar 38,4 persen terhadap total premi.

Neraca.co.id / 07-07-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Jiwasraya Akan Ditutup, Polis Dipindah ke Nusantara Life

Restrukturisasi polis menjadi jangka Panjang dalam upaya pemerintah menyelamatkan dana para nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Scenario ini mulai ditawarkan kepada nasabah pada Agustus 2020. Polis akan dipindahkan ke perusahaan baru bernama Nusantara Life. Setelah semua polis berpindah, Jiwasraya nantinya ditutup.

Investor Daily / 08-07-2020 Hal. 1&12

Sinarmas Asset Management Inisiatif Bantu Kurangi Kerugian Jiwasraya

PT Sinarmas Asset Management (SAM) menyatakan, akan mengikuti proses hukum yang tengah dilakukan Kejagung maupun Lembaga atau instansi pemerintah lainnya. Kuasa Hukum SAM Hotman Paris Hutapea mengatakan, Perseroan secara sukarela mengembalikan dana management fee yang telah diterima oleh SAM selaku Manajer Investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sejumlah 3 miliar dan dengan dana korporasi mengembalikan dana kelolaan sebesar Rp74 miliar kepada negara.

Investor Daily / 08-07-2020 Hal. 16

Jaga Kepercayaan Nasabah

Tahun 2020 bakal tercatat sebagai tahun hitam bagi industri asuransi jiwa nasional. Pendapatan premi terkontraksi cukup dalam. Nilai investasi industri juga merosot tajam. Kondisi ini terjadi akibat rentetan persoalan industri asuransi jiwa dan yang paling berpengaruh adalah megaskandal PT Asuransi Jiwasraya. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Pemerintah dan OJK harus segera membangkitkan lagi kepercayaan masyarakat agar indusri asuransi jiwa tidak semakin terpuruk.

Kompas / 08-07-2020 Hal.9

Nusantara Life Terbentuk, Jiwasraya Akan Ditutup

Pemerintah sedang menyiapkan perusahaan baru menggantikan Jiwasraya yang bernama Nusantara Life. Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pembentukan Nusantara Life masih dibahas dengan DPR. Nusantara Life akan menjadi perusahaan yang membawa polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturasi. Para nasabah Jiwasraya, termasuk pemegang polis JS Saving Plan, akan ditawari ikut masuk dalam Nusantara Life.

Kontan / 08-07-2020 Hal. 1

Kejagung Jamin Dana Nasabah di MI Jiwasraya Aman

Kejagung Republik Indonesia memastikan investasi para investor yang ditempatkan di 13 manajer investasi tersangka kasus Jiwasraya tidak akan terdampak. Ini seiring rencana Kejagung melakukan penyitaan pada aset manajer investasi yang terlibat.

Kontan / 08-07-2020 Hal. 1

Kewajiban Jiwasraya Kian Membengkak

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut, nilai liabilitas Jiwasraya Rp52,9 triliun hingga 31 Mei 2020. Membengkaknya nilai kewajiban tersebut tidak sebanding dengan aset Jiwasraya yang hanya Rp17 triliun. Akibatnya, tingkat rasio kecukupan modal (RBC) minus 1.907% dan ekuitas juga ikut minus Rp35,9 triliun.

Kontan / 08-07-2020 Hal. 10

Sinarmas Mengembalikan Kerugian Negara

PT Sinarmas Asset Management menyerahkan uang sekitar Rp77 miliar terkait kasus Jiwasraya kepada Kejagung. Uang tersebut diserahkan oleh Dirut Utama Sinarmas Asset Management Alex Setyawan ke kejaksaan.

Kontan / 08-07-2020 Hal. 10

Sinar Mas Kembalikan Dana Jiwasraya

Manajemen PT Sinar Mas Asset Management (SAM) secara sukarela mengembalikan dana management fee yang telah diterima perseroan selaku Manajer Investasi (MI) PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sebesar Rp3 miliar menggunakan dana korporasi. Selain itu juga berkomitmen mengembalikan dana kelolaan sebesar Rp74 miliar kepada negara guna membantu mengurangi kerugian Jiwasraya.

Media Indonesia / 08-07-2020 Hal. 5

Pembeli Astra Life Mayoritas Milenial

Selama masa pandemi hingga masuk ke era normal baru, jumlah pembelian produk asuransi jiwa di laman ecommerce milik Astra Life, yaitu ilovelife.co.id didominasi pelanggan milenial yang mencapai 80 persen dari total nasabah. Hampir 90 persennya merupakan pengguna smartphone. Artinya, kaum milenial semakin sadar pentingnya kepemilikan asuransi jiwa dan kesehatan untuk memproteksi risiko hidup ke depannya.

Warta Kota / 08-07-2020 Hal. 5

Asuransi Jiwasraya Pernah Punya Deposito dan Aset Rp 5 T

Sidang perkara dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (6/7) mengungkap fakta baru. Kresna Hutauruk, tim kuasa hukum Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat membeberkan, pada 2018, PT Asuransi Jiwasraya Tbk sebenarnya memiliki deposito Rp725 miliar dan obligasi sebesar Rp4,5 triliun. Selain itu, ada suntikan dana nasabah lebih dari Rp5 triliun.

Beritasatu.com / 07-07-2020

Utang Klaim Jiwasraya Membengkak jadi Rp18 Triliun

Total utang klaim PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus mengalami peningkatan mencapai Rp18 triliun per 31 Mei 2020. Peningkatan terjadi karena terdapat janji klaim produk JS Saving Plan yang terus membengkak. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjabarkan bahwa utang klaim perseroan terus mencatatkan peningkatan. Perseroan mencatatkan utang klaim dari polis JS Saving Plan sebesar Rp16,5 triliun bagi 17.452 nasabah dan polis tradisional senilai Rp1,5 triliun bagi 35.145 nasabah.

Bisnis.com / 07-07-2020

Masyarakat Khawatir Terpapar Covid-19, Sun Life Luncurkan Produk Proteksi Keluarga

Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia Elin Waty menjelaskan bahwa kondisi pandemi ini memang mendorong peningkatan kesadaran masyarakat akan pengelolaan keuangan yang baik. Hal tersebut mendasari Sun Life untuk meluncurkan produk Asuransi Salam Anugerah Keluarga, yakni asuransi syariah yang memberikan proteksi bagi seluruh anggota keluarga. Satu polis berlaku bagi empat tertanggung atau satu keluarga.

Bisnis.com / 07-07-2020

Sinarmas AM Kembalikan Dana Kelolaan Jiwasraya Rp77 Miliar, Ini Rinciannya!

PT Sinarmas Asset Management secara sukarela mengembalikan management fee dan dana kelolaan PT Asuransi Jiwasraya (persero) dengan total nilai Rp77 miliar Kuasa Hukum Sinarmas AM Hotmas Paris Hutapea mengatakan bahwa selaku lembaga keuangan yang terdaftar pada, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sinarmas AM akan mengikuti seluruh proses hukum yang tengah dilakukan Kejaksaan Agung maupun lembaga atau instansi pemerintah lainnya.

Bisnis.com / 07-07-2020

'Ending' Jiwasraya: Asuransi Tertua Ini Bakal Disuntik Mati!

Kementerian BUMN menyebutkan setelah dilakukan restrukturisasi dan pengalihan polis milik nasabah PT Asuransi Jiwasraya ke perusahaan baru, nantinya Jiwasraya akan ditutup secara permanen. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjaatmadja mengatakan saat ini kementerian bersama dengan manajemen Jiwasraya tengah berupaya untuk membuat skema restrukturisasi polis. Proses restrukturisasi ini diharapkan akan dimulai bulan depan.

Cnbcindonesia.com / 07-07-2020

Kurangi Tekor Jiwasraya, Sinarmas Kembalikan Rp74 M ke Negara

Manajemen PT Sinarmas Asset Management (SAM) secara sukarela mengembalikan dana management fee yang telah diterima oleh perseroan selaku manajer investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sejumlah Rp 3 miliar dengan menggunakan dana korporasi sendiri. Selain itu, anak usaha Grup Sinarmas ini juga berkomitmen mengembalikan dana kelolaan sebesar Rp 74 miliar kepada negara guna membantu mengurangi kerugian Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com / 07-07-2020

Utang Klaim Jiwasraya Tembus Rp18 T

Utang pembayaran klaim polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tembus mencapai Rp18 triliun per 31 Mei 2020. Mayoritas tunggakan klaim dari produk saving plan senilai Rp16,5 triliun kepada 17.452 nasabah, atau setara 91,66 persen dari total tunggakan klaim. Lebih lanjut, utang klaim polis tradisional sebesar Rp1,5 triliun. Terdiri dari, polis tradisional korporasi sebesar Rp600 miliar kepada 22.735 nasabah, klaim ekspirasi atau meninggal senilai Rp200 miliar dan klaim tebus senilai Rp700 miliar kepada 12.410 nasabah.

Cnnindonesia.com / 07-07-2020

Total Utang Klaim Asuransi Jiwasraya Membengkak Jadi Rp 18 T

Tunggakan klaim yang ditanggung PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bertambah mencapai belasan triliun rupiah. Per 31 Mei angkanya mencapai Rp 18 triliun. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat panitia kerja (Panja) Komisi VI DPR. Lalu nilai tersebut ditambah dengan akumulasi yang belum terbayar untuk klaim tradisional korporasi Rp 0,6 triliun. Kemudian untuk korporasi ritel Rp 0,2 triliun, ditambah Rp 0,7 triliun.

Detik.com / 07-07-2020

Taspen akan Sulap Jiwasraya Putra

PT Jiwasraya Putra yang baru saja diakuisisi PT Taspen (Persero) rencananya akan disulap menjadi perusahaan asuransi jiwa khusus untuk nasabah kredit pemilikan rumah (KPR). Transaksi pengalihan saham ini ditargetkan dapat rampung di akhir September mendatang. Direktur Utama Taspen, Steve Kosasih, mengatakan, rencananya bisnis baru ini akan dimulai pada awal tahun depan.

Fajar.co.id / 07-07-2020

Erick Targetkan Bayar Klaim Polis Jiwasraya Rp 1 Triliun

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan pembayaran klaim polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tahun ini sebesar Rp 1 triliun. Maret lalu, Jiwasraya telah membayar tunggakan klaim pemegang polis tahap pertama Rp 470 miliar, kepada 1.500 pemegang polis. Oleh karena itu, dalam penanganannya membutuhkan kerja sama lintas kementerian dan lembaga, antara lain dengan Kementerian Keuangan dan Kejaksaan.

Investor.id / 07-07-2020

Sun Life Luncurkan Produk Satu Polis untuk Satu Keluarga

PT Sun Life Financial Indonesia meluncurkan produk syariah yakni Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Produk tersebut memberikan perlindungan menyeluruh bagi empat orang anggota keluarga sekaligus, dalam satu polis. Chief Sharia Business Sun Life Indonesia Norman Nugraha menyampaikan, produk terbaru dari perseroan itu memiliki sejumlah keunggulan; satu polis untuk satu keluarga. Kemudian, total santunan asuransi bagi suami Istri sebesar 200% dan perlindungan asuransi untuk dua anak.

Investor.id / 07-07-2020

Wamen BUMN: Utang Klaim Asuransi Jiwasraya Jadi Rp18 Triliun

Kementerian BUMN membeberkan kondisi terkini dari utang PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Per 31 Mei 2020, utang Jiwasraya kepada para nasabahnya mencapai Rp18 triliun atau naik dari utang sebelumnya yang hanya Rp16 triliun. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, dari jumlah tersebut, Rp16,5 triliun di antaranya adalah klaim yang belum terbayar dari saving plan. Meskipun pada akhir Maret lalu sudah dibayarkan sekitar Rp470 miliar.

Okezone.com / 07-07-2020

Sempat Tertunda karena Terdakwa Reaktif Covid-19, Sidang Korupsi Jiwasraya Kembali Digelar

Sidang perkara dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya kembali bergulir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pada Senin (6/7) sidang beragenda pemeriksaan saksi. Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko, memberikan keterangan sebagai saksi di persidangan.

Tribunnews.com / 07-07-2020

Milenial Dominasi Pembelian Asuransi Astra Life via ilovelife.co.id, Nasabah Luar Jakarta Meningkat

Direktur Astra Life Sri Agung Handayani mengatakan bahwa transaksi di ilovelife.co.id selama ini hampir separuhnya didominasi oleh nasabah yang berdomisili di daerah Jakarta. Namun karena keterbatasan yang terjadi akibat pandemi ini telah turut serta mendorong pelanggan yang berada di luar Jakarta untuk memanfaatkan platform e-commerce untuk memilih asuransi secara online.

Tribunnews.com / 07-07-2020

Prudential Luncurkan Asuransi Kesehatan Murni PRUSolusi Sehat, Harga Terjangkau Manfaat Komplit

Prudential Indonesia meluncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, yakni asuransi kesehatan murni tanpa komponen investasi yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas dalam menghadapi tantangan kesehatan serta dampak finansial yang mungkin ditimbulkan. President Director Prudential Indonesia Jens Reisch menjelaskan hadirnya PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah sebagai solusi asuransi kesehatan murni yang terjangkau dan terfokus pada perlindungan kesehatan.

Tribunnews.com / 07-07-2020

Sun Life Luncurkan Produk Asuransi Syariah untuk Sekeluarga

PT Sun Life Financial Indonesia meluncurkan produk syariah yakni Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Produk tersebut memberikan perlindungan menyeluruh bagi empat orang anggota keluarga sekaligus dalam satu polis. Asuransi Salam Anugerah Keluarga mengukuhkan misi perusahaan untuk terus membantu keluarga Indonesia mencapai kenyamanan finansial. Sekaligus membawa semangat kebermanfaatan bagi sesama, khususnya di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian seperti saat ini.

Republika.co.id / 07-07-2020

Bayar Rp77 Miliar, SAM Kembalikan Semua Dana Jiwasraya

Kuasa hukum PT Sinar Mas Asset Management (PT SAM), Hotman Paris Hutapea, mengatakan, kliennya mengembalikan uang sejumlah Rp77 miliar kepada penyidik Kejagung karena dana kelolaan yang diterima kliennya sejumlah tersebut. Pengembalian uang sejumlah ini, merupakan komitmen PT SAM seperti yang disampaikan pihak Kejagung bahwa manajemen PT SAM akan mengikuti seluruh proses hukum yang tengah dilakukan Kejagung maupun lembaga atau instansi pemerintah lainnya.

Gatra.com / 07-07-2020

Alami Perlambatan Premi Akibat Pandemi, Taspen Life Genjot Penjualan Produk Ini

Pada periode ini, Head of Corporate Secretary Taspen Life Melly Eka Chandra mengungkap bahwa Taspen Life mengalami pertumbuhan yang cukup baik dari capaian 31 Desember 2019. Total Aset Investasi tumbuh 3,11 persen (ytd), Total Aset juga tumbuh sebesar 2,23 persen (ytd), Hasil Investasi pun tumbuh sebesar 22.62 persen (yoy) dibandingkan dengan capaian Mei 2019. Oleh sebab itu, target bisnis Taspen Life saat ini fokus memperluas pangsa pasar dengan meningkatkan penjualan produk individu.

Bisnis.com / 08-07-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.440

IHSG (per 7 Juli  2020)

   4.987,08

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Jawa Pos, Kompas, Kontan, Investor Daily, Media Indonesia, Warta Kota, Beritastu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Fajar.co.id, Gatra.com, Investor.id, Neraca.co.id, Okezone.com, Tribunnews.com, Republika.co.id.

DOWNLOAD PDF